5 Klub Eropa yang Juara Liga Domestik Beruntun Terbanyak, Impresif

Klub-klub hebat di lima liga top Eropa

Eropa merupakan kiblatnya dunia sepak bola dengan segala kemajuannya. Uang yang melimpah dan bertaburnya pemain yang berkualitas menjadikan kompetisi di Eropa sangat menarik dan seru.

Namun, pada masanya selalu ada saja satu klub yang tampil luar biasa dan mendominasi dengan menjadi juara secara beruntun dalam waktu yang cukup panjang.

Beberapa klub bahkan mencetak sejarah yang tak pernah diraih klub lainnya. Nah, berikut ini adalah 5 klub yang mampu menjuarai liga secara beruntun di 5 liga top Eropa.

1. Premier League - Manchester United (2006 hingga 2009)

5 Klub Eropa yang Juara Liga Domestik Beruntun Terbanyak, ImpresifManchester United (fifa.com)

Manchester United di era Sir Alex Ferguson mencapai kejayaannya di Premier League pada era 2006 hingga 2009. Dalam periode tersebut, Setan Merah menjuarai Premier League selama tiga musim beruntun.

Skuad yang dimiliki saat itu juga sangat mumpuni seperti Wayne Rooney, Carlos Tevez, dan Cristiano Ronaldo hingga duet Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand di lini belakang, serta kiper Edwin van Der Sar. Di masa itu juga, Setan Merah berhasil menjuarai Liga Champions musim 2007/2008 usai kalahkan Chelsea di final.

2. LaLiga - Real Madrid (1985 hingga 1990)

5 Klub Eropa yang Juara Liga Domestik Beruntun Terbanyak, ImpresifReal Madrid di tahun 1985 (realmadrid.com)

Real Madrid merupakan klub paling sukses di sepanjang sejarah Liga Champions dan LaLiga. Era 1985 hingga 1990 menjadi yang terbaik ketika mereka menjuarai LaLiga lima musim secara beruntun.

Skuad El Real kala itu diisi nama-nama legendaris seperti Bernd Schuster, Julen Lopetegui, Hugo Sanchez, dan Emilio Butragueno. Sejak itu, Real Madrid tak mampu lagi mengulangi prestasi tersebut.

Baca Juga: 8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Champions

3. Ligue 1 - Olympique Lyon (2001 hingga 2008)

5 Klub Eropa yang Juara Liga Domestik Beruntun Terbanyak, ImpresifLyon (eurosport.com)

Dalam satu dekade terakhir, PSG memang mendominasi Ligue 1 dengan meraih 7 trofi di antaranya. Namun itu tak mereka dapatkan secara beruntun.

Rekor juara terpanjang masih dipegang oleh Lyon, yaitu sepanjang 2001 hingga 2008 ketika menjadi juara tujuh musim beruntun. Masa tersebut Lyon diisi oleh deretan pemain bintang seperti Florent Malouda, Mahamadou Diarra, Michael Essien, pemain legendaris Juninho Pernambucano.

4. Serie A - Juventus (2011 hingga 2019)

5 Klub Eropa yang Juara Liga Domestik Beruntun Terbanyak, ImpresifJuventus (goal.com)

Juventus merupakan klub paling sukses di Serie A dan tak diragukan lagi dominasinya. Meski sempat terpuruk karena skandal Calciopoli, mereka langsung bangkit dan kembali mendominasi pada era 2011 hingga 2019 dengan menjadi juara sembbilan musim beruntun. 

Dominasi tersebut berakhir di musim ini, dipatahkan oleh Inter Milan. Salah satu faktor yang membuat Juventus tampil impresif karena Si Nyonya Tua merupakan klub yang ekonominya paling stabil ketika klub besar lainnya goyah karena permasalahan finansial.

5. Bundesliga - Bayern Munchen (2012 hingga 2020)

5 Klub Eropa yang Juara Liga Domestik Beruntun Terbanyak, ImpresifBayern Munchen (fcbayern.com)

Bayern Munchen merupakan klub tersukses di Bundesliga dengan total 31 trofi. Luar biasanya, mereka mendominasi dengan meraih sembilan trofi beruntun sejak 2012 hingga 2021.

Tak ada klub yang mampu mematahkan Die Bavarian selama waktu tersebut. Bayern Munchen bahkan dianggap berbeda level dengan klub Bundesliga lainnya. Selama waktu tersebut juga, mereka berhasil meraih dua kali treble winners di bawah asuhan Jupp Heynckes dan Hansi Flick.

 

Itulah 5 klub di 5 liga top Eropa dengan rekor juara liga beruntun terbanyak. Skuad yang luar biasa dan konsistensi menjadi kunci keberhasilan mereka. Beberapa klub masih mendominasi, sedangkan klub lainnya sudah terpatahkan. Meski demikian, rekor tersebut belum berhasil dipecahkan klub lain.

Baca Juga: 7 Kota di Eropa yang Punya Klub Sepak Bola Paling Banyak, Mana Saja?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya