Comscore Tracker

5 Klub Eropa yang Paling Banyak Melepas Pemainnya sejak 2020/2021

Manchester City sudah melepas 41 pemain

Meski dunia sedang dilanda pandemik COVID-19, klub-klub Eropa tetap aktif pada bursa transfer dengan berbagai strategi. Beberapa transfer besar bahkan terjadi sejak 2020/2021. Salah satu yang paling mengejutkan tentunya kepergian Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Bursa transfer sendiri menjadi waktu yang paling sibuk bagi klub-klub Eropa. Mereka tidak hanya berburu pemain, tetapi juga melepas para pemainnya.

1. Manchester City (41)  

5 Klub Eropa yang Paling Banyak Melepas Pemainnya sejak 2020/2021Manchester City (twitter.com/ManCity)

Dalam satu dekade terakhir, Manchester City berhasil mendominasi Premier League dengan menjadi juara sebanyak lima kali. Hadirnya deretan pemain bintang menjadi kunci keberhasilan anak asuh Pep Guardiola. Meski dikenal hambur dalam mendatangkan pemain, mereka juga justru menjadi tim paling banyak melepas pemainnya.

Sejak 2021, Manchester City telah melepas 41 pemainnya. Tiga di antaranya pergi ke Barcelona. Mereka adalah Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Ferran Torres. Leroy Sane menjadi penjualan tertinggi klub ketika dilepas ke Bayern Munchen seharga 60 juta euro atau sekitar Rp980 miliar.

2. Portimonense SC (34)

5 Klub Eropa yang Paling Banyak Melepas Pemainnya sejak 2020/2021Portimonense (twitter.com/PortimonenseSAD)

Portimonense SC boleh kalah populer dari klub Portugal lainnya, seperti Benfica, Sporting Lisobon, dan Porto. Namun, mereka menarik perhatian sebagai klub kedua Eropa yang paling banyak melepas pemainnya sejak 2021, termasuk bintang mereka, Bruno Costa, yang bergabung dengan Porto pada musim panas 2021.

Kebanyak pemain Portimonense pergi dengan status gratis dan pinjaman. Portimonense sendiri bukanlah klub besar di Portugal. Mereka lebih sering berjuang di papan tengah dan belum sekalipun meraih gelar juara dalam sejarah klub.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Membela Manchester City dan Leicester City

3. Celtic FC (32)

5 Klub Eropa yang Paling Banyak Melepas Pemainnya sejak 2020/2021Celtic (twitter.com/CelticFC)

Celtic adalah rajanya Liga Premier Skotlandia dengan koleksi 51 gelar. Pada 2020/2021 lalu, dominasi mereka dipatahkan Rangers usai menjjadi juara 9 musim beruntun. Untuk mengembalikan kejayaan klub, mereka melakukan perubahan besar-besaran dengan melepas 32 pemainnya sejak 2021.

Salah satu di antaranya adalah bek muda Denmark, Kristoffer Ajer, yang hengkang ke Brentford. Sedangkan, penjualan tertinggi dipegang oleh Odsonne Edouard yang diboyong Crystal Palace seharga Rp266 miliar.

4. RSC Anderlecht (32)  

5 Klub Eropa yang Paling Banyak Melepas Pemainnya sejak 2020/2021Anderlecht (twitter.com/rscanderlecht)

Anderlecht telah melahirkan banyak pemain bintang Eropa seperti Romelu Lukaku dan Vincent Kompany. Sejak 2021, mereka menjadi gudang belanja klub Eropa lainnya dengan melepas 32 pemain. Tiga di antaranya berhasil berkembang bersama klub barunya, seperti Jeremy Doku (Rennes), Alexis Saelemaekers (AC Milan), dan Albert Lokonga (Arsenal).

Jeremy  Doku menjadi penjualan termahal usai dilepas dengan harga 26 juta euro atau sekitar Rp424 miliar. Anderlecht memang dikenal memiliki salah satu akademi terbaik di Eropa. Mereka juga merupakan klub tersukses di Liga Belgia dengan raihan 32 gelar.

5. SL Benfica (32)

5 Klub Eropa yang Paling Banyak Melepas Pemainnya sejak 2020/2021Benfica (twitter.com/SLBenfica)

Benfica menjadi klub Portugal dalam daftar ini yang melepas banyak pemainnya sejak 2021, yaitu 32 pemain. Hal ini tidak mengherankan karena mereka dikenal sebagai klub yang selalu melahirkan talenta muda potensial.

Banyak bintang mereka pindah ke klub besar Eropa untuk membangun karier lebih cemerlang. Dua nama top adalah Nuno Tavares dan Pedrinho, yang masing-masing bergabung dengan Arsenal dan Shakhtar Donetsk. Pedrinho menjadi penjualan termahal dengan 18 juta euro atau sekitar Rp294 miliar.

Melepas pemain pada bursa transfer menjadi cara tersendiri bagi sebuah klub untuk menyeimbangkan skuad dan neraca keuangan. Dana penjualan yang mereka dapat bisa digunakan untuk membangun kembali skuad lewat deretan pemain potensial dengan harga yang lebih ekonomis.

Baca Juga: Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Benfica dengan Harga Mahal

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya