Comscore Tracker

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Chelsea di Liga Champions

Barcelona jadi musuh bebuyutan, nih!

Sempat terseok-seok di awal musim, Chelsea bangkit di paruh kedua usai ditangani pelatih anyar pengganti Frank Lampard, Thomas Tuchel. Di bawah asuhan eks pelatih PSG tersebut, Chelsea bahkan berhasil lolos ke babak semifinal Liga Champions musim ini. Mereka akan dihadapkan dengan lawan tangguh, Real Madrid.

Terakhir kali The Blues merasakan semifinal Liga Champions adalah tujuh tahun lalu. Ajang ini pun sudah tidak asing lagi bagi mereka dengan torehan satu trofi. Dari sekian banyak lawan yang sudah dihadapi, berikut ini 5 klub yang paling sering mereka hadapi.

1. Barcelona - 14 kali

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Chelsea di Liga Championsuefa.com

Barcelona merupakan musuh bebuyutan Chelsea di ajang paling bergengsi ini. Keduanya sudah saling berhadapan sebanyak 14 kali dengan hasil sama kuat. Keduanya sama-sama mengoleksi 4 kemenangan dan 6 hasil imbang. Chelsea berhasil mengoleksi 19 gol, namun kebobolan 22 gol.

Kedua tim sempat dua kali bertemu di babak semifinal, yakni pada musim 2008/2009 dan 2011/2012. Kedua tim saat itu saling mengalahkan dan pada akhirnya menjadi juara. Pada musim 2008/2009 Barcelona menjadi juara usai mengalahkan MU, sedangkan Chelsea jadi juara 2011/2012 usai mengalahkan Bayern Munchen di final.

2. FC Porto - 10 kali

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Chelsea di Liga Championssi.com

Musim ini Chelsea berhasil lolos ke semifinal usai mengalahkan FC Porto dengan skor aggregate 2-1. Pada leg pertama di kandang Porto, The Blues menang dengan skor 0-2, sedangkan di leg kedua Chelsea kalah dengan skor 0-1.

Kedua tim total sudah berhadapan sebanyak 10 kali. Chelsea unggul dengan 6 kemenangan, 3 kalah, dan sekali imbang. Chelsea pun tampil lebih produktif dengan mencetak 14 gol dan kebobolan 8 gol.

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Sejarah FC Porto, Deretan Penyerang Jempolan! 

3. Liverpool - 10 kali

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Chelsea di Liga Championsgoal.com/Getty Images

Meski berasal dari satu negara yang sama, Liverpool juga menjadi musuh bebuyutan Chelsea di Liga Champions. Kedua tim saling berhadapan sebanyak 10 kali dengan torehan 3 kemenangan untuk Chelsea, 2 kekalahan, dan 5 kali imbang. Laga kedua tim ini selalu berjalan seru dan ketat.

Keduanya saling berhadapan di semifinal sebanyak tiga kali. Terakhir kali kedua tim berhadapan adalah di babak perempat final musim 2008/2009. Saat itu Chelsea menang dengan aggregate 7-5.

4. Atletico Madrid - 8 kali

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Chelsea di Liga Championsbeinsports.com

Musim ini Atletico Madrid menjadi lawan Chelsea di babak 16 besar Liga Champions. Chelsea tampil luar biasa dengan memenangkan dua laga dengan skor aggregate 3-0.

Total kedua tim sudah berhadapan sebanyak 8 kali dengan 4 kemenangan untuk The Blues, sedangkan Atletico hanya menang sekali dan 3 kali imbang. Chelsea pun unggul jauh dalam urusan mencetak gol, yaitu 13 gol dan hanya kebobolan 7 gol.

5. Paris Saint-Germain - 8 kali

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Chelsea di Liga Championsbleacherreport/Getty Images

PSG menjadi klub kelima yang paling sering dihadapi Chelsea di Liga Champions. Kedua tim ini pun memiliki kemungkinan saling berhadapan di babak final musim ini jika bisa mengalahkan lawan-lawannya di semifinal, PSG akan menghadapi Manchester City, sedangkan Chelsea menghadapi Real Madrid.

Kedua tim sudah 8 kali saling berhadapan dengan Chelsea menang 2 kali, kalah 3 kali, dan 3 kali imbang. Terakhir kali kedua tim saling berhadapan terjadi pada musim 2015/2016 di babak 16 besar. Kala itu PSG unggul dengan skor aggregate 4-2.

 

Liga Champions menjadi satu-satunya kesempatan Chelsea untuk meraih gelar musim ini. Hal ini pun bukan hal yang mustahil jika melihat performa mereka di bawah asuhan Thomas Tuchel. Apalagi, The Blues pun memiliki sejarah yang unik, yaitu menjadi juara UCL di bawah asuhan pelatih pengganti.

Baca Juga: Polemik European Super League, PSG Bisa Auto Juara Liga Champions

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya