Comscore Tracker

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Real Madrid di Liga Champions

Mereka selalu jadi lumbung gol Cristiano Ronaldo

Real Madrid merupakan raja Eropa dengan raihan 13 trofi Liga Champions. Luar biasanya, empat trofi berhasil mereka raih dalam enam musim terakhir. Liga Champions adalah habitat asli mereka sepanjang sejarah. Deretan pemain bintang dan pengalaman panjang menjadi nilai plus Real Madrid di kompetisi paling prestisius tersebut.

Telah banyak korban yang berhasil Real Madrid tundukkan di ajang ini. Berikut ini adalah klub yang paling sering berhadapan dengan Real Madrid di Liga Champions.

1. Bayern Munchen (20 kali)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Real Madrid di Liga Championstelegraph.co.uk/Getty Images

Bayern Munchen dan Real Madrid merupakan dua klub terbaik dalam sejarah Liga Champions. Keduanya pun merupakan musuh bebuyutan yang paling sering berhadapan di Liga Champions. Keduanya telah bertemu sebanyak 20 kali dan masing-masing meraih 9 kemenangan dan 2 kali imbang.

Namun, Real Madrid lebih unggul soal produktivitas gol dengan 35 gol berbanding 32 gol milik Bayern Munchen. Cristiano Ronaldo menjadi top skor dengan koleksi 9 gol ke gawang Bayern Munchen. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada musim 2017/2018 ketika El Real unggul aggregate 4-3 di babak semifinal.

2. Juventus (16 kali)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Real Madrid di Liga Championssbnation via Getty Images

Juventus menjadi klub kedua yang paling sering dihadapi Real Madrid di Liga Champions, yakni sebanyak 16 kali. Kedua tim pun saling mengalahkan sebanyak masing-masing 7 kali dan 2 kali berakhir imbang. Laga yang paling diingat tentunya adalah babak final musim 2016/2017 ketika Real Madrid menang dengan skor 4-1.

Cristiano Ronaldo lagi-lagi menjadi pemain yang paling sering membobol gawang lawan dengan total 10 gol. Uniknya, kini sang pemain membela Juventus sejak 2018 dengan banderol 117 juta euro.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Setia Bersama Juventus Saat Kasus Calciopoli!

3. Borussia Dortmund (14 kali)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Real Madrid di Liga Championsmanagingmadrid.com

Dortmund menjadi klub Jerman kedua paling sering dihadapi Real Madrid, sekaligus yang paling sering dikalahkan. Keduanya sudah bersua sebanyak 14 kali dengan 6 kemenangan untuk El Real, sementara Dortmund unggul 3 kali dan sisanya berakhir imbang. Real Madrid mampu mencetak 24 gol sepanjang pertemuan tersebut dengan 7 gol di antaranya dicetak oleh Cristiano Ronaldo.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada musim 2017/2018 di fase grup. Saat itu El Real memenangkan kedua laga dengan skor 3-2 dan 1-3.

4. AS Roma (12 kali)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Real Madrid di Liga Championsthestatesman.com

Real Madrid tampaknya tak pernah kesulitan ketika bertemua dengan AS Roma di Liga Champions. Dari 12 pertemuan, Real Madrid mampu memenangkan 8 laga, sedangkan AS Roma hanya menang 3 kali dan sekali imbang. Real Madrid pun unggul jauh dalam produktivitas gol dengan 24 gol berbanding 9 gol milik AS Roma.

Luis Figo dan Raul menjadi pemain yang paling banyak membobol gawang AS Roma dengan masing-masing 5 gol. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada musim 2018/2019 di fase grup saat AS Roma tak berkutik dan kalah dengan skor 0-2 dan 3-0.

5. Ajax Amsterdam (10 kali)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Real Madrid di Liga Championsmanagingmadrid.com

Kedua tim terlah berjumpa sebanyak 10 kali di ajang Liga Champions dengan 7 kemenangan berakhir untuk Real Madrid, sedangkan Ajax menang 3 kali. Pada musim 2018/2019, Ajax sempat mengejutkan dengan menyingkirkan Real Madrid di babak 16 besar di Santiago Bernabeu dengan skor 1-4.

Meski demikian, Real Madrid unggul secara keseluruhan, salah satunya prduktivitas gol, yakni 23 gol berbanding 10 gol. Cristiano Ronaldo menjadi top skor dengan mencetak 7 gol ke gawang Ajax.

 

Tiga musim terakhir Real Madrid mulai mengalami kemerosotan prestasi di Liga Champions usai meraih tiga trofi secara beruntun. Kepergian Cristiano Ronaldo dan permasalahan internal menjadi salah satu sebabnya. Bisakah mereka bangkit di musim ini? Kita lihat saja hingga akhir musim.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Alumni Ajax di Semifinal Liga Champions 2018/2019

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya