5 Klub Promosi Terbaik di Premier League Dua Dekade Terakhir

Mereka sempat kejutkan publik Inggris!

Dianggap sebagai liga paling kompetitif, bertarung di Premier League bukanlah tugas yang mudah. Apalagi bagi tim promosi yang baru naik kasta dari divisi Championship.

Banyak dari mereka bahkan hanya numpang lewat dan terdegradasi di musim selanjutnya. Namun, tim-tim berikut ini tampil mengejutkan dengan raihan luar biasa. Nah, berikut ini adalah 5 klub promosi terbaik di Premier League dalam dua dekade terakhir.

1. Sheffield United (2019/2020)   

5 Klub Promosi Terbaik di Premier League Dua Dekade TerakhirSheffield United (sheffieldunited.news)

Pada musim 2019/2020 Sheffield United berhasil naik kasta ke Premier League usai finish sebagai runner up di divisi Championship. Musim tersebut mereka sempat tampil mengejutkan dengan bersaing di papan atas pada awal musim. Sayangnya di paruh kedua, konsistensi mereka runtuh.

Meski demikian, mereka berhasil finish di peringkat 9 di akhir musim dan itu menjadi raihan klub promosi terbaik musim tersebut. Sayangnya, Sheffield justru terpuruk di musim ini dan akhirnya terdegradasi dengan menempati posisi buncit.

2. Wolverhampton Wanderers (2018/2019)

5 Klub Promosi Terbaik di Premier League Dua Dekade TerakhirWolverhampton Wanderers (hitc.com)

Wolverhampton Wanderers (Wolves) bisa dinilai sebagai tim promosi terbaik dalam dua dekade terakhir di Premier League. Mereka menjuarai divisi Championship pada musim 2017/2018 dan promosi ke Premier League di musim selanjutnya. Luar biasanya, di musim itu mereka langsung menjadi kuda hitam.

Di akhir musim, Wolves finish di peringkat ke-7, di bawah deretan raksasa The Big Six. Tak hanya itu, pada musim 2019/2020 mereka pun lolos ke Liga Europa dan kini tetap tampil stabil sebagai kuda hitam.

Baca Juga: 7 Klub Premier League yang Paling Cepat Terdegradasi dalam Sejarah!

3. Birmingham City (2009/2010)   

5 Klub Promosi Terbaik di Premier League Dua Dekade TerakhirBirmingham City (theguardian.com)

Birmingham City promosi ke Premier League pada musim 2009/2010 usai jadi runner up di divisi Championship. Mereka sempat tampil mengejutkan di awal musim dengan tak terkalahkan dalam 12 laga beruntun.

Raihan tersebut membantu Birmingham untuk finsih di peringkat ke-9 di akhir musim dengan torehan 50 poin. Tak hanya itu, di musim selanjutnya performa mereka pun tak kalah impresif usai menjuarai Piala Liga dengan mengalahkan Arsenal di final.

4. Reading (2006/2007)   

5 Klub Promosi Terbaik di Premier League Dua Dekade TerakhirReading (getreading.co.uk)

Musim 2006/2007 menjadi yang paling bersejarah bagi Reading karena untuk pertama kalinya berhasil tampil di Premier League. Tidak hanya numpang lewat, Reading berhasil mengakhiri musim dengan luar biasa, finish di peringkat ke-8.

Sayangnya, konsistensi mereka tak bertahan di musim selanjutnya. Mereka harus kembali ke divisi Championship karena berakhir di peringkat ke-18 di akhir musim 2007/2008.

5. West Ham United (2005/2006)   

5 Klub Promosi Terbaik di Premier League Dua Dekade TerakhirWest Ham United (whufc.com)

Pada musim 2005/2006, West Ham United berstatus tim promosi di Premier League. Mereka sukses mencuri perhatian publik karena berhasil finish di peringkat ke-8. Tak hanya itu, mereka pun berhasil lolos hingga babak final FA Cup. Sayangnya mereka harus kalah dari Liverpool lewat adu penalti.

Sempat terdegradasi pada tahun 2011, West Ham musim ini bertransformasi menjadi tim kuda hitam yang menjanjikan. Mereka finish di peringkat 6 dan bakal berlaga di Liga Europa musim depan.

 

Berstatus klub promosi memang tidak akan mudah untuk bersaing di Premier League, yang dikenal sangat keras dan ketat. Meski demikian, dalam sejarahnya ada beberapa klub promosi yang tampil mengejutkan di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

Baca Juga: Sensasional! 9 Kisah Klub Promosi EPL yang Sukses Tampil Mengejutkan

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya