Comscore Tracker

5 Klub Top yang Nasibnya Ditentukan pada Laga Terakhir Fase Grup UCL

Tak ada pilihan selain menang bagi mereka

Liga Champions telah memasuki pekan kelima, dan 11 tim telah dipastikan lolos ke babak 16 besar. Sedangkan lima tiket lainnya akan ditentukan di laga terakhir pada 8-9 Desember mendatang. Tim-tim unggulan seperti Bayern Munchen, Chelsea dan Liverpool keluar sebagai juara grup, dan mereka jadi favorit juara di musim ini.

Lima tiket yang tersisa bakal menjadi rebutan banyak tim, dan mereka akan mengeluarkan kekuatan terbaik demi bisa lolos. Menariknya, lima klub top ini pun nasibnya bakal ditentukan di laga terakhir. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. AC Milan

5 Klub Top yang Nasibnya Ditentukan pada Laga Terakhir Fase Grup UCLselebrasi gol Rafael Leao (uefa.com)

AC Milan hanya mampu meraih satu poin dari empat laga awal di fase grup. Namun, mereka akhirnya berhasil meraih kemenangan perdana pada pekan kelima di kandang Atletico Madrid dengan skor 0-1.

Lewat hasil ini, Rossoneri naik ke peringkat tiga dengan raihan empat poin. Mereka memiliki poin sama dengan Atletico Madrid, tetapi unggul selisih gol. Sedangkan posisi kedua ditempati Porto dengan keunggulan satu poin saja.

Kondisi ini membuka peluang AC Milan lolos ke babak 16 besar kembali terbuka, tetapi syaratnya cukup berat. Rossoneri harus bisa mengalahkan Liverpool di San Siro, dan berharap Porto gagal meraih kemenangan kala menjamu Atletico Madrid dua pekan mendatang. AC Milan pun harus menang dengan dengan selisih gol lebih banyak, seandainya nanti Atletico Madrid berhasil mengalahkan Porto.

2. Barcelona

5 Klub Top yang Nasibnya Ditentukan pada Laga Terakhir Fase Grup UCLpara pemain Barcelona pasca laga melawan Benfica (uefa.com)

Pada pekan kelima kemarin, Barcelona gagal memaksimalkan kesempatan kala melawan Benfica di Camp Nou. Kedua tim hanya bermain imbang tanpa gol. Dengan hasil ini, Barcelona tetap duduk di peringkat kedua dengan tujuh poin, diikuti Benfica di urutan ketiga dengan lima poin. Sial bagi Barcelona, mereka akan bertandang ke kandang Bayern Munchen di laga terakhir.

Di pertemuan pertama sendiri, Blaugrana dibantai Bayern Munchen dengan skor 0-3 di Camp Nou. Sedangkan Benfica bakal menjamu tim terlemah, Dynamo Kiev.

Barcelona tidak memiliki pilihan lain, selain menang demi tiket babak 16 besar. Jika pada akhirnya Barcelona memiliki poin sama dengan Benfica, klub Portugal yang berhak lolos karena unggul head to head.

Baca Juga: 9 Pemain Spanyol Ini Pernah Mencetak Gol di Final Liga Champions Eropa

3. Atletico Madrid

5 Klub Top yang Nasibnya Ditentukan pada Laga Terakhir Fase Grup UCLselebrasi gol pemain Atletico Madrid (uefa.com)

Satu tiket di grup B sudah direbut Liverpool, yang keluar sebagai juara grup. Sementara satu tiket tersisa akan menjadi rebutan tiga tim, Atletico Madrid, Porto dan AC Milan. Saat ini anak asuh Diego Simeone berada di dasar klasemen dengan empat poin. Meski begitu, kesempatan lolos ke babak 16 besar masih terbuka bagi mereka.

Syaratnya tentu kemenangan pada laga terakhir melawan Porto di Estádio do Dragão, dengan harap AC Milan gagal menang melawan Liverpool. Masih ada skema kedua bagi Atletico Madrid. Jika kedua tim sama-sama menang, tim yang akan lolos adalah tim dengan selisih gol terbaik.

Sehingga, Atletico wajib menang dengan skor besar jika ingin langkah mereka berlanjut. Saat ini Atletico baru mencetak empat gol, dan kebobolan tujuh gol. Sedangkan AC  Milana mencetak lima gol, dan kebobolan tujuh gol juga.

4. Sevilla

5 Klub Top yang Nasibnya Ditentukan pada Laga Terakhir Fase Grup UCLduel Sevilla vs Wolfsburg (uefa.com)

Grup G menjadi grup yang paling sengit di musim ini. Empat tim di grup ini sama-sama memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Pada pekan kelima kemarin, Sevilla berhasil mengalahkan Wolfsburg dengan skor 2-0. Dengan hasil ini, Sevilla duduk di peringkat tiga dengan enam poin. Mereka hanya terpaut dua poin dari pemuncak grup, Lille, dan berjarak satu angka saja dari runner up, RB Salzburg.

Tim di dasar klasemen, Wolfsburg pun masih memiliki kesempatan lolos dengan lima poin yang mereka miliki. Di laga pamungkas, Sevilla akan bertandang ke Austria untuk menghadapi RB Salzburg. Sevilla hanya memiliki satu pilihan demi lolos ke 16 besar, yaitu kemenangan.

5. Atalanta

5 Klub Top yang Nasibnya Ditentukan pada Laga Terakhir Fase Grup UCLpara pemain Atalanta melakukan selebrasi gol (uefa.com)

Manchester United dipastikan menjadi juara grup F usai mengalahkan tuan rumah Villarreal dengan skor 0-2. Kondisi ini gagal dimaksimalkan Atalanta, yang hanya mampu bermain imbang 3-3 melawan Young Boys. Dengan hasil ini, satu laga tersisa akan menjadi rebutan Villarreal dan Atalanta.

Menariknya, di laga terakhir nanti, kedua tim akan saling bertarung di kandang Atalanta. Di pertemuan pertama sendiri, kedua tim hanya bermain imbang 2-2. Klub asal Italia ini wajib menang jika ingin lolos ke babak beriktunya. Sementara Villarreal hanya butuh imbang untuk pastikan satu tiket tersisa.

 

Itulah lima klub top Eropa yang nasibnya di fase grup akan ditentukan di laga pamungkas. Tim-tim di atas memiliki reputasi unggul, dan berpotensi lolos ke babak berikutnya di pekan terakhir nanti. Namun, Liga Champions adalah turnamen yang unik dan menarik. Tidak sedikit kejutan terjadi di fase grup laga terakhir.

Baca Juga: 5 Klub yang Lolos Fase Grup pada Musim Debut di Liga Champions

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya