Legenda: Performa Arsenal Seperti Tim Degradasi

Sudah 7 laga tanpa kemenangan

Arsenal kembali gagal meraih kemenangan dalam lanjutan fase grup Liga Eropa. Pada matchday ke-5 Kamis dini hari (29/11) The Gunners dikalahkan Frankfurt dengan skor 1-2. Tuan rumah unggul lebih dahulu lewat gol Aubameyang di menit 45+1, namun Frankfurt bangkit di babak kedua dengan melahirkan dua gol melalui brace Daichi Kamada.

Hasil ini memang tak mengubah posisi Arsenal di puncak grup F, namun membuat fans Arsenal geram. Salah satunya adalah legenda klub Martin Keown yang menilai Arsenal bermain sangat buruk.

1. Gagal menang dalam 7 laga beruntun

Legenda: Performa Arsenal Seperti Tim Degradasimirror.co.uk

Kekalahan ini semakin memperburuk performa Arsenal di musim ini. Dengan hasil ini, The Gunners catatkan hasil buruk dengan 7 laga tanpa kemenangan di semua ajang, dengan rincian tiga kekalahan dan empat imbang.

Kini The Gunners kumpulkan 10 poin, disusul Frankfurt dengan sembilan poin dan Standard Liege tujuh poin. Dengan satu laga tersisa, The Gunners hanya butuh hasil imbang melawan Standard Liege jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

Sedangkan di Liga Inggris, Arsenal terpojok di posisi ke-8 dengan 18 poin, tertinggal delapan angka dari Chelsea yang tempati posisi empat.

2. Martin Keown: Ini adalah performa tim degradasi

Legenda: Performa Arsenal Seperti Tim Degradasiirishmirror.ie

Sebuah kritikan tajam muncul dari legenda Arsenal, Martin Keown yang menilai jika performa Arsenal saat ini layaknya tim yang akan degradasi. Tanpa semangat, strategi tim yang buruk dan putus asa.

Lebih jauh ia mengungkapkan jika manajemen Arsenal harus segera mengambil sikap atas krisis ini, sebelum Arsenal memang semakin terjerembab ke papan bawah.

"Saya pikir mungkin manajer berada dalam posisi di mana dia merasa harus berhenti sekarang. Pertanyaan serius harus diberikan. Ini seburuk seperti yang pernah saya lihat. Ini adalah performa (tim) degradasi. Keputusan harus dilakukan atau klub akan jatuh semakin dalam di klasemen."

Baca Juga: Masih Butuh Waktu, Luis Enrique Tolak Tawaran Arsenal

3. Unai Emery kehilangan dukungan dari para pemain dan fans

Legenda: Performa Arsenal Seperti Tim Degradasifootball.london

Suara untuk meminta Emery segera dipecat pun semakin kencang terdengar, termasuk dari Martin Keown. Arsenal saat ini mengingatkannya kepada era Terry Neil, 37 tahun yang lalu, yang merupakan salah satu musim terburuk Arsenal.

Menurutnya Emery sudah tampak kehilangan dukungan dari para pemainnya sendiri. Apalagi beberapa keputusan Emery seperti menyingkirkan Ozil dan pemilihan strategi permainan yang berantakan semakin membuatnya diprotes fans.

"Pemilihan tim, motivasi tim, pergantian pemain, performa, segalanya tampak kurang di sini. Ini performa yang mengerikan. Bertahun-tahun lalu fans menentang Terry Neill. Saya berada di klub ketika itu terjadi dan segalanya menjadi sangat beracun di klub, saya pikir kita mendekati seperti demikian lagi. Apakah dia mampu memotivasi tim ini? Dia tampak kehilangan (dukungan dari) para pemainnya. Antusiasme tampak telah memudar," ungkap Keown dilansir Goal.

4. Calon pengganti Unai Emery

Legenda: Performa Arsenal Seperti Tim Degradasidailystar.co.uk

Jika performa buruk Arsenal terus berlanjut hingga akhir tahun, pemecatan Unai Emery tampaknya tinggal menunggu waktu. Sudah banyak nama pelatih yang dikaitkan sebagai calon pelatih baru Arsenal, mulai dari Pochettino, Massimiliano Allegri dan Mikel Arteta.

Nama-nama baru kini muncul seperti pelatih Wolverhampton, Nuno Espirito Santo dan pelatih Napoli Carlo Ancelotti. Namun keduanya menegaskan masih akan bertahan dengan klubnya masing-masing.

Layak untuk dinanti siapakah yang menjadi pelatih baru Arsenal nantinya.

5. Akan hadapi Norwich City dalam lanjutan Premeir League

Legenda: Performa Arsenal Seperti Tim Degradasifootball.london

Emery harus segera kembali menghadapi ujian tiga hari kemudian, kali ini lanjutan pekan ke-14 Liga Inggris. Mereka akan bertandang ke Carrow Road untuk menghadapi Norwich City. Secara statistik, Arsenal harusnya bisa dengan mudah mengalahkan tim yang berada di zona degradasi tersebut.

Laga ini bisa jadi ajang Emery untuk memulai kebangkitan dan membungkam semua kritik kepadanya. Mampukah ia?

Baca Juga: Ditahan Imbang Southampton 2-2, Arsenal Kini di Peringkat 7 Klasemen

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya