Comscore Tracker

Lulusan Akademi Real Madrid, 5 Pemain Ini Bersinar di Klub Lain

Saul Niguez hingga Juan Mata

Real Madrid merupakan klub paling sukes di Eropa dengan raihan 13 trofi Liga Champions. Dengan catatan sejarah panjang dan dana melimpah, El Real selalu menjadi klub impian bagi banyak pemain bintang.

Meski demikian, klub Ibu kota ini pun kerap melahirkan pemain berkualitas dari tim akademinya. Raul Gonzalez, Iker Casillas dan Guti Hernandez menjadi salah satu produk terbaik akademi Real Madrid yang tumbuh dan besar saat menembus tim utama.

Namun tak semua lulusan terbaik akademi bisa menembus tim utama, banyak yang justru berkembang dan bersinar di klub lain setelah lepas dari akademi Real Madrid. Siapa saja?

1. Saul Niguez

Lulusan Akademi Real Madrid, 5 Pemain Ini Bersinar di Klub Laingoal.com/Getty Images

Saul Niguez mengecap pendidikan di tim akademi Real Madrid pada tahun 2006 hingga 2008. Pada 2009, dia hijrah ke tim akademi Atletico Madrid dengan status free transfer. Hanya butuh satu tahun bagi dirinya sebelum menjalani debut untuk tim senior Atletico Madrid.

Sejak itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pun menjadi bagian penting dari skuad asuhan Diego Simeone. Pemain berusia 26 tahun ini telah tampil dalam 322 laga dengan torehan 43 gol dan 18 assist, serta turut mempersembahkan 1 trofi LaLiga, 2 Liga Europa dan 1 UEFA Super Cup

2. Pablo Sarabia

Lulusan Akademi Real Madrid, 5 Pemain Ini Bersinar di Klub Lainpsgtalk.com

Pablo Sarabia mengenyam pendidikan di akademi Real Madrid selama tujuh tahun sejak 2004. Meski dinilai memiliki potensi, dia tak pernah dipromosikan ke tim senior yang telah dihuni banyak pemain besar. Demi dapatkan waktu bermain, dia pun hijrah ke Getafe pada 2011 dengan mahar hanya 3 juta euro atau sekitar Rp51 milyar.

Winger berusia 28 tahun itu membela Getafe selama lima musim sebelum dilepas ke PSG pada 2019 dengan harga 18 juta euro atau sekitar Rp308 milyar. Meski menjadi pelapis dari Neymar, Sarabia tetap tampil memukau. Musim ini dia sudah mencatatkan 5 gol dan 4 assist dari 21 laga Ligue 1.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Bikin Real Madrid Menyesal Telah Melepasnya, Karma!

3. Alvaro Negredo

Lulusan Akademi Real Madrid, 5 Pemain Ini Bersinar di Klub Lainmarca.com

Alvaro Negredo merupakan salah satu striker asal Spanyol paling berpengalaman. Striker berusia 35 tahun yang kini membela Cadiz FC ini sudah malang melintang di berbagai negara.

Dia sempat membela Sevilla, Manchester City, Valencia hingga Besiktas. Dia juga merupakan bagian dari skuad timnas Spanyol ketika meraih Euro 2012.

Namun, tidak banyak yang tahu jika sang pemain juga merupakan lulusan akademi Real Madrid. Dia bergabung dengan Real Madrid Castilla pada 2005 sebelum kemudian dilepas ke Almeria pada 2007.

4. Aleix Vidal

Lulusan Akademi Real Madrid, 5 Pemain Ini Bersinar di Klub Lainsevillafc.es

Aleix Vidal merupakan sosok pemain yang unik karena pernah mengenyam pendidikan bersama tim akademi Barcelona sebelum gabung tim akademi Real Madrid pada 2004. Meski demikian bek kanan tersebut gagal menembus tim utama, sehingga dilepas ke Reus Deportiu pada 2006.

Namanya mulai dikenal ketika tampil untuk tim utama Almeria dan Sevilla. Barcelona kemudian memboyongnya pada 2015 dengan harga 18 juta euro atau sekitar Rp308 milyar.

Tiga musim di Camp Nou, dia merasakan 2 gelar LaLiga dan 3 Copa del Rey bersama Blaugrana. Pada 2018, Sevilla memulangkannya kembali dengan harga 9,3 juta euro atau sekitar Rp159 milyar.

5. Juan Mata

Lulusan Akademi Real Madrid, 5 Pemain Ini Bersinar di Klub Lainen.as.com

Juan Mata merupakan salah satu gelandang serang terbaik di Premier League ketika membela Chelsea dan kini berseragam Manchester United. Dia merupakan bagian dari skuad The Blues ketika mencetak sejarah menjuarai Liga Champions pertama kalinya. Mata juga adalah bagian dari timnas Spanyol ketika menjadi juara Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

Namun tahukah kamu jika eks pemain Valencia ini merupakan produk dari akademi Real Madrid? Juan Mata bergabung dengan tim akademi El Real pada 2003 dan bertahan selama empat musim.

Tak dipromosikan ke tim utama, pada 2007 dia memilih hijrah ke Valencia, dan berkembang menjadi salah satu talenta terbaik sebelum diboyong Chelsea pada 2011.

 

Skuad utama Real Madrid kerap diisi oleh pemain-pemain berkelas bintang. Hal ini menjadi dilema tersendiri karena membuat potensi-potensi pemain akademi terpinggirkan.

Sehingga mereka memilih pindah ke klub lain, yang bisa memberikan jaminan waktu bermain. Nyatanya, ini menjadi keputusan terbaik bagi lima pemain di atas karena mereka mampu berkembang usai hijrah dari akademi Real Madrid.

Baca Juga: 10 Pemain yang Ternyata Pernah Membela Real Madrid, Ada Eto'o

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya