Comscore Tracker

Kalahkan Burnley, Manchester United Tutup Tahun dengan Optimisme

Cristiano Ronaldo cetak gol dan assist!

Manchester United menutup tahun 2021 dengan kemenangan meyakinkan atas Burnley dengan skor 3-1. Semua gol tercipta pada babak pertama, di mana tiga gol MU dicetak oleh Scott Mc Tominay, gol bunuh diri Ben Mee dan Cristiano Ronaldo. Sedangkan gol balasan tim tamu dicetak oleh Aaron Lennon.

Dengan hasil ini Setan Merah duduk di peringkat enam dengan 31 poin. Sementara itu Burnley masih terpuruk di zona degradasi dengan 11 poin. Berikut ini beberapa fakta yang mewarnai pertandingan ini.

1. Catatan impresif Cristiano Ronaldo

Kalahkan Burnley, Manchester United Tutup Tahun dengan OptimismeCristiano Ronaldo (twitter.com/ManUtd)

Pada laga ini Cristiano Ronaldo terpilih sebagai Man of the match lewat kontribusi satu gol dan satu assist.  Berdasarkan laporan Opta, keterlibatan gol dan assist dalam satu laga ini berhasil dicatatakan sang pemain dalam 17 musim terakhir kariernya. Striker berusia 36 tahun ini kini sudah mengoleksi delapan gol dan tiga assist dari 15 pertandingan Premier League.

Luar biasanya, ini pun menjadi kali keenam Cristiano Ronaldo terpilih sebagai Man of the macth musim ini di Premier League. Dia menjadi pemain ketiga terbanyak di bawah Mohamed Salah dan Son Heung Min.

2. Tak terkalahkan sejak ditinggalkan Solskjaer, optimisme baru di era Ralf Rangnick

Kalahkan Burnley, Manchester United Tutup Tahun dengan Optimismepemain MU melakukan selebrasi gol (twitter.com/ManUtd)

Sejak pemecatan Ole Gunnar Solksjaer, Setan Merah berhasil bangkit di bawah asuhan pelatih anyar. Mereka tak terkalahkan dengan meraih 14 poin lewat empat kemenangan dan dua kali imbang di bawah asuhan Michael Carrick dan Ralf Rangnick. Catatan ini jauh lebih baik dari enam pertandingan terakhir Solksjaer yang hanya mampu meraih empat poin saja.

Ini menjadi optimisme baru Setan Merah menghadapi paruh kedua Premier League di tahun 2022. Saat ini MU duduk di peringkat ke-6 dengan 31 poin, tetapi masih memiliki satu laga tandang. Peluang mereka untuk meraih gelar sangat sulit karena selisih angka lebar hingga 19 poin. Namun, persaingan untuk meraih tiket Liga Champions masih sangat terbuka. MU hanya terpaut empat poin dari Arsenal di peringkat empat.

Baca Juga: 5 Calon Bintang Masa Depan Manchester United, Muda dan Berkualitas

3. Gol perdana Scott McTominay musim ini

Kalahkan Burnley, Manchester United Tutup Tahun dengan OptimismeScott McTominay (premierleague.com)

Scott McTominay mencetak gol pembuka pada menit ke-8 dalam laga ini. Ini menjadi malam yang spesial baginya karena itu adalah gol perdananya dari 28 pertandingan terakhirnya di Premier League. Sang gelandang total sudah mencetak 11 gol dan tiga assist dari 103 pertandingan Premier League

Menariknya, tujuh gol terakhirnya selalu terjadi di kandang MU, Old Trafford. Musim ini ia sendiri sudah tampil dalam 16 pertandingan di Premier League. Meski jadi andalan, posisinya sebagai gelandang bertahan belum aman karena inkonsistensinya. MU kabarnya berniat mencari gelandang bertahan baru pada musim depan.

4. Rekor buruk Burnley 10 laga terakhir

Kalahkan Burnley, Manchester United Tutup Tahun dengan Optimismeduel MU vs Burnley (premierleague.com)

Kekalahan ini membuat Burnley belum mampu keluar dari tren negatif mereka di Premier League. Dari 10 laga terakhirnya, mereka hanya meraih satu kemenangan, tiga kali kalah dan enam kali imbang. Mereka pun kini terjerembab di jurang degradasi dengan menempati peringkat ke-18.

Meski demikian, mereka berpeluang besar keluar dari jurang degradasi karena masih memiliki tiga laga tunda. Saat ini mereka hanya mengoleksi 11 poin, terpaut dua angka saja dari posisi aman.

5. Pertandingan berikutnya

Kalahkan Burnley, Manchester United Tutup Tahun dengan Optimismeduel MU vs Burnley (premierleague.com)

Premier League tidak mengenal sistem libur hari Natal dan Tahun Baru. Pekan depan, Manchester United bakal menghadapi lawan lebih tangguh dengan menjamu Wolverhamtpon. Pada pertemuan pertama sendiri MU berhasil menang dengan skor 1-0 di kandang lawan.

Sedangkan Burnley bakal menhadapi sesama tim papan bawah Leeds United. Kedua tim wajib menang jika ingin menjaga target mereka musim ini tetap terbuka. Persaingan musim ini sangat sengit di semua posisi.

Itulah deretan fakta menarik yang menghiasi kemenangan Manchester United atas Burnley. Hasil ini memberikan optimisme bagi skuad Ralf Rangnick untuk menghadapi tahun 2022. Pada paruh kedua nanti, MU harus tampil lebih maksima demi menjaga peluang bersaing di papan atas.

Baca Juga: Telak! 10 Kemenangan Terbesar Cristiano Ronaldo di Dunia Sepak Bola

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya