5 Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Liga Champions, Fantastis!   

Alphonso Davis terbaru

Liga Champions merupakan ajang kompetisi paling bergengsi di level klub Eropa. Bermain di kompetisi ini adalah mimpi setiap pemain. Namun tidak semua pemain bisa merasakan gelar si Kuping Besar. Nama-nama besar seperti Gianluigi Buffom, Ibrahimovic hingga Ronaldo Nazario bahkan belum sekalipun mengangkat trofi ini.

Tetapi deretan pemain berikut ini termasuk yang spesial karena bisa merasakan gelar juara Liga Champions di usia yang sangat muda. Mereka bahkan menjadi pemain kunci klub sepanjang kompetisi. Siapa saja mereka? Inilah lima pemain termuda yang pernah menjuarai Liga Champions.

1. Owen Hargreaves (Bayern Munchen) - 20 tahun 4 bulan 3 hari    

5 Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Liga Champions, Fantastis!   fcbayern.com

Owen Hargreaves merupakan pemain berdarah Inggris yang memulai kariernya di akademi Bayern Munchen sejak 1997. Pada tahun 2000, ia menjalani debut untuk tim utama dan secara perlahan menjadi andalan di lini tengah The Baarian. Musim terbaiknya terjadi pada 2000/20001 saat Bayern Munchen sukses ke babak final Liga Champions untuk melawan Valencia.

Owen tampil sebagai starter dalam laga tersebut dan berhasil mengangkat trofi bersama Bayern Munchen setelah menang lewat adu penalti dengan skor 5-4. Saat itu usianya masih 20 tahun 4 bulan 3 hari. Ia berseragam The Bavarian selama tujuh musim dengan koleksi 4 trofi Bundesliga dan 3 DFB Pokal.

Pada 2007 ia hijrah ke Manchester United, sayang kariernya tersendat karena cedera panjang. Setelah sempat bermain untuk Manchester City, Owen Hargreaves gantung sepatu pada 2012 lalu.

2. Alphonso (Bayern Munchen) - 19 tahun 9 bulan 21 hari    

5 Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Liga Champions, Fantastis!   goal..com

Musim ini Bayern Munchen sukses meraih treble winner kedua mereka sepanjang sejarah setelah meraih gelar Liga Champions 2019/20202. The Bavarian sukses mengalahkan PSG dengan skor 1-0 di babak final. Satu pemain yang menarik perhatian dunia adalah Alphonso Davies yang baru berusia 19 tahun 9 bulan 2 hari saat menjuarai Liga Champions pertamanya.

Hebatnya lagi, ini merupakan musim perdana ia bermain di Bayern Munchen setelah 2019 lalu diboyong dari klub MLS, Vancouver Whitecaps. Pemain asal Kanada ini dikenal karena kecepatannya, serta keseimbangan dalam bertahan dan menyerang dari sisi sayap. Musim ini ia tampil di 46 laga di semua ajang dengan catatan 3 gol dan 10 assist. Empat assist di antaranya ia cetak di Liga Champions.

Baca Juga: Alphonso Davies, dari Kamp Pengungsi Kini ke Final Liga Champions

3. Carlos Alberto (Porto) - 19 tahun 5 bulan 15 hari    

5 Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Liga Champions, Fantastis!   goal.com

Pada tahun 2004 lalu Porto sempat mengejutkan dunia di bawah asuhan Jose Mourinho usai menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan AS Monaco 3-0 di babak final. Carlos Alberto menjadi bintang pada saat itu lewat gol pembukanya. Hebatnya saat itu usianya baru 19 tahun 5 bulan 15 hari dan merupakan musim perdananya di Porto setelah didatangkan dari Fluminense.

Namun setahun kemudian ia pulang ke Brasil untuk bergabung dengan Corinthians. Setelah sempat bermain juga untuk Werder Bremen, Sao Paolo dan Botafofo, sang pemain gantung sepatu pada 2019 lalu.

4. Clarance Seedorf (Ajax) - 19 tahun 1 bulan 21 hari    

5 Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Liga Champions, Fantastis!   twitter.com/ChampionsLeague

Berbicara pemain terhebat di Liga Champions, Clarance Seedorf adalah salah satunya. Sepanjang kariernya, ia telah merasakan lima trofi Liga Champions dengan tiga klub berbeda. Spesialnya lagi, trofi pertamanya ia raih bersama klub profesional pertamanya, Ajax pada musim 1994/1995. Kala itu ia tampil sebagai starter dengan mengalahkan AC Milan di babak final. Usianya kala itu masih 19 tahun 1 bulan 21 hari.

Bertransformasi menjadi pemain yang paling menjanjikan kala itu, Seedorf kemudian hijrah ke Real Madrid pada tahun 1996. Empat musim di Santiago Bernabeu, ia merasakan dua gelar Liga Champions di sana. Sementara dua trofi lagi ia rasakan kala berseragam AC Milan.

5. Iker Casillas (Real Madrid) - 19 tahun 4 hari   

5 Pemain Termuda yang Pernah Menjuarai Liga Champions, Fantastis!   uefa.com

Pemain termuda yang pernah menjuarai Liga Champions masih dipegang oleh mantan kiper Real Madrid, Iker Casillas. Pemain asli binaan Los Blancos tersebut merasakan gelar UCL di musim perdananya membela tim utama Real Madrid pada musim 1999/2000. Saat itu usianya masih 19 tahun 4 hari.

Casillas berseragam Real Madrid selama 16 tahun dengan mengoleksi 3 trofi Liga Champions, 5 gelar La Liga dan 2 Coppa del Rey. Pada tahun 2015 ia hijrah ke Porto dan mengakhiri kariernya di sana setelah pensiun pada 4 Agustus 2020.

Prestasi tersebut membuktikan mereka merupakan pemain-pemain yang spesial dan sudah tercatat dalam sejarah sepak bola Eropa. Apalagi tidak semua pemain besar mampu melakukannya. Fantastis!

Baca Juga: 10 Calon Pemain Muda Terbaik Peraih Golden Boy 2020, Siapa Terfavorit?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya