Misi Berat AC Milan Menembus Babak 16 Besar UCL, Dilanda Badai Cedera!

Rossoneri wajib menang atas Liverpool!

Liga Champions memasuki laga terakhir fase grup. Satu laga paling krusial bakal mempertemukan AC Milan menghadapi Liverpool pada Rabu dini hari (08/12/2021) di San Siro. Rossoneri tidak memiliki pilihan lain selain menang untuk dapatkan satu tiket terakhir lolos ke babak 16 besar.

Namun, ini pun tidak akan mudah karena juga bergantung pada laga lainnya antara Porto melawan Atletico Madrid. Ini bakal menjadi sebuah misi sangat berat bagi tuan rumah karena klub juga dilandan banyak permasalahan.

1. AC Milan dilanda badai cedera

Misi Berat AC Milan Menembus Babak 16 Besar UCL, Dilanda Badai Cedera!Simon Kjaer (twitter.com/simonkjaer1989)

Jelang laga hidup dan mati ini AC Milan kembali dihadapkan dengan masalah cedera pemain inti. Mereka harus tanpa Simon Kjaer yang mengalami cedera lutut parah. Sebelumnya mereka juga sudah kehilangan Pietro Pellegri, Ante Rebic, Davide Calabria, dan Olivier Giroud.

Terbaru Rafael Leao juga dikabarkan mengalami cedera otot pada laga Serie A akhir pekan kemarin. Ini tentunya menjadi kabar buruk karena Milan kehilangan dua winger andalan di sisi kiri dan sialnya klub yang dihadapi adalah Liverpool yang meraih lima kemenangan sempurna.

2. Tren positif dan titik penghabisan AC Milan

Misi Berat AC Milan Menembus Babak 16 Besar UCL, Dilanda Badai Cedera!pemain AC Milan melakukan selebrasi gol (twitter.com/acmilan)

Meski dilanda badai cedera, AC Milan datang dengan sebuah tren positif. Dalam satu pekan terakhir mereka bangkit dengan meraih dua kemenangan beruntun di Serie A. Milan mengalahkan Genoa 3-0 dan Salernitana 2-0 sehingga berhasil merebut puncak klasemen dari Napoli.

Dukungan fans yang bakal hadir di San Siro pun bakal menjadi motivasi tambahan skuad AC Milan untuk menampilkan permainan terbaik mereka. Di pertemuan pertama AC Milan mampu memberikan perlawanan sengit meski pada akhirnya kalah dengan skor tipis 3-2 di Anfield.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions: Laga Krusial AC Milan dan Barcelona

3. Liverpool bakal lakukan rotasi besar-besaran

Misi Berat AC Milan Menembus Babak 16 Besar UCL, Dilanda Badai Cedera!para pemain Liverpool melakukan selebrasi gol (uefa.com)

Bagi Liverpool, laga ini sudah tidak memiliki arti sama sekali. Mereka sudah dipastikan lolos sebagai juara grup B usai meraih lima kemenangan beruntun. Kondisi ini pun kemungkinan membuat Jurgen Klopp bakal melakukan rotasi pemain besar-besaran di skuad intinya. Ini demi menjaga kondisi fisik para pemain dihadapkan dengan jadwal padat.

Akhir pekan kemarin, The Reds pun harus tampil habis-habisan saat mengalahkan Wolves 1-0 lewat gol akhir laga Divock Origi. Lewat konferensi pers, Klopp mengungkapkan bahwa Origi kemungkinan akan starter pada laga ini dan kemungkinan untuk mengistirahatkan Mohamed Salah.

4. Skema kelolosan AC Milan

Misi Berat AC Milan Menembus Babak 16 Besar UCL, Dilanda Badai Cedera!duel AC Milan vs Liverpool (uefa.com)

Ini menjadi pertama kali AC Milan kembali ke Liga Champions setelah absen dalam tujuh musim terakhir. Namun, ini tidak berjalan mulus usai mereka mengalami tiga kekalahan beruntun di laga-laga awal. Untungnya, Milan berhasil bangkit di paruh kedua dengan meraih empat poin. Saat ini mereka duduk di peringkat kedua dengan selisih satu poin dari Porto yang duduk satu tingkat di atasnya.

Skema kelolosan AC Milan cukup berat. Mereka wajib menang atas Liverpool dengan harapan Porto hanya bermain imbang melawan Atletico Madrid. Sementara itu, jika Atletico Madrid dan AC Milan sama-sama menang, produktivitas gol akan menentukan tim mana yang lebih layak lolos karena kedua tim memiliki poin sama dan aggregate gol sama. Saat ini Milan sendiri hanya unggul satu biji gol dalam produktivitas gol.

5. Menanti tuah Zlatan Ibrahimovic

Misi Berat AC Milan Menembus Babak 16 Besar UCL, Dilanda Badai Cedera!selebrasi gol para pemain AC Milan (twitter.com/acmilan)

Saat ini AC Milan hanya memiliki Zlatan Ibrahimovic sebagai striker utama karena cederanya Olivier Giroud dan Pellegri. Rossoneri akan bertumpu pada pemain berusia 40 tahun itu. Ibrahimovic sendiri diisitirahatkan pada laga melawan Salernitana demi persiapan laga ini. 

Sang striker musim ini baru tampil selama 71 menit dalam tiga laga UCL dan kini bakal tampil sejak menit awal. Di Serie A ia tampil moncer dengan mencetak 6 gol dan 2 assist dari sembilan laga. Kini tuahnya diharapkan hadir pada laga hidup mati, sekaligus bakal menjadi gol perdananya di turnamen ini.

 

Itulah beberapa catatan menarik jelang duel hidup mati AC Milan menghadapi Liverpool di pekan terkahir fase grup UCL. Rossoneri bakal tampil habis-habisan demi meraih tiga poin di tengah badai cedera melanda. Dukungan fans bakal menjadi motivasi tambahan untuk menyelesaikan misi sulit ini. Bisakah AC Milan kalahkan Liverpool?

Baca Juga: Keren! Zlatan Ibrahimovic Bakal Akting dalam Sebuah Film

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya