Comscore Tracker

5 Pelatih yang Bawa Bayern Munchen Juara Bundesliga Sebelum Hans Flick

Musim depan mereka akan dilatih Julian Nagelsmann

Bayern Munchen akhirnya memastikan gelar juara Bundesliga pada pekan ke-32 usai poinnya tak mampu lagi dikejar RB Leipzig. Ini menjadi gelar kesembilan beruntun yang mereka raih, sekaligus gelar ketujuh Hans-Dieter Flick sejak ditunjuk menjadi pelatih pada 2019 lalu. Namun, ini juga bakal menjadi gelar terakhir sang pelatih yang memutuskan menangani Timnas Jerman musim depan.

Bayern Munchen sendiri tampil dominan tidak hanya di era Hansi Flick, tetapi juga di era 5 pelatih berikut yang sukses mempersembahkan gelar Bundesliga. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Niko Kovac

5 Pelatih yang Bawa Bayern Munchen Juara Bundesliga Sebelum Hans FlickNiko Kovac (bleacherreport.com)

Bayern Munchen menunjuk Niko Kovac sebagai pelatih utama pada 2018 usai dia sukses memenangkakn DFB Pokal bersama Eintracht Frankfurt. Di musim pertamanya, Niko Kovac cukup sukses dengan persembahkan dua gelar domestik, Bundesliga dan DFB Fokal. Sayang, performa musim keduanya tidak memuaskan manajemen.

Niko Kovac harus mengalami pemecatan pada pekan ke-10 usai dibantai Frankfurt dengan skor 5-1. Posisinya saat itu pun kemudian digantikan oleh assistennya, Hans-Dieter Flick. Kovac sendiri mencatatkan 65 laga dengan torehan 45 kemenangan, 12 hasil imbang, dan 8 kekalahan.

2. Jupp Heynckes

5 Pelatih yang Bawa Bayern Munchen Juara Bundesliga Sebelum Hans FlickJupp Heynckes (fifa.com)

Jupp Heynckes pernah menangani Bayern Munchen selama 4 periode. Dua periode terakhir terjadi pada tahun 2011--2013. Saat itu dia sukses mempersembahkan treble winner, yakni Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions.

Periode selanjutnya terjadi pada musim 2017/2018 ketika dia mampu mempersembahkan trofi Bundesliga. Setelahnya, Jupp Heynckes pun pensiun dari dunia kepelatihan dan posisinya digantikan oleh Niko Kovac.

Baca Juga: 5 Top Skor Borussia Monchengladbach Sepanjang Sejarah, Jupp Heynckes?

3. Carlo Ancelotti

5 Pelatih yang Bawa Bayern Munchen Juara Bundesliga Sebelum Hans FlickCarlo Ancelotti (goal.com)

Pada 2016 Bayern Munchen menunjuk Carlo Ancelotti sebagai penerus Pep Guardiola sebagai pelatih utama. Di musim perdananya, Don Carlo sukses mempersembahkan gelar Bundesliga dan Piala Super Jerman. Sayang musim keduanya tak berjalan lancar. Ancelotti dipecat pada September 2017.

Pemecatan itu diyakini karena ruang ganti yang tak harmonis dan filosofi bermain yang berbeda. Di bawah asuhan Ancelotti, Bayern Munchen catatkan 43 kemenangan, 8 hasil imbang, dan hanya 9 kekalahan di semua ajang.

4. Pep Guardiola

5 Pelatih yang Bawa Bayern Munchen Juara Bundesliga Sebelum Hans FlickPep Guardiola (beinsports.com)

Berambisi mennjuarai Liga Champions, Bayern Munchen menunjuk Pep Guardiola sebagai manajer pada 2013 silam. Namun, target tersebut gagal terlaksana. Meski demikian, Guardiola tetap sukses di ajang domestik dengan mempersembahkan tiga trofi Bundesliga secara beruntun sepanjang tiga tahun masa baktinya.

Dia juga persembahkan 2 DFB Pokal dan 1 UEFA Super Cup. Di bawah asuhannya, Bayern Munchen tampil sangat tajam. Guardiola mempersembahkan 124 kemenangan, 16 hasil imbang, dan 21 kekalahan dari 161 laga di semua ajang.

5. Louis van Gaal

5 Pelatih yang Bawa Bayern Munchen Juara Bundesliga Sebelum Hans FlickLouis van Gaal (si.com)

Louis van Gaal menangani Bayern Munchen selama kurun waktu 2009 hingga 2011. Di musim perdananya, van Gaal sukses mempersembahkan trofi Bundesliga dan DFB Pokal.

Namun, di musim berikutnya, van Gaal gagal memberikan satu pun gelar. Dia pun dipecat dengan rekor 59 kemenangan, 18 hasil imbang, dan 19 kekalahan.

 

Tidak ada yang memungkiri bahwa Bayern Munchen merupakan salah satu klub terbaik di dunia. Di Bundesliga, dominasi mereka bahkan tak tertandingi dalam satu dekade terakhir. Die Bavarian menjadi klub terbanyak peraih trofi Bundesliga dengan 31 gelar, unggul jauh daru Nurnberg sebagai runner up dengan 9 trofi. Salah satu faktornya adalah pelatih hebat yang selalu menangani mereka.

Baca Juga: 15 Pemain Lulusan Akademi MU yang Debut di Era Louis van Gaal

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya