Performa Merosot, 5 Pelatih Top yang Terancam Dipecat di Akhir Musim

Ronald Koeman hingga Andrea Pirlo

Kompetisi liga-liga top Eropa akan segera berakhir dalam beberapa pekan lagi. Beberapa liga sudah dipastikan siapa juaranya, sedangkan LaLiga dan Ligue 1 tampaknya akan ditentukan hingga pertandingan terakhir.

Namun, di antara hiruk-pikuk persaingan yang seru di musim ini, nasib beberapa pelatih tampaknya akan diputuskan di akhir musim. Hal ini tak lepas dari performa yang tak sesuai dengan ekspektasi manajemen. Berikut ini 5 pelatih top yang terancam pemecetan di akhir musim.

1. Andrea Pirlo  

Performa Merosot, 5 Pelatih Top yang Terancam Dipecat di Akhir MusimAndrea Pirlo (twitter.com/Pirlo_official)

Awal musim ini Andrea Pirlo ditunjuk sebagai pelatih Juventus menggantikan Maurizio Sarri. Keputusan ini sempat diragukan karena Pirlo belum memiliki karier kepelatihan yang mumpuni. Ini bahkan menjadi pengalaman pertamanya menangani tim senior. Keraguan publik pun tampaknya menjadi nyata.

Di bawah asuhan Pirlo, Juventus tersingkir di babak 16 besar Liga Champions oleh Porto. Bianconeri pun gagal mempertahankan gelar Scudetto yang telah mereka kuasai sembilan musim terakhir. Tak hanya itu, saat ini mereka pun hanya menempati peringkat ke-5 klasemen Serie A. Jika di akhir musim mereka gagal mendapatkan tiket Liga Champions, posisi Andrea Pirlo kemungkinan besar tidak akan dipertahankan.

2. Mauricio Pochettino  

Performa Merosot, 5 Pelatih Top yang Terancam Dipecat di Akhir MusimMauricio Pochettino (goal.com)

Mauricio Pochettino memang baru saja menangani PSG di tengah musim kemarin. Dia ditunjuk pada 2 Januari lalu menggantikan Tomas Tuchel yang dipecat manajemen PSG. Sayangnya, di bawah asuhan eks pelatih Tottenham tersebut, PSG gagal memperbaiki performa.

Saat ini mereka terancam mengakhiri musim tanpa gelar. PSG baru saja tersingkir di semifinal Liga Champions usai dikalahkan Manchester City. Di Ligue 1 pun mereka terancam gagal mempertahankan gelar juara usai imbang 1-1 hadapi Rennes di pekan ke-36. Kini, dengan dua laga tersisa, PSG tertinggal tiga poin dari Lille sebagai pemuncak klasemen. Jika tanpa gelar, dirumorkan Pochettino tidak akan bertahan lama di Paris.

Baca Juga: Pochettino Dibayang-bayangi Ancaman Pemecatan

3. Mikel Arteta  

Performa Merosot, 5 Pelatih Top yang Terancam Dipecat di Akhir MusimMikel Arteta (goal.com)

Di bawah asuhan Mikel Arteta, musim ini Arsenal belum bisa bangkit dari keterpurukan. Bahkan, lebih buruk dari musim lalu ketika sukses meraih gelar FA Cup di akhir musim. Musim ini The Gunners tertahan di peringkat ke-9 Premier League. Bahkan, dengan tiga laga tersisa, untuk finish meraih tiket Europa League saja akan sulit.

Tak hanya itu, Arsenal juga gagal di ajang FA Cup, Carabao Cup, dan Europa League. Hal ini pun kabarnya membuat sang pelatih terancam dipecat di akhir musim. Beberapa nama dikabarkakn sudah dipersiapkan menjadi calon penggantinya, salah satunya Maurizio Sarri.

4. Ronald Koeman  

Performa Merosot, 5 Pelatih Top yang Terancam Dipecat di Akhir MusimRonald Koeman (goal.com)

Ronald Koeman diangkat  jadi pelatih Barcelona pada awal musim ini menggantikan Quique Setien. Namun, Koeman hadir ketika kondisi internal klub sedang dalam masalah akibat kegagalan total di musim lalu. Di awal musim dia diragukan bisa mengembalikan prestasi Barcelona, apalagi setelah secara kontroversi membuang Luis Suarez dan Arthuro Vidal.

Meski demikain, Koeman berhasil mempersembahkan Coppa del Rey. Namun, trofi ini tidak menjadi jaminan. Manajemen klub kabarnya tidak puas dengan pelatih asal Belanda itu karena filosofi bermainnya tidak sesuai dengan filosofi Barcelona. Kini dia dirumorkan akan dipecat jika gagal menjadi juara LaLiga di akhir musim. Saat ini Blaugrana sendiri tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen dengan tiga laga tersisa. Xavi Hernandez yang sudah hafal dengan filosofi bermain Barcelona kabarnya sedang dipersiapkan sebagai pengganti Koeman jika Barcelona benar-benar gagal juara.

5. Zinedine Zidane  

Performa Merosot, 5 Pelatih Top yang Terancam Dipecat di Akhir MusimZinedine Zidane (goal.com)

Setali tiga uang dengan Ronald Koeman, Zinedine Zidane juga terancam pemecatan jika Real Madrid gagal mempertahankan gelar LaLiga musim ini. Saat ini Real Madrid pun berselisih dua poin dari Atletico Madrid dengan sisa tiga laga. Sebelumnya, Real Madrid baru saja tersingkir di semifinal Liga Champions usai disingkirkan Chelsea.

Jika di akhir musim Real Madrid finish tanpa satu pun gelar, sang pelatih tampaknya tidak akan dipertahankan. Raul Gonzalez kabarnya dipersiapkan sebagai penggantinya. Zidane sendiri kabarnya sedang diincar Juventus untuk menggantikan Andrea Pirlo.

 

Nama besar seorang pelatih tidak menjadi jaminan dirinya akan aman dari pemecatan. Apalagi, jika klub yang mereka tangani memberikan target meraih juara di akhir musim. Deretan pelatih di atas pun dinaungi awan kelabu karena performa yang mereka sajikan tidak sesuai dengan ekspektasi manajemen. Akankah mereka dipecat di akhir musim?

Baca Juga: Zidane Jadi Calon Kuat Pengganti Pirlo di Juventus

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya