Comscore Tracker

5 Pemain Top Arsenal Bernomor Punggung 23 Sebelum Sambi Lokonga

Sol Campbell hingga David Luiz

Arsenal baru saja resmi mendatangkan gelandang baru, yakni Sambi Lokonga dari Anderlecht dengan mahar 18 juta euro atau sekitar Rp308 miliar. Pemain berusia 21 tahun itu diharapkan jadi bintang baru The Gunners dan bakal diplot sebagai pengganti Granit Xhaka yang kemungkinan besar akan hijrah musim panas ini.

Pemain asal Belgia ini akan memaka nomor punggung 23 di Arsenal. Nomor tersebut cukup populer bagi fans The Guners karena kerap diisi oleh pemain-pemain top. Berikut ini 5 pemain top Arsenal yang sempat kenakan nomor punggung 23 sebelum Sambi Lokonga.

1. Sol Campbell 

5 Pemain Top Arsenal Bernomor Punggung 23 Sebelum Sambi LokongaSol Campbell (footballwhispers.com)

Sol Campbell merupakan  salah satu transfer paling kontroversial dalam sejarah sepak bola Inggris ketika ia pindah dengan status free transfer dari Tottenham ke Arsenal pada tahun 2001. Dia adalah produk asli akademi Spurs yang menjadi bagian dari masa keemasan The Gunners.

Selama 5 musim berseragam Arsenal, dia sukses mempersembahkan 2 gelar Premier League dan 3 FA Cup. Sepanjang masa itu dia mengenakan nomor punggung 23, begitu juga ketika di Spurs.

2. Andrey Arshavin

5 Pemain Top Arsenal Bernomor Punggung 23 Sebelum Sambi LokongaAndrey Arshavin (twitter.com/Arsenal)

Setelah Campbell pergi pada tahun 2006, tidak ada pemain yang mengenakan nomor punggung 23 di Arsenal sampai bintang Rusia, Andrey Arshavin, bergabung dengan klub pada Januari 2009. Performa terbaiknya sangat diingat fans ketika mencetak 4 gol ke gawang Liverpool dan skor berakhir 4-4.

Selama empat musim di Emirates Stadium, Arshavin mencatatkan 31 gol dan 46 assist dari 145 pertandingan. Pada 2012 dia dipinjamkan ke Zenit St. Petersburg sebelum dilepas permanen musim selanjutnya.

Baca Juga: Rombak Skuat, 5 Pemain yang Mungkin Tinggalkan Arsenal Musim Panas Ini

3. Nicklas Bendtner

5 Pemain Top Arsenal Bernomor Punggung 23 Sebelum Sambi LokongaNicklas Bendtner (nbcsports.com)

Sejarah nomor punggung Nicklas Bendtner di Arsenal cukup unik. Dia mengenakan nomor 26 ketika dia menjadi pemain reguler tim utama, tetapi menggantinya menjadi 52 beberapa tahun kemudian dengan alasan itu nomor spesial baginya.

Dia kemudian menghabiskan waktu dengan status pinjaman di Sunderland ketika kariernya di Arsenal tampak meredup dan kemudian bergabung dengan Juventus pada 2012. Ia kemudian kembali ke klub induknya untuk satu musim terakhir dengan seragam baru bernomor punggung 23.

4. Danny Welbeck

5 Pemain Top Arsenal Bernomor Punggung 23 Sebelum Sambi LokongaDanny Welbeck (eurosport.com)

Danny Welbeck bergabung dengan Arsenal pada 2014 lalu dari Manchester United dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp342 miliar. Meski dinilai pemain muda potensial kala itu, kariernya anjlok di Arsenal akibat cedera. Selama lima musim di Emirates Stadium, dia tampil dalam 126 laga dengan torehan 32 gol.

Pada 2019 dia dilepas ke Watford dengan status free transfer dan sejak 2020 lalu dia berkostum Brigthon & Hove Albion. Selama berkostum Arsenal, Welbeck mengenakan nomor punggung 23 peninggalan Nicklas Bendtner.

5. David Luiz

5 Pemain Top Arsenal Bernomor Punggung 23 Sebelum Sambi LokongaDavid Luiz (dailystar.co.uk)

Secara mengejutkan David Luiz bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2019 dengan biaya sekitar 8 juta paun atau sekitar Rp158 miliar dari Chelsea. Pengalamannnya diharapkan mampu membawa Arsenal kembali ke performa terbaiknya. Sayangnya hal itu tak pernah terjadi. Bahkan, David Luiz kerap melakukan blunder yang merugikan timnya.

Kontrak sang pemain kini sudah habis dan tidak ada perpanjangan kontrak sehingga David Luiz berstatus tanpa klub. Nomor punggung 23 miliknya pun kini diwariskan ke pemain anyar Arsenal, Sambi Lokonga.

 

Itulah deretan pemain Arsenal yang pernah mengenakan nomor punggung 23 sebelum diambil alih oleh Sambi Lokonga untuk musim depan. Meski nomor ini kurang populer, nomor tersebut diisi oleh pemain-pemain top di Arsenal. Lalu, mampukah Lokonga menunjukkan performa terbaiknya musim depan?

Baca Juga: 5 Bek yang Layak Menggantikan Peran David Luiz di Arsenal, Siapa Saja?

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya