Comscore Tracker

5 Pemain Asal Jerman dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga Champions

Didominasi pemain Bayern Munchen

Jerman merupakan negara dengan budaya sepak bola terkuat di Eropa. Ini terbukti dengan empat gelar Piala Dunia yang terpampang di jersey timnas mereka. Di level klub, tiga klub asal Jerman pun pernah merasakan gelar Liga Champions. Bayern Munchen menjadi klub ketiga dengan gelar terbanyak di ajang ini lewat enam trofi. Sementara itu, Borussia Dortmund dan Hamburg masing-masing meraih satu gelar.

Di level pemain, beberapa nama pun memiliki tempatnya sendiri di turnamen paling elite di level klub ini. Mereka menjadi pemain asal Jerman dengan gol terbanyak di Liga Champions. Berikut ulasannya.

1. Thomas Muller - 49 gol

5 Pemain Asal Jerman dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsThomas Müller (bundesliga.com)

Hampir seluruh karier Thomas Muller dihabiskannya di Bayern Munchen. Ia berhasil menembus tim utama pada 2009 dan berkembang pesat menjadi pemain kunci hampir satu dekade terakhir. Dia mengoleksi 220 gol dan 232 assist dari 602 laga di semua kompetisi. Menariknya, ia menjadi pamain asal Jerman dengan gol terbanyak di Liga Champions dengan 49 gol dari 129 laga.

Sepanjang itu juga ia sukses merasakan dua gelar Liga Champions dengan status treble winnner. Sepuluh gelar Bundesliga dan enam DFB Fokal serta Piala Dunia bersama Timnas Jerman menunjukkan betapa cemerlangnya karier pemain 32 tahun ini.

2. Gerd Muller - 34 gol

5 Pemain Asal Jerman dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsGerd Müller (bundesliga.com)

Legenda Bayern Munchen dan Timnas Jerman, Gerd Muller, berada di urutan kedua sebagai pemain Jerman dengan gol terbanyak di UCL. Produktivitasnya sangat luar biasa dengan koleksi 34 gol dari 35 pertandingan. Ia berseragam Bayern Munchen selama 15 tahun dengan mempersembahkan tiga trofi Liga Champions secara beruntun dari tahun 1973 hingga 1976.

Tak hanya itu, ia juga mengoleksi 4 gelar top skor Liga Champions, 1 gelar Ballon d'Or, 4 gelar Bundesliga, dan 1 trofi Piala Dunia 1974 bersama Timnas Jerman. Setelah meninggalkan Bayern pada 1974, ia hijrah ke MLS untuk bergabung dengan FL Strikers dan Smith Brothers sebelum gantung sepatu pada 1982.

Baca Juga: Thomas Muller dan Piala Eropa yang Tak Kunjung Berjodoh, Gagal Lagi!

3. Mario Gomez - 26 gol

5 Pemain Asal Jerman dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsMario Gomez (uefa.com)

Mario Gomez bukanlah sosok asing di sepak bola Jerman. Ia adalah salah satu striker mematikan di Bundesliga pada eranya. Gomez mengoleksi 26 gol di Liga Champions sepanjang kariernya dengan dua klub berbeda, Stuttgart dan Bayern Munchen. Pada musim 2011/12, ia menjadi top skor kedua Liga Champions dengan 12 gol di bawah Lionel Messi dengan 14 gol. Saat itu Bayern harus puas sebagai runner up usai dikalahkan Chelsea.

Namun, musim berikutnya ia berhasil mengangkat trofi Liga Champions bersama Bayern Munchen. Sepanjang kariernya, ia juga mempersembahkan 1 trofi Bundesliga untuk  Stuttgart dan 2 untuk Bayern Munchen. Di penghujung kariernya, Gomez sempat berpetualang ke luar Jerman dengan membela Fiorentina dan Besiktas.

4. Marco Reus - 19 gol 

5 Pemain Asal Jerman dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsMarco Reus (twitter.com/woodyinho)

Ini menjadi musim ke-10 Marco Reus berkostum Dortmund sejak didatangkan dari Monchengladbach. Marco Reus adalah salah satu gelandang terbaik di Bundesliga. Sayangnya, performa sang pemain kerap terganggu cedera. Sepanjang kariernya, ia sudah persembahkan dua gelar Bundesliga bagi Dortmund dengan torehan 146 gol dan 105 assist dari 335 pertandingan di semua ajang.

Sementara itu, di Liga Champions, ia sudah mengoleksi 19 gol dari 55 pertandingan. Prestasi terbaiknya adalah meloloskan Dortmund ke final musim 2012/13. Sayang, mereka harus kalah menyakitkan dari rival abadi mereka, Bayern Munchen.

5. Michael Ballack - 16 gol

5 Pemain Asal Jerman dengan Jumlah Gol Terbanyak di Liga ChampionsMichael Ballack (uefa.com)

Michael Ballack berada di urutan kelima pemain Jerman dengan gol terbanyak di Liga Champions. Ia mengoleksi 19 gol dari 93 pertandingan. Itu semua ia jalani ketika berseragam tiga tim berbeda, Bayer Leverkusen, Bayern Munchen dan Chelsea. Sayangnya, nasib Ballack selalu kurang beruntung ketika bermain di ajang ini.

Ia pernah lolos dua kali ke babak final saat berkostum Bayer Leverkusen dan Chelsea. Sayangnya, pada dua kesempatan itu juga ia selalu gagal keluar sebagai juara. 

 

Itulah lima pemain dengan gol terbanyak di Liga Champions yang berasal dari Jerman. Thomas Muller masih berpotensi menambah angka golnya seiring dominasi Bayern di ajang ini dan kariernya yang masih cukup panjang. Saat ini potensi-potensi pemain asal Jerman pun membanjiri Eropa dan mereka berpotensi mematahkan rekor pemain di atas.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Bernama Depan 'Michael', Owen Hingga Ballack

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya