5 Pemain yang Direkrut Barcelona bersama Luis Suarez dan Nasibnya Kini

Musim perdananya sukses berbuah treble winners

Musim panas 2014 adalah salah satu momen bersejarah di Barcelona. Itu adalah tahun pertama era kepresidenan Josep Maria Bartomeu. Dia menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih klub dan menggelontorkan dana besar untuk mendatangkan banyak pemain baru.

Rekor pemain termahal musim itu adalah Luis Suarez. Dia didatangkan dari Liverpool seharga 81,7 juta euro atau Rp1,2 triliun dan menjadi salah satu pembelian terbaik klub. Musim itu  terbukti sukses besar dengan Barcelona meraih treble winner. Berikut ini lima pemain lain yang didatangkan Barcelona bersama Luis Suarez dan kabarnya kini.

1. Ivan Rakitic

5 Pemain yang Direkrut Barcelona bersama Luis Suarez dan Nasibnya KiniIvan Rakitic (fcbarcelona.com)

Selain Luis Suarez, Ivan Rakitic menjadi pembelian tersukses musim tersebut. Dia diboyong dari Sevilla dan diplot sebagai penerus peran Xavi. Kehadirannya memberikan warna barudan menjadi kunci keseimbangan tim di lini tengah. Dia bertahan selama enam tahun dan tampil dalam 300 laga lebih.

Dia adalah bagian penting klub meraih 4 gelar LaLiga, 1 Liga Champions, dan 4 Copa del Rey. Kehadiran Ronald Koeman mengubah segalanya. Para pemain yang dinilai telah dimakan usia terbuang. Selain Luis Suarez, Ivan Rakitic pun pergi dan memilih kembali ke Sevilla.

2. Claudio Bravo

5 Pemain yang Direkrut Barcelona bersama Luis Suarez dan Nasibnya KiniClaudio Bravo (fcbarcelona.com)

Pada musim 2014/2015 Barcelona mendatangkan dua kiper baru sekaligus dan salah satunya Claudio Bravo. Dia tampil apik bersama Timnas Chile dengan mempersembahkan gelar Copa America. Bravo diboyong dari Real Sociedad dengan harga 12 juta euro atau Rp187 miliar.

Dia harus bersaing dengan ter Stegen untuk mendapatkan tempat utama. Bravo mencatatkan 75 laga bagi Blaugrana sebelum akhirnya berstatus kiper kedua. Pada musim panas 2016 dia dilepas ke Manchester City senilai 16 juta euro atau Rp250 miliar.

Sempat menjadi kiper utama, dia kemudian tersingkir kembali sejak kedatangan Ederson. Bravo pun kembali ke LaLiga pada 2020 lalu untuk bergabung dengan Real Betis setelah pergi dengan status free transfer. Sang kiper masih aktif bermain sampai saat ini.

Baca Juga: 5 Kemenangan Terbesar Manchester City di Derbi Manchester pada Abad 21

3. Jeremy Mathieu

5 Pemain yang Direkrut Barcelona bersama Luis Suarez dan Nasibnya KiniJeremy Mathieu (fcbarcelona.com)

Barcelona memboyong Jeremy Mathieu dari Valencia seharga 20 juta euro atau Rp312 miliar. Perekrutan ini sempat dikritik karena usianya sudah berkepala tiga dan gaya bermainnya yang kaku. Dia diplot sebagai pengganti Javier Mascherano sebagai pendamping Gerard Pique di lini pertahanan.

Pemain asal Prancis ini bertahan selama tiga musim dengan tampil dalam 91 laga. Pada 2017 dia pergi secara gratis ke Sporting Lisbon sebelum memutuskan gantung sepatu pada musim panas 2020.

4. Marc-Andre ter Stegen

5 Pemain yang Direkrut Barcelona bersama Luis Suarez dan Nasibnya KiniMarc-Andre ter Stegen (twitter.com/mterstegen1)

Selain Claudio Bravo, Marc-Andre ter Stegen menjadi kiper lainnya yang didatangkan pada musim panas 2014. Kala itu dia sedang naik daun bersama Monchengladbach. Ter Stegen didatangkan hanya dengan mahar 12 juta euro atau Rp187 miliar saja pada usia 22 tahun. 

Pada musim perdananya dia bergantian tampil menjaga mistar gawang Barcelona. Bravo tampil di LaLiga, sedangkan ter Stegen di Liga Champions dan Copa del Rey. Musim perdananya pun sangat fanstastis dengan Barcelona meraih treble winner. Saat ini dia masih aktif sebagai kiper utama klub dengan torehan 313 pertandingan.

5. Thomas Vermaelen

5 Pemain yang Direkrut Barcelona bersama Luis Suarez dan Nasibnya KiniThomas Vermaelen (fcbarcelona.com)

Thomas Vermaelen menjadi tembok kokoh lini pertahanan Arsenal ketika didatangkan pada 2009. Namun, performa bek asal Belgia itu menurun pada musim terakhirnya akibat cedera. Kondisi membuat The Gunners akhirnya berani melepasnya ke Barcelona pada musim panas 2017 seharga 15 juta euro atau Rp234 miliar.

Ironis bagi Barcelona, pembelian ini terbilang gagal total. Vermaelen lebih sering duduk di kursi perawatan. Pada musim 2014/2015, dia bahkan hanya tampil selama 66 menit saja. Selama lima musim di klub dia hanya tampil dalam 53 laga. Pada 2019 dia pun dilepas gratis ke Visse Kobe dan baru saja gantung sepatu pada Januari 2022.

 

Bursa transfer musim 2014/2015 adalah salah satu yang terbaik dalam sejarah Barcelona. Luis Suarez, Ivan Rakitic dan Marc Andre ter Stegen menjadi bagian inti klub dalam waktu yang cukup panjang dan telah mempersembahkan banyak gelar bergengsi. Kini, pemain yang masih bertahan hanyalah sang kiper, ter Stegen.

Baca Juga: 10 Fakta Memphis Depay, Penyerang Tajam Milik Barcelona

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya