5 Pemain Terakhir Barcelona yang Dilepas ke Premier League

Coutinho dipinjamkan dengan opsi permanen

Barcelona kerap dilanda krisis belakangan ini. Salah satunya krisis finansial yang mengharuskan mereka melepas pemainnya. Barcelona umumnya melepas pemain ke Premier League dalam dua musim terakhir

1. Nelson Semedo

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Dilepas ke Premier LeagueNelson Semedo (premierleague.com)

Barcelona memboyong Nelson Semedo dari Benfica pada 2017 seharga 35 juta euro atau sekitar Rp569 miliar. Bek kanan asal Portugal itu tampil cukup apik dengan mencatatkan 124 pertandingan.

Semedo bertahan selama 3 musim sebelum dilepas ke  Wolverhamtpon Wanderers dengan harga 32 juta euro atau sekitar Rp520 miliar. Sebagai pengantinya, Barcelona memboyong Sergino Dest dari Ajax.

Semedo sendiri memperkuat aroma pemain Portugal di Wolverhampton kala itu. Ia menjadi andalan utama di posisi bek kanan Wolves yang kini berada di peringkat ke-8 Premier League.

2. Francisco Trincao

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Dilepas ke Premier LeagueFrancisco Trincao (fcbarcelonanoticias.com)

Pada musim panas 2021, aroma Portugal di Wolves makin kental dengan bergabungnya Francisco Trincao dari Barcelona. Ia dilepas dengan status pinjaman selama semusim dengan opsi permanen.

Trincao memiliki harga 29 juta euro atau sekitar Rp471 miliar. Pemain 21 tahun ini sendiri direkrut Barcelona pada 2020 dari Braga dengan harga 31 juta euro atau sekitar Rp504 miliar.

Sayangnya, Trincao kurang mendapat kesempatan bermain pada era Ronaldo Koeman. Pemain berposisi sayap kanan ini mencatatkan 42 laga dengan menorehkan 3 gol dan 2 assist untuk Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Dilepas Atalanta ke Premier League

3. Junior Firpo

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Dilepas ke Premier LeagueJunior Firpo (twitter.com/JuniorFirpo03)

Junior Firpo datang ke Barcelona pada 2019 dari Real Betis dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp325 miliar. Sayangnya, ia tidak bertahan lama karena kesulitan menembus tim utama.

Firpo kalah bersaing dengan bek senior sekelas Jordi Alba. Ia pun dilepas ke Leeds United pada musim panas 2021 dengan harga 15 juta euro.

Meski harganya menurun, Barcelona memiliki klausul untuk mendapatkan keuntungan 20 persen jika Leeds menjualnya pada masa mendatang. Pada 2021/2022, Leeds harus berjuang di papan bawah dengan menempati peringkat ke-16.

4. Emerson Royal

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Dilepas ke Premier LeagueEmerson Royal (twitter.com/Spurs_PT)

Barcelona memboyong Emerson Royal pada 2019 dari klub Brasil, Atletico Miniero seharga 12 juta euro. Anehnya, sebulan kemudian ia dilepas ke Real Betis dengan harga 6 juta euro saja.

Emerson diboyong kembali pada musim panas 2021 seharga 14 juta euro atau sekitar Rp227 miliar. Sebulan setelah dibeli kembali, Barcelona melepasnya ke Tottenham Hotspur seharga 25 juta euro atau sekitar Rp406 miliar.

Pemain asal Brasil ini hanya tampil sebanyak tiga kali bagi Barcelona. Ia sempat mengungkapkan rasa sakit hatinya karena diperlakukan seperti barang oleh Barcelona.

5. Philippe Coutinho

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Dilepas ke Premier LeaguePhilippe Coutinho (twitter.com/AVFCOfficial)

Setelah kesulitan melepas Philippe Coutinho, Barcelona akhirnya melego sang pemain ke Aston Villa pada Januari 2022. Ia dilepas dengan status pinjaman dengan opsi permanen pada akhir musim.

Aston Villa sendiri bakal menanggung 70 persen gaji sang pemain. Coutinho pun bisa bereuni dengan mantan rekannya, Steven Gerrard, yang kini menjadi pelatih Aston Villa.

Coutinho sendiri merupakan pemain termahal yang pernah diboyong Barcelona. Sayangnya, performanya sangat mengecewakan. Namun, Premier League bukan kompetisi asing bagi pemain asal Brasil ini. Ia pernah bersinar bersama Liverpool dan akan berusaha melakukannya lagi bersama Aston Villa.

Pemain-pemain di atas sebenarnya cukup menarik. Mereka sama-sama dilepas karena masalah finansial. Akankah Barcelona bisa keluar dari masalahnya setelah merelakan kepergian para pemain ini?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dilepas RB Leipzig ke Klub Premier League

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya