5 Pemain Belanda dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Premier League

Ruud van Nistelrooy hingga Robin van Persie

Dalam sejarahnya, Premier League merupakan tempat yang tak asing untuk pemain-pemain asal Belanda. Gaya bermain mereka yang cepat memang dinilai cocok dengan filosofi sepak bola Inggris.

Banyak pemain bintang Belanda bersinar di kompetisi ini. Berikut adalah lima pemain asal Belanda dengan jumlah gol terbanyak di Premier League.

1. Robin van Persie - 144 Gol

5 Pemain Belanda dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguemanutd.com

Robin van Persie bergabung dengan Arsenal pada tahun 2004 usai diboyong dari Feyenoord dengan harga 4,5 juta euro. Dia menghabiskan 8 musim berseragam The Gunners dan hanya mampu mempersembahkan 1 FA Cup dan 2 Community Shield. Pada 2012 dia hengkang ke klub rival, Manchester United, demi meraih gelar bergengsi.

Meski penuh kontroversi, keputusan itu terbukti tepat karena di musim perdananya dia sukses memberikan gelar Premier League dan menjadi top skor dengan 26 gol. Dia bertahan selama 3 musim di Old Trafford sebelum dilepas ke Fenerbahce. Van Persie total mencetak 144 gol dari 280 laga dan menjadikannya pemain Belanda dengan gol terbanyak di Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain yang di Luar Dugaan Dijual Arsenal, Ada Robin Van Persie!

2. Jimmy Floyd Hasselbaink - 126 Gol

5 Pemain Belanda dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguefootball.london

Jimmy Floyd Hasselbaink dikenal sebagai salah satu striker paling haus gol ketika berkostum Chelsea pada medio 2000--2004. Dia mencetak 88 gol dari 177 laga di semua ajang. Sepanjang kariernya, dia pun pernah berkostum klub Inggris lainnya, seperti Leeds United, Middlesbrough, Chartlon, dan Cardiff City sebelum gantung sepatu pada 2008.

Sepanjang waktu tersebut, sang striker telah mencetak 128 gol dari 288 laga Premier League.

3. Ruud van Nistelrooy - 95 Gol

5 Pemain Belanda dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguemanutd.com

Ruud van Nistelrooy bergabung dengan Manchester United pada 2001 dengan harga 28,5 juta euro setelah memukau bersama PSV Eindhoven. Di musim perdananya dia langsung moncer dengan menjadi top skor Liga Champions dengan 10 gol. Musim selanjutnya performanya semakin menggila dengan persembahan trofi Premier League dan menjadi top skor dengan 25 gol.

Lima musim berseragam Setan Merah, Nistelrooy menorehkan 95 gol dari 150 laga Premier League. Pada 2006 dia hengkang ke Real Madrid dengan harga 15 juta euro. 

4. Dennis Bergkamp - 87 Gol

5 Pemain Belanda dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguepremierleague.com

Dennis Bergkamp adalah salah satu legenda Arsenal yang tidak hanya terampil mencetak gol, tetapi juga jago dalam memberikan assist. Dia menghabiskan kariernya di Arsenal selama 11 musim sebelum gantung sepatu pada 2006 dengan torehan 110 gol dan 90 assist dari 404 laga di semua ajang.

87 gol di antarannya dia cetak di ajang Premier League dengan persembahan 3 trofi  Premier League, termasuk rekor the invicible pada musim 2003/2004 yang belum terpecahkan hingga saat ini.

5. Dirk Kuyt - 51 Gol

5 Pemain Belanda dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguethisisanfield.com

Dirk Kuyt berlabuh di Anfield pada tahun 2006 usai diboyong dari Feynoord dengan harga 18 juta euro. Dia menghabiskan 6 musim berseragam Liverpool dengan torehan 51 gol dari 208 laga Premier League. Selama kurun waktu tersebut dia hanya mampu mempersembahkan 1 Piala Liga dan 1 Community Shield.

Kuyt sempat kembali ke Feynoord pada 2015 sebelum gantung sepatu pada 2017 dan kembali bermain musim selanjutnya untuk Quick Boys. Namun, di akhir musim 2018 dia akhirnya memutuskan untukk gantung sepatu selamanya.

 

Pemain asal Belanda memiliki ikatan tersendiri dengan Premier League. Bahkan, hingga saat ini sudah banyak pemain asal Negeri Kincir Angin itu tampil di Premier League. Gaya bermain mereka yang cepat dan penuh energi memang dinilai tepat dengan atmosfer Premier League. Tak mengherankan jika mereka sukses dan berdampak besar bagi klub yang dibelanya.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Paling Bersinar dalam Sejarah AC Milan, Ada Idolamu?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya