5 Pemain yang Bersinar di Luar 5 Liga Top Eropa Musim Ini, Potensial!

Bakal jadi incaran klub-klub besar, nih

Kompetisi di Eropa dianggap sebagai kiblatnya sepak bola. Persaingan yang kompetitif, gaji yang tinggi dan antusias yang fantastis begitu sangat terasa. Inggris, Spanyol, Italia, Prancis dan Jerman dinilai sebagai lima liga top yang menjadi impian banyak pemain untuk berkarier.

Namun pemain bintang tak selalu terlahir dari kompetisi top. Musim ini beberapa pemain potensial menarik perhatian publik lewat performanya dan mereka berasal dari luar kompetisi tersebut. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Donyell Malen 

5 Pemain yang Bersinar di Luar 5 Liga Top Eropa Musim Ini, Potensial!Donyell Malen (si.com)

Pemain muda PSV Eindhoven, Donyell Malen, adalah salah satu pemain nomor 9 terbaik di sepak bola Eropa di luar 5 liga top Eropa. Malen memiliki rekor mencetak gol yang produktif di Eredivisie sejak kedatangannya di jendela transfer musim panas 2017 dari Arsenal. Pemain berusia 22 tahun itu awalnya mewakili tim cadangan PSV di divisi kedua sepak bola Belanda, tetapi mendapatkan promosi ke tim utama sebelum akhir musim 2017/18.

Dalam dua musim terakhir Malen di liga Belanda dan Eropa, ia telah mengumpulkan 38 gol dan 10 assist dari 58 penampilan. Musim ini sendiri dia berhasil mencatatkan 27 gol dan 10 assist dari 45 pertandingan. Dortmund kini dikabarkan tertarik untuk memboyong talenta muda PSV tersebut.

2. Odsonne Édouard

5 Pemain yang Bersinar di Luar 5 Liga Top Eropa Musim Ini, Potensial!Odsonne Édouard (skysports.com)

Odsonne Edouard telah membuat panggung sepak bola Skotlandia terpana dengan meraih Sepatu Emas berturut-turut dalam dua musim terakhir di Premier League Skotlandia. Setelah dipinjamkan ke Toulouse dan Celtic, lulusan akademi PSG itu pindah permanen ke Celtic Park pada 2018.

Edouard mencetak 23 gol di semua kompetisi pada musim penuh pertamanya di Skotlandia. Musim ini performanya pun semakin matang. Pemain berusia 23 tahun itu mencetak 22 gol dan 6 assist dari 40 laga di semua ajang. Arsenal dan Leicester City kini dikabarkan mencoba untuk membajaknya dari Celtic.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Potensial Italia yang Tampil Apik Musim Ini, Siapa Saja?

3. Pizzi

5 Pemain yang Bersinar di Luar 5 Liga Top Eropa Musim Ini, Potensial!Pizzi (slbenfica.pt)

Pizzi memang tak muda lagi di usianya yang telah menginjak 31 tahun. Seperti wine, dia justru semakin bersinar di usia matangnya itu. Pemain asal Portugal itu dianggap sebagai salah satu pemain paling berbakat lewat peran ganda yang bisa ia mainkan, gelandang dan penyerang.

Sempat dipinjamkan di awal kariernya di Benfica, Pizzi langsung menjadi andalan saat kembali pada tahun 2014. Di musim pertamanya kembali, dia terlibat langsung dalam 9 gol (2 gol, 7 assist) saat menjuarai Liga Primeira 2014/15 bersama Benfica. Ia menjadi andalan Eagles yang meraih 4 gelar juara liga dalam kurun waktu 2014 hingga 2019.

Musim ini ia pun tetap tampil luar biasa di Liga Europa yang baru saja berakhir, dengan keterlibatan langsung dalam 9 gol (7 gol, 2 assist) dari 8 penampilan.

4. Nicolás Tagliafico

5 Pemain yang Bersinar di Luar 5 Liga Top Eropa Musim Ini, Potensial!Nicolás Tagliafico (goal.com)

Nicolas Tagliafico saat ini adalah salah satu bek sayap terbaik di sepak bola Eropa. Bek kiri ini banyak dikaitkan dengan kepindahannya ke Chelsea, Manchester City dan Leicester City. Tagliafico memiliki salah satu musim terbaiknya di 2018/19 di mana ia memainkan peran penting dalam perjalanan Ajax ke semifinal Liga Champions.

Di musim ini, pemain internasional Argentina itu menikmati musim paling produktifnya di Eredivisie dengan 3 gol dan 4 assist atas namanya. Dia juga berkontribusi besar dalam 12 clean sheet Ajax di musim ini; dengan timnya hanya kebobolan 29 gol dalam 40 pertandingan.

5. Patson Daka

5 Pemain yang Bersinar di Luar 5 Liga Top Eropa Musim Ini, Potensial!Patson Daka (goal.com)

Patson Daka adalah sosok yang menggantikan peran Erling Haaland di lini serang RB Salzburg. Hebatnya, dia mampu menjadi pengganti yang sepadan dan menjadi striker terbaik di Bundesliga Austria musim ini. Pemain berusia 22 tahun itu menjadi top skor dengan mencetak 27 gol dari 28 pertandingan, unggul 10 gol dari runner up, Dejan Joveljić.

Lewat performa impresifnya itu, banyak klub raksasa Eropa mulai mendekatinya. West Ham, Liverpool dan Arsenal saling bersaing mendapatkan jasanya. Nilai pasarnya sendiri saat ini berada di angka 20 juta euro atau sekitar Rp348 miliar.

 

Setiap tahunnya selalu ada pemain-pemain penuh potensi yang bersinar dan memikat klub-klub raksasa Eropa. Uniknya, para calon bintang ini kerap terlahir dari klub-klub kuda hitam yang bermain di luar liga top Eropa. Deretan pemain di atas berhasil menarik panggung sepak bola Eropa dan patut ditunggu performa mereka di masa depan.

Baca Juga: 10 Pemain Sepak Bola Top Ini Berasal dari Keluarga yang Kaya

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya