7 Pemain Bertahan Paling Subur Sepanjang Masa, Koeman hingga Ramos

Gak kalah tajam dari striker hebat!

Dalam sepak bola, tugas mencetak gol sejatinya dibebankan pada seorang striker. Sedangkan seorang bek bertugas menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Namun dalam sejarahnya, selalu terdapat seorang bek yang tampil sangat luar biasa, memiliki dua kualitas penting tersebut.

Apalagi di era sepak bola modern, di mana mencetak gol bisa jadi tugas siapapun. Nah, berikut ini adalah lima bek terbaik yang mampu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Siapa saja?

1. Ronald Koeman (253 gol)  

7 Pemain Bertahan Paling Subur Sepanjang Masa, Koeman hingga Ramosmarca.com

Ronald Koeman saat ini bertugas sebagai pelatih Barcelona. Tapi tahukah kamu jika ia pun pernah membela Blaugrana ketika masih aktif sebagai seorang pemain?

Berposisi sebagai bek, ia dikenal sangat produktif dalam mencetak gol melalui tendangan bebas. Golnya ke gawang Sampdoria di final Liga Champions 1992 menjadi yang paling ikonik.

Tak hanya indah, tetapi juga memberikan Barcelona gelar pertama di ajang tersebut. Sepanjang kariernya sebagai pemain ia pernah membela beberapa klub seperti Groningen, Ajax, PSV, Barcelona dan Feyenoord.

Total, ia berhasil mengoleksi 253 gol. Ketika masih berkostum PSV, ia pernah mencetak 26 gol hanya dalam satu musim. Luar biasa bukan?

2. Daniel Passarella (175 gol)  

7 Pemain Bertahan Paling Subur Sepanjang Masa, Koeman hingga Ramostwitter.com/OptaJoe

Daniel Passarella dianggap sebagai bek terbaik Argentina sepanjang sejarah. Label itu memang sangat layak disematkan kepadanya. Apalagi dia sukses mengantarkan timnas Tango meraih dua gelar Piala Dunia, yakni tahun 1978 dan 1986.

Tak hanya kuat menjaga pertahanan, ia juga sangat tajam dalam mencetak gol dengan koleksi 175 gol. Sepanjang kariernya, Passarella hanya membela tiga klub, yaitu River Plate, Inter Milan, dan Firorentina.

Baca Juga: Solid! Inilah 5 Bek Termahal Saat Ini

3. Fernando Hierro (163 gol)  

7 Pemain Bertahan Paling Subur Sepanjang Masa, Koeman hingga Ramosgoal.com

Sebelum ada Sergio Ramos, Real Madrid memiliki bek tangguh dalam diri seorang Fernando Hierro. Ia membela El Real selama 14 musim dengan mempersembahkan tiga gelar Liga Champions dan lima gelar La Liga.

Tak hanya bertabur trofi, ia juga sangat produktif dalam mencetak gol. Di level klub ia mencetak 134 gol dari 587 penampilan, sedangkan untuk timnas Spanyol, ia mengoleksi 29 gol dari 89 laga.

4. Laurent Blanc (153 gol)  

7 Pemain Bertahan Paling Subur Sepanjang Masa, Koeman hingga Ramosbuzz.ie

Ketika masih aktif sebagai pemain, Laurent Blanc merupakan pemain yang sering berganti-ganti klub. Ia tercatat pernah membela Montpellier, Auxerre, Napoli, Saint-Étienne, Barcelona, Marseille, Inter Milan, dan Manchester United.

Dia berhasil memenangkan banyak gelar seperti Premier League, Copa del Rey, Super Copa de Espana, juga Piala Dunia bersama timnas Perancis. Sebagai seorang bek, ia juga sangat produktif sepanjang kariernya tersebut dengan koleksi 153 gol.

5. Graham Alexander (130 gol)  

7 Pemain Bertahan Paling Subur Sepanjang Masa, Koeman hingga Ramostwitter.com/BurnleyOfficial

Graham Alexander mungkin bukan nama besar di antara bek paling produktif lainnya. Dia sebagian besar menghabiskan kariernya di kasta kedua Inggris dengan membela klub-klub kecil seperti Luton dan Preston.

Namun, namanya masuk dalam sejarah karena kemampuannya mencetak gol, meskipun berposisi sebagai pemain belakang. Pemain asal Skotlandia tersebut mampu mengoleksi 130 gol. Dia sendiri sudah gantung sepatu pada tahun 2012 lalu bersama Preston.

6. Sergio Ramos (127 gol)

7 Pemain Bertahan Paling Subur Sepanjang Masa, Koeman hingga Ramostwitter.com/realmadrid

Sergio Ramos merupakan satu-satunya bek yang masih aktif dalam daftar ini. Dia diboyong dari Sevilla pada 2005 silam dan bertransformasi menjadi salah satu bek terbaik dunia.

Ini terlukis jelas dalam koleksi gelarnya, yaitu empat gelar Liga Champions, lima gelar La Liga, tiga UEFA Super Cup dan empat Piala Dunia Antar Klub. Tak hanya itu, ia juga menjadi bagian penting timnas Spanyol ketika menjuarai Piala Dunia 2010, Euro 2009 dan 2012.

Kehebatannya tak berhenti di situ, karena ia pun memiliki catatan gol yang sangat luar biasa dengan 127 gol. Tak hanya lewat sundulan, ia juga mahir dalam eksekusi penalti dan free kick.

7. Steve Bruce (113 gol) 

7 Pemain Bertahan Paling Subur Sepanjang Masa, Koeman hingga Ramosmanutd.com

Steve Bruce merupakan salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki Manchester United di era Sir Alex Ferguson. Ia membela The Red Devils pada medio 1987 hingga 1996. Sepanjang itu, ia sukses mempersembahkan tiga gelar Premier League, tiga tiga FA Cup dan satu UEFA Super Cup.

Catatan golnya pun luar biasa dengan 113 gol sepanjang kariernya sebagai pemain. Musim terbaiknya terjadi pada musim 1990/1991 ketika mencetak 19 gol dalam satu musim. Selain berkostum MU, ia juga sempat membela Norwich City, Birmingham, dan Sheffield United.

 

Itulah deretan bek-bek terbaik yang memiliki catatan gol sangat produktif. Tidak hanya kokoh menjaga pertahanan, naluri mencetak golnya pun sangat impresif. Tidak mengherankan jika mereka juga mampu memberikan gelar bergengsi untuk tim yang dibela.

Baca Juga: 10 Bek yang Catatkan Nilai Transfer Tertinggi Hingga Kini, Fantastis!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya