5 Pemain Bintang yang Dilepas Manchester United secara Gratis

Mungkinkah Pogba selanjutnya?

Manchester United merupakan klub tersukses Inggris dengan koleksi 20 gelar Premier League. Tidak hanya itu, Setan Merah juga adalah salah satu klub terkaya di dunia. Tidak mengherankan jika klub ini menjadi destinasi bagi pemain-pemain bintang dunia. Nama-nama top seperti David Beckham, Cristiano Ronaldo, hingga Paul Pogba bersinar untuk klub ini.

Namun, nama terakhir menjadi polemik usai kontraknya hanya tersisa satu tahun lagi dan dikabarkan menolak untuk perpanjangan kontrak. Hal ini memungkinkan sang pemain akan pergi dengan gratis musim depan. Jika benar terjadi, Pogba akan mengikuti deretan pemain berikut yang hengkang dari MU secara gratis.

1. Rio Ferdinand

5 Pemain Bintang yang Dilepas Manchester United secara GratisRio Ferdinand ketika membela Manchester United. (skysports.com)

Pada tahun 2002 Rio Ferdinand memecahan rekor bek termahal dunia ketika diboyong MU sebesar 30 juta euro paun dari Leeds United. Harga itu dinilai sepadan dengan kontribusi yang diberikan sang bek. Dia tampil dalam 454 laga dengan persembahan 6 trofi Premier  League, 1 Liga Champions, dan 2 Piala Liga.

Duetnya bersama Nemanja Vidic menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Namun, pada 2014 dia meninggalkan klub usai gagal menerima tawaran kontrak baru dari klub dan hijrah ke QPR usai 12 tahun bersama Setan Merah.

2. Nemanja Vidic

5 Pemain Bintang yang Dilepas Manchester United secara GratisNemanja Vidic (goal.com)

Nemanja Vidic direkrut Sir Alex Ferguson pada tahun 2006 dari klub Rusia, Dynamo Moscow. Dia menjadi duet ideal bagi Ferdinand kala itu dan mempersembahkan banyak gelar bergengsi. Vidic tampil dalam 300 laga bersama Setan Merah selama 8 tahun di Old Trafford. Dia sukses mempersembahkan 5 gelar Premier League dan 1 Liga Champions.

Seperti Rio Ferdinand, kontraknya habis pada 2014 dan tidak diperpanjang klub. Bek asal Serbia itu pun hijrah ke Serie A untuk bergabung dengan Inter Milan.

Baca Juga: Raih Piala Dunia, 7 Pemain Ini Akhirnya Gabung Manchester United

3. Wayne Rooney

5 Pemain Bintang yang Dilepas Manchester United secara GratisWayne Rooney (goal.com)

Wayne Rooney merupakan top skor sepanjang masa klub. Dia bergabung dengan Manchester United sejak 2004 dari Everton. Dia mengoleksi 253 gol dan 146 assist dari 559 pertandingan di semua ajang. Selama 13 tahun kariernya di Old Trafford, dia sukses memberikan 5 gelar Premier League, 1 Liga Champions, 1 Europa League, dan 1 FA Cup.

Namun, kehadiran Jose Mourinho sebagai pelatih baru mengakhiri kariernya bersama MU. Setan Merah mengizinkannya untuk pergi pada 2017 ketika Rooney memilih kembali ke klub masa kecilnya, Everton.

4. Roy Keane

5 Pemain Bintang yang Dilepas Manchester United secara GratisRoy Keane (caughtoffside.com)

Roy Keane merupakan salah satu pemain kunci sekaligus kapten MU pada periode 1997--2005. Dia diboyong Setan Merah dari Nottingham Forrest pada 2013 dan menjadi bagian dari generasi emas Sir Alex Ferguson. Keane sukses mempersembahkan 7 gelar Premier League dan 1 trofi Liga Champions.

Dia merupakan sosok pemain yang keras dan tempramental di  dalam dan luar lapangan. Hal ini yang kemudian membuat kariernya di MU pun harus berakhir. Sang pemain diputus kontraknya setelah berselisih dengan Sir Alex Ferguson.

5. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Bintang yang Dilepas Manchester United secara GratisZlatan Ibrahimovic (as.com)

Zlatan Ibrahimovic memang hanya sebentar berkostum Manchester United, tetapi dia memberikan dampak yang signifikan. Di musim perdananya pada tahun 2016 dia sukses mencetak 27 gol di semua ajang. Tak hanya itu, dia membantu MU meraih gelar Piala Liga, Community Shield, dan Europa League.

Meski demikian, cedera parah membuat MU melepasnya pada 2018 ke klub MLS, LA Galaxy. Di sana karier Ibra tak berhenti dan terus bersinar meski usianya tak lagi muda. Saat ini dia bahkan menjadi kunci AC Milan di usianya yang ke-39 tahun.

 

Itulah deretan pemain bintang Manchester United yang meninggalkan Old Trafford secara gratis. Musim depan, Setan Merah pun terancam kehilangan bintang lainnya, Paul Pogba, yang kontraknya akan berakhir pada tahun 2022. Sang pemain dikaitkan dengan kepindahannya ke Real Madrid.

Baca Juga: 7 Pemain yang Pernah Berkarier di 4 Liga Top Eropa, Ada Ibrahimovic!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya