Comscore Tracker

5 Pemain Bintang yang Ditolak Glazer untuk Didatangkan Man United

David Villa hingga Sergio Aguero

Manchester United adalah salah satu klub sepak bola paling populer dan menguntungkan di dunia. Malcolm Glazer kemudian mengakuisisi kepemilikannya dalam pengambilalihan secara bertahap saham MU antara tahun 2003 dan 2005. Pengambilalihan oleh Glazer diprotes oleh sebagian besar penggemar United karena masalah keuangan.

Setelah kematian Glazer pada 2014, keluarganya memiliki 90 persen saham di klub yang dibagi rata di antara enam anak Glazer. Fans MU kerap mengkritik model 'Glazernomics' dalam menjalankan klub, dengan keluhan serius tentang utang klub dan kurangnya pengeluaran untuk mendatangkan pemain bintang.

Sepanjang di tangan mereka, keluarga Glazer telah menolak untuk mendatangkan 5 pemain bintang ini karena perihal uang. Ini ulasannya!

1. David Villa

5 Pemain Bintang yang Ditolak Glazer untuk Didatangkan Man UnitedDavid Villa (valenciacf.com)

David Villa adalah top skorer sepanjang masa Spanyol, yang menghabiskan tahun-tahun terbaiknya di Valencia, dan meskipun menjadi mesin gol untuk klub dan negara, ia tetap di Mestalla selama lima musim. Sang striker kala itu sangat diinginkan oleh Sir Alex Fergusson karena gaya bermainnya yang ideal menurutnya.

Valencia sendiri meminta harga 40 juta euro atau sekitar Rp690 miliar. Namun MU meminta harga lebih rendah karena kala itu mereka memiliki masalah finansial usai dililit utang hingga 700 juta euro. Padahal MU sendiri memiliki modal dari penjualan Cristiano Ronaldo ke Real Madrid. Villa akhirnya bergabung dengan Barcelona dengan harga 40 juta euro pada 2010, ironisnya dia pun mencetak gol melawan United di Wembley di final Liga Champions 2011.

2. Wesley Sneijder

5 Pemain Bintang yang Ditolak Glazer untuk Didatangkan Man UnitedWesley Sneijder (bleacherreport.com)

Setelah tersingkir dari skuad utama Real Madrid, Sneijder bergabung dengan Inter Milan pada tahun 2009 dan menjadi salah satu gelandang serang terbaik di dunia. Di musim perdananya, dia sukses persembahkan treble winner bagi Nerrazurri di bawah asuhan Jose Mourinho.

Mantan pemain internasional Belanda itu sering dikaitkan dengan kepindahannya ke Old Trafford dan bahkan mengakui bahwa dia telah mengadakan pembicaraan personal dengan klub pada tahun 2011. Tetapi kesepakatan gagal terwujud karena United dilaporkan menolak harga yang diminta Inter sebesar 35 juta paun atau sekitar Rp705 miliar. 

Baca Juga: 7 Transfer Terburuk Manchester United Era Alex Ferguson, Siapa Saja?

3. Mesut Ozil

5 Pemain Bintang yang Ditolak Glazer untuk Didatangkan Man UnitedMesut Ozil (sportsmole.co.uk)

Sir Alex Ferguson terlihat menonton permainan Ozil kala Werder Bremen melawan Fulham dalam pertandingan persahabatan pra-musim setelah gelandang serang itu menjadi salah satu bintang Piala Dunia 2010. Manchester United mempertimbangkan untuk memboyong Mesut Ozil asalkan Sir Alex Ferguson dapat meyakinkan pemilik klub. Werder Bremen hanya meminta 13,5 juta paun atau sekitar Rp232 miliar kala itu.

Ferguson tampaknya tidak mampu meyakinkan keluarga Glazer, sehingga Ozil pun akhirnya bergabung dengan Real Madrid dan bertransformasi menjadi salah satu gelandang terbaik dunia.

4. Sergio Aguero

5 Pemain Bintang yang Ditolak Glazer untuk Didatangkan Man UnitedSergio Aguero (goal.com)

Sergio Aguero memiliki reputasi sebagai salah satu bintang sepak bola Eropa yang sedang naik daun selama waktunya sebagai wonderkid yang produktif di Atletico Madrid. Manchester United tertarik untuk memboyongnya kala itu. Agen sang pemain meminta harga 35 juta paun kala itu atau sekitar Rp705 miliar.

“Agennya menuntut harga yang tidak siap kami bayar,” tulis Ferguson dalam buku biografinya Leading: Lessons in leadership. Pemain Argentina itu kemudian menyelesaikan transfer senilai 38 juta paun atau sekitar Rp766 miliar ke klub tetangga, Manchester City. Satu dekade di Etihad Stadium, Aguero menjadi legenda sebagai top skorer sepanjang masa klub dan persembahkan 5 gelar Premier League.

5. Eden Hazard

5 Pemain Bintang yang Ditolak Glazer untuk Didatangkan Man UnitedEden Hazard (skysports.com)

Setelah tampil bersinar bersama Lille, Hazard menjadi salah satu pemain paling dicari di Eropa dan dikaitkan dengan Manchester United dan Manchester City. Namun Chelsea ikuti perburuan dengan memberikan tawaran harga lebih tinggi. Sedangkan Setan Merah tidak mau menandingi tawaran harga tersebut.

Hazard pun kemudian berlabuh ke Stamford Bridge dengan harga 35 juta euro atau sekitar Rp606 miliar, dan bertransformasi menjadi salah satu gelandang terbaik Premier League selama 7 musim berkostum The Blues dengan persembahan 2 gelar Premier League.

Sedekade terakhir Manchester United mulai mengalami kemunduran baik di kompetisi Eropa maupun Premier League. Terakhir kali meraih gelar Premier League terjadi pada musim 2012/2013. Salah satu sebabnya adalah kurang kompetitifnya mereka di bursa transfer. Kondisi ini pun kerap dikritisi oleh fans yang mulai hilang kesaabran.

Baca Juga: 5 Gelandang Terbaik yang Dimiliki Manchester United Sepanjang Sejarah

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya