5 Pemain Bintang yang Ternyata Pernah Membela AS Monaco, Ada Trezeguet

Jagoan timnas Prancis di Piala Dunia 1998

Dalam sejarah Ligue 1, AS Monaco merupakan salah satu klub tersukses di Prancis dengan mengoleksi delapan gelar, hanya kalah dua trofi dari AS Saint-Étienne sebagai juara terbanyak. Tak hanya itu, mereka pun dikenal sebagai klub yang mampu melahirkan para calon bintang besar.

Kylian Mbappe, Bernardo Silva, James Rodriguez dan Anthony Martial menjadi salah satunya, yang kemudian dilepas dengan harga tinggi. Namun, tidak banyak yang tahu jika AS Monaco juga sempat dibela banyak bintang top sejak lama. Berikut ini lima di antaranya.

1. Thiery Henry

5 Pemain Bintang yang Ternyata Pernah Membela AS Monaco, Ada Trezeguetasmonaco.com

Selain Kylian Mbappe, pemain terbaik dunia lainnya yang lahir dari tim akademi AS Monaco adalah Thierry Henry. Sang striker sukses menembus tim utama pada 1995 ketika masih berusia 20 tahun.

Henry bermain selama empat musim dengan koleksi 28 gol dari 139 laga dengan persembahan satu trofi Ligue 1 pada musim 1996/1997. Tak hanya itu, dia pun menjadi bagian dari sejarah timnas Prancis ketika menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Pada 1999, Juventus kemudian merekrutnya, namun sang pemain kesulitan beradaptasi dan hanya bertahan enam bulan. Di tahun yang sama dia dilepas ke Arsenal dan menjadi legenda di klub asal London Utara tersebut. 

2. Fabien Barthez

5 Pemain Bintang yang Ternyata Pernah Membela AS Monaco, Ada Trezeguetgoodfon.com

Penjaga gawang Prancis yang eksentrik ini bergabung dengan Monaco pada 1995 dan memenangkan gelar Ligue 1 pada musim 1997 dan 2000. Dia juga merupakan andalan timnas Prancis ketika menjuarai Piala Dunia 1998 dan Euro 2000.

Kiper berkepala plontos ini kemudian hijrah ke Manchester United dan bertahan selama empat musim hingga 2004. Selama kariernya bersama Setan Merah, Barthez sukses persembahkan dua gelar Premier League. 

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Pernah Mengantarkan AS Monaco Menjuarai Ligue 1

3. Rafael Márquez

5 Pemain Bintang yang Ternyata Pernah Membela AS Monaco, Ada Trezeguetasmonaco.com

Rafael Marquez menjadi salah satu transfer sukses yang memberikan gelar Ligue 1 untuk AS Monaco pada musim 1999/2000. Dia diboyong dari klub asal Meksiko di musim tersebut dan bertahan selama empat musim.

Pada 2003, dia diboyong Barcelona dan menjadi bagian penting kejayaan Blaugrana saat meraih treble winner musim 2009/2010. Empat trofi La Liga dan dua Liga Champions menjadi bagian kesuksesannya berkarier di Camp Nou selama tujuh musim. 

4. Emmanuel Petit

5 Pemain Bintang yang Ternyata Pernah Membela AS Monaco, Ada Trezeguetasmonaco.com

Produk akademi AS Monaco lainnya yang bersinar di Eropa adalah Emmanuel Petit. Sosok gelandang bertahan ini membela AS Monaco pada tahun 1988 hingga 1997 dengan koleksi 271 laga dan mempersembahkan satu trofi Ligue 1.

Pada 1997 dia hengkang ke Arsenal dan menjadi bagian penting ketika meraih treble winner domestik di musim perdananya. Petit berseragam Arsenal selama tiga musim sebelum hijrah ke Barcelona dan mengakhiri kariernya di Chelsea.

5. David Trezeguet

5 Pemain Bintang yang Ternyata Pernah Membela AS Monaco, Ada Trezeguetasmonaco.com

AS Monaco merupakan klub yang banyak berjasa untuk masa keemasan Prancis di tahun 1998. Selain Henry, Barthez dan Petit, Trezeguet juga menjadi bagian dari skuat tersebut.

Dia bergabung dengan AS Monaco pada 1995 usai direkrut dari klub Argentina, Pletense. Duet Trezeguet dan Henry menjadi salah satu yang berbahaya di Prancis kala itu. Dia mengoleksi 62 gol dari 123 laga.

Pada tahun 2000, David Trezeguet kemudian hijrah ke Juventus dan bertransformasi menjadi salah satu striker terbaik di Eropa. Satu dekade berseragam Juventus, Trezeguet mencatatkan 171 gol dari 320 laga dengan mempersembahkan dua scudetto dan dua Coppa Italia. 

 

Sepanjang sejarahnya, AS Monaco dikenal sebagai tim yang mampu melahirkan pemain-pemain berkelas bintang. Meski musim lalu sempat terpuruk, kini mereka mulai bangkit kembali dan mulai melahirkan kembali bintang-bintang muda baru. Akankah mereka konsisten dan menjadi buruan klub besar lainnya?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco, Deretan Bintang Muda!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya