5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!

Namun, kontrak beberapa pemain akan segera habis di akhir musim

Sejak Chelsea diakuisisi oleh Roman Abramovich pada 2003, deretan pemain bintang hilir mudik di Stamford Bridge. Sejak saat itu mereka pun menjelma menjadi salah satu klub paling sukses di Eropa dengan menyabet dua gelar Liga Champions dan Liga Europa. Sedangkan di Premier League, mereka terakhir kali menjadi juara pada musim 2016/2017.

Seiring waktu, skuad The Blues pun silih berganti. Dari sekian banyak pemain yang datang dan pergi, hanya sedikit saja yang menetap untuk waktu yang cukup lama hingga bertitel pemain senior saat ini.

Berikut ini adalah lima pemain terlama berkostum Chelsea saat ini.

1. Cesar Azpilicueta (10 musim)

5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!potret Cesar Azpilicueta (twitter.com/CesarAzpi)

Azpilicueta menjadi pemain paling senior kedua di skuad Chelsea setelah Thiago Silva, sekaligus pemain terlama berkostum Chelsea saat ini. Hal ini pun membuat dirinya layak menyandang ban kapten Chelsea pasca era Gary Cahill. Bek asal Spanyol itu sudah membela Chelsea sejak 2012 setelah diboyong dari Marseille.

Pemain berusia 32 tahun itu sudah menorehkan 424 pertandingan dengan mempersembahkan dua gelar Premier League, dua Liga Europa, dan satu Liga Champions. Kontrak sang pemain bakal berakhir musim panas 2022 dan ia berpotensi pergi secara gratis pada akhir musim ini karena belum ada kesepakatan kontrak baru.

2. Ruben Loftus-Cheek (7 musim)

5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!potret Ruben Loftus-Cheek (twitter.com/RLC)

Meski masih berusia 25 tahun, Ruben Loftus-Cheek menjadi pemain kedua terlama berkostum Chelsea. Ia merupakan produk akademi The Blues yang dipromiskan ke tim utama sejak 2015. Demi pengembangan diri sang pemain, ia sempat dipinjamkan ke dua klub, Crystal Palace dan Fulham.

Gelandang asal Inggris ini sudah menorehkan 102 pertandingan untuk Chelsea dengan torehan 12 gol dan 14 assist. Meski dinilai penuh talenta, ia lebih sering diplot sebagai pelapis karena hadirnya pemain bintang di skuad utama. Saat ini sang pemain dikabarkan menjadi target Juventus di bursa transfer.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang FIFA Awards 2021, Chelsea Dominan

3. Andreas Christensen (7 musim)

5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!potret Andreas Christensen (twitter.com/ChampionsLeague)

Selain Azpilicueta, kontrak Andreas Christensen pun akan berakhir musim panas 2022. Ia dipromosikan ke tim utama The Blues sejak 2015 silam dan langsung dipinjamkan ke klub Jerman Monchengladbach selama dua musim. Di sana ia berkembang menjadi bek muda potensial.

Meski awal kariernya di Chelsea lebih sering berstatus sebagai pemain pelapis, ia menjadi sosok kunci keberhasilan Chelsea di era Thomas Tuchel. Bek 25 tahun ini sudah menorehkan 148 pertandingan untuk Chelsea. Bek asal Denmark ini kini menjadi incaran banyak klub top, seperti Ateletico Madrid, Barcelona, hingga Manchester City.

4. N'Golo Kante (6 musim)

5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!potret N'Golo Kante (uefa.com)

Gelandang asal Prancis ini merupakan salah satu transfer terbaik Chelsea dalam satu dekade terakhir. Ia diboyong dari Leicester City pada 2016 pasca menjuarai Premier League secara dramatis. Luar biasanya, ia kemudian membawa Chelsea juara Premier League pada musim perdananya. Sejak saat itu ia pun selalu menjadi andalan di setiap era pelatih The Blues.

Pemain 30 tahun itu sudah mengoleksi 237 pertandingan dengan catatan 13 gol dan 11 assist. Kante layak disebut sebagai salah satu gelandang terbaik saat ini. Sepanjang kariernya, ia sudah merasakan banyak gelar bergengsi, termasuk Piala Dunia. Kontraknya di Chelsea sendiri akan berakhir pada Juni 2023.

5. Marcos Alonso (6 musim)

5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!potret Marcos Alonso (twitter.com/marcosalonso03)

Musim ini Marcos Alonso sudah tampil dalam 16 laga Premier League. Ia cukup sering tampil karena absennya Ben Chilwell akibat cedera parah. Bek asal Spanyol ini bergabung dengan Chelsea pada 2016 usai diboyong dari Fiorentina. Ia sudah mengoleksi 192 pertandingan dengan torehan 25 gol dan 20 assist.

Kontraknya sendiri akan berakhir pada 2023. Masa depannya di Chelsea sendiri tampaknya tidak akan bertahan lama. Ia sudah cukup sering dikabarkan bakal meninggalkan Stamford Bridge. Apalagi, posisinya dalam beberapa musim terakhir pun hanya sebagai pemain lapis kedua.

Chelsea adalah salah satu klub Eropa paling dinamis. Mereka sangat aktif di setiap bursa transfer dan tidak segan mengeluarkan dana besar untuk pemain bintang. Musim panas kemarin pun mereka memecahkan rekor dengan mendatangkan Romelu Lukaku dari Inter Milan. Di sisi lain, hadirnya pemain baru pun mengancam eksistensi para pemain lama yang kerap memaksa mereka untuk meninggalkan klub.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Chelsea dan Manchester City

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya