5 Pemain dengan Akumulasi Nilai Transfer Termahal Sepanjang Masa

Ada pemain idolamu?

Sepak bola era modern merupakan sebuah industri yang sangat besar. Olahraga ini melibatkan banyak uang dalam berbagai aspek, salah satunya transfer pemain. Sepanjang sejarahnya ada pemain-pemain yang berpindah-pindah klub dengan nilai transfer sangat tinggi.

Jika nilai transfer tersebut diakumulasikan, mereka menjadi pemain termahal dalam sejarah sepak bola dan berikut ini 5 transfer dengan akumulasi harga tertinggi.

1. Romelu Lukaku – 321 juta euro

5 Pemain dengan Akumulasi Nilai Transfer Termahal Sepanjang MasaRomelu Lukaku (firstpost.com)

Romelu Lukaku menjadi pemain termahal dengan akumulasi biaya transfer ketika ia dipastikan gabung Chelsea dari Inter Milan dengan harga 115 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Striker Belgia ini adalah pencetak gol yang produktif dan telah bermain untuk beberapa klub elite.

Transfer Lukaku dimulai ketika Chelsea memboyongnya dengan harga 15 juta euro dari Anderlecht pada tahun 2011. Dia kemudian dipinjamkan ke West Brom dan Everton sebelum dilepas permanen dengan harga 3,5 juta euro untuk mendapatkan jasanya pada musim 2013/14.

Manchester United membayar Everton 84,7 juta euro untuk menyelesaikan transfer. Namun, Lukaku hanya menghabiskan dua musim di Old Trafford sebelum mengakhiri masa tidak bahagianya di sana dengan pindah ke Inter Milan dengan biaya transfer 74 juta euro. Total biaya transfer sepanjang kariernya itu telah memakan 321 juta euro atau sekitar Rp5,4 triliun.

2. Neymar – 310 juta euro

5 Pemain dengan Akumulasi Nilai Transfer Termahal Sepanjang MasaNeymar Jr. (goal.com/Getty Images)

Neymar adalah pemain termahal kedua dalam hal biaya transfer kumulatif. Dia juga merupakan pemain termahal yang pernah ada dalam sejarah sepak bola. Pemain Brasil itu adalah prospek panas saat remaja di Santos dan Barcelona membayar 88,20 juta euro untuk membawanya ke LaLiga.

Setelah menjalani musim yang sangat sukses bersama Blaugrana, Neymar pindah ke Paris Saint-Germain dengan rekor transfer senilai 222 juta euro atau sekitar Rp3,7 triliun. Total akumulasi transfernya bernilai 310 juta euro atau sekitar Rp5,3 triliun.

Baca Juga: Reaksi Messi Bentuk Trio Maut MNM Bareng Neymar dan Mbappe

3. Cristiano Ronaldo – 228 juta euro

5 Pemain dengan Akumulasi Nilai Transfer Termahal Sepanjang MasaCristiano Ronaldo (goal.com)

Cristiano Ronaldo adalah pemegang banyak rekor luar biasa. Dia sempat menjadi pesepak bola termahal sepanjang masa saat gabung Real Madrid dari Manchester United pada 2009. Pemain asal Portugal itu bergabung dengan Manchester United dari Sporting Lisbon dengan biaya sekitar 19 juta euro pada tahun 2003.

Setelah memenangkan Ballon d'Or dan Liga Champions bersama Setan Merah, ia pindah ke Real Madrid dengan rekor biaya transfer 94 juta euro. Ronaldo kemudian memecahkan banyak rekor bersama Real Madrid dalam kurun waktu 9 tahun. Pada 2018 secara mengejutkan dia bergabung dengan Juventus dengan biaya transfer 117 juta euro. Akumulasi nilainya pun menjadi 228 juta euro atau sekitar Rp3,8 triliun.

4. Alvaro Morata – 189 juta euro

5 Pemain dengan Akumulasi Nilai Transfer Termahal Sepanjang MasaAlvaro Morata (goal.com)

Kualitas Alvaro Morata mungkin tidak sebanding dengan Cristiano Ronaldo, twtapi akumulasi transfer sang pemain cukup luar biasa. Kepindahan besar pertamanya terjadi dari Real Madrid ke Chelsea dengan harga sekitar 66 juta euro pada 2017. Setelah dua musim bersama The Blues, Morata pindah ke Atletico Madrid dengan pinjaman awal senilai 18 juta euro dan kemudian menandatangani kontrak permanen dengan biaya transfer 35 juta euro.

Hanya dua musim di Wanda Metropolitano, Morata pindah lagi. Kini Juventus memutuskan untuk membawanya dengan status pinjaman dan membayar biaya pinjaman 20 juta euro selama dua musim sejak 2020. Sebelumnya, Morata juga pernah berkostum Si Nyonya Tua saat diboyong 20 juta euro dari Real Madrid pada 2014. Namun, Real mengontraknya kembali seharga 30 juta euro dua musim kemudian sebelum menjualnya ke Chelsea. Total dia bernilai 189 juta euro atau sekitar Rp3,2 triliun.

5. Kylian Mbappe – 145 juta euro

5 Pemain dengan Akumulasi Nilai Transfer Termahal Sepanjang MasaKylian Mbappe (si.com)

Kylian Mbappe adalah pemenang Piala Dunia 2018 dan telah memenangkan banyak gelar sepanjang kariernya yang masih muda. Pemain Prancis ini dianggap sebagai pemain terbaik generasi berikutnya. Dia memegang rekor transfer termahal kedua dalam sejarah. Paris Saint-Germain mengontraknya dari AS Monaco seharga 145 juta euro atau sekitar Rp2,4 triliun.

Biaya tunggal ini saja menjadikan dia di urutan kelima dalam daftar pesepak bola paling mahal dalam biaya transfer akumulatif. Mbappe berpotensi akan pindah ke klub besar lain yang akan menambah total biaya transfer yang dibayarkan untuknya. Itu bisa membuatnya memecahkan rekor baru.

 

Itulah daftar pemain dengan akumulasi nilai transfer tertinggi sepanjang sejarah sepak bola. Nilai tersebut dinilai sepadan dengan performa yang telah mereka tampilkan di atas dan luar lapangan. Tidak hanya menjadi mesin gol, mereka juga mempersembahkan gelar bergengsi.

Baca Juga: Ironi Kylian Mbappe, Disoraki saat Messi Dapat Tepuk Tangan

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya