Comscore Tracker

5 Pemain dengan Peningkatan Nilai Transfer Tertinggi Pasca Piala Eropa

Harganya sampai triliunan rupiah!

Piala Eropa 2020 sudah usai dengan Italia keluar sebagai juaranya. Namun, cerita di balik turnamen akbar ini masih menarik untuk diikuti. Satu hal yang menarik adalah hadirnya banyak pemain muda penuh talenta yang menunjukkan performa apik. Mereka bahkan digadang-gadang sebagai calon bintang masa depan sepak bola Eropa.

Performa impresif mereka pun berbanding lurus dengan nilai pasar mereka yang meningkat pesat sehingga klub-klub yang menginginkan mereka harus merogoh kocek sangat dalam. Berikut ini adalah 5 pemain muda dengan nilai transfer tertinggi pasca-Piala Eropa 2020.

1. Federico Chiesa

5 Pemain dengan Peningkatan Nilai Transfer Tertinggi Pasca Piala EropaSelebrasi gol Federico Chiesa (marca.com)

Federico Chiesa merupakan bintang Timnas Italia di Piala Eropa 2020. Pemain Juventus itu tampil dalam 7 laga dengan torehan 2 gol. Dua golnya tersebut sangatlah penting karena mengantarkan Italia lolos hingga final. Ia mencetak gol tersebut ke gawang Austria pada babak 16 besar dan Spanyol pada babak semifinal.

Lewat performa impresifnya itu, nilai pasarnya pun mengalami kenaikan sebesar 10 juta euro, dari 60 juta euro menjadi 70 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

2. Pedri

5 Pemain dengan Peningkatan Nilai Transfer Tertinggi Pasca Piala EropaPedri (fcbarcelona.com)

Meski baru berusia 18 tahun, Pedri langsung menjadi andalan Timnas Spanyol di Piala Eropa 2020 lalu. Dia berhasil membawa Spanyol lolos ke semifinal dan tak pernah absen dalam satu pun laga. Dia dianggap sebagai titisan Andres Iniesta karena kemiripan skill dan visi bermainnya.

Usai Piala Eropa 2020, dia bahkan juga dipanggil Timnas Spanyol U-23 untuk tampil di Olimpiade. Luar biasanya, negaranya lolos ke final dan akan menghadapi Brasil. Berkat performa impresifnya ini, nilai transfernya pun mengalami kenaikan 10 juta euro dan kini bernilai 80 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

Baca Juga: 10 Fakta Pedri Gonzalez, Pemain Muda Terbaik di Piala Eropa 2020

3. Gianluigi Donnarumma

5 Pemain dengan Peningkatan Nilai Transfer Tertinggi Pasca Piala EropaGianluigi Donnarumma (goal.com)

Gianluigi Donnarumma terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Eropa 2020 usai tampil luar biasa sepanjang turnamen. Namun, performa terbaiknya hadir kala semifinal dan final saat dia menjadi pahlawan di babak adu penalti. Total dia kebobolan 4 gol dari 7 laga yang dijalaninya.

Lewat performa apiknya itu, nilai pasarnya kini naik sebesar 5 juta euro menjadi 65 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Ini menjadi keuntungan besar bagi PSG yang mendapatkannya dari AC Milan dengan gratis.

4. Declan Rice

5 Pemain dengan Peningkatan Nilai Transfer Tertinggi Pasca Piala EropaDeclan Rice (independent.co.uk)

Declan Rice menjadi pemain yang on fire di Premier League pada musim lalu. Performa apiknya pun menular ke Timnas Inggris di Piala Eropa. Perannya di posisi gelandang tak tergantikan dengan hanya absen di satu laga. Meski berhasil membawa Inggris ke final, impiannya harus hancur usai kalah lewat adu penalti.

Meski demikian, performa apiknya ini membuat nilai pasarnya naik 5 juta euro menjadi 70 juta euro atau sekitar Rp1,19 triliun. Saat ini dia sendiri menjadi incaran dua klub besar, Chelsea dan Manchester United.

5. Dani Olmo

5 Pemain dengan Peningkatan Nilai Transfer Tertinggi Pasca Piala EropaDani Olmo (twitter.com/UEFAUnder21)

Sama seperti Pedri, Dani Olmo ikut berpartisipasi dalam dua turnamen besar Timnas Spanyol, Piala Eropa 2020 dan Olimpiade 2020. Pemain RB Leipzig itu tampil apik di Piala Eropa dengan mencetak 3 assist dari 5 laga.

Nilai pasar lulusan akademi La Masia ini pun naik 5 juta euro menjadi 50 juta euro atau sekitar Rp850 miliar. Sang pemain pun berhasil mempersembahkan meraih medali perak untuk Spanyol usai takluk dari Brasil.

 

Tidak mengherankan jika deretan pemain di atas memiliki nilai transfer tinggi. Tidak hanya muda dan berbakat, performa mereka pun sudah teruji lewat turnamen besar sekelas Piala Eropa. Dengan kompetisi liga yang akan segera bergulir, akan menarik untuk menyaksikan kontribusi yang mereka berikan untuk klub masing-masing.

Baca Juga: 5 Gelandang U-25 Terbaik Musim Ini, Dani Olmo hingga Frenkie de Jong

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya