5 Pemain dengan Trofi LaLiga Terbanyak Sepanjang Sejarah, Legenda!

Didominasi oleh pemain Real Madrid dan Barcelona

LaLiga adalah salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia. Selama bertahun-tahun, beberapa pemain hebat telah bermain di divisi teratas sepak bola Spanyol ini. Sejak dimulai pada tahun 1929, total sebanyak 62 klub telah hilir mudik menghiasai LaLiga. Namun, hanya sembilan klub saja yang berhasil menyandang gelar juara.

Di antara mereka, Barcelona dan Real Madrid menjadi dua klub yang paling mendominasi. Los Blancos memimpin dengan 34 gelar, diikuti oleh Blaugrana dengan 24 trofi. Tidak mengherankan jika rekor pemain dengan gelar LaLiga terbanyak berasal dari dua klub tersebut.

Lantas, siapa saja pemain dengan koleksi gelar LaLiga terbanyak itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Paco Gento (12)

5 Pemain dengan Trofi LaLiga Terbanyak Sepanjang Sejarah, Legenda!potret Paco Gento (twitter.com/English_AS)

Paco Gento adalah salah satu pesepak bola terbaik sepanjang sejarah LaLiga. Ia berkostum Real Madrid selama hampir dua dekade dengan rentetan prestasi fanntastis. Gento juga menjadi kapten tim setelah kepergian Alfredo Di Stefano dan pensiunnya Ferenc Puskas.

Pemain berposisi striker itu memenangkan gelar LaLiga sebanyak 12 kali bersama Los Blancos, rekor yang belum terpecahkan hingga saat ini. Ia juga satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Eropa alias Liga Champions enam kali setelah tampil dalam delapan final.

2. Lionel Messi (10)

5 Pemain dengan Trofi LaLiga Terbanyak Sepanjang Sejarah, Legenda!potret LIonel Messi (fcbarcelona.com)

Disebut-sebut sebagai pemain terhebat sepanjang sejarah, Lionel Messi berada di urutan kedua dalam daftar pemain dengan gelar LaLiga terbanyak. Pemain Argentina itu menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Barcelona dengan mempersembahkan rekor menjuarai 35 trofi bergengsi.

Pemenang Ballon d'Or tujuh kali ini memegang sejumlah rekor individu di LaLiga, termasuk gol terbanyak, hat-trick, assist terbanyak, dan juga memenangkan gelar Laliga sebanyak 10 kali. Ia masuk ke tim utama Barcelona sejak 2004 dari akademi La Masia. Messi sendiri bermain untuk Barcelona hingga 2021 sebelum akhirnya pindah ke Paris Saint-Germain.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dibeli Klub LaLiga pada Transfer Musim Dingin

3. Pirri (10)

5 Pemain dengan Trofi LaLiga Terbanyak Sepanjang Sejarah, Legenda!potret Pirri (managingmadrid.com)

Piri alias Jose Martinez Sanchez menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Real Madrid. Ia berperan penting dalam dominasi klub pada era 1960-an dan 1970-an. Pirri menandatangani kontrak dengan Los Blancos saat berusia 19 tahun kala didatangkan dari Granada. Bersama Madrid, ia memenangkan 15 gelar bergengsi.

Gelandang asal Spanyol itu memenangkan 10 gelar La Liga, 4 gelar Copa del Rey, dan 1 Liga Champions. Ia berkostum El Real selama 16 tahun sebelum hengkang pada 1980 ke klub Meksiko, Puebla FC. Ia pun gantung sepatu dua tahun berselang.

4. Andres Iniesta (9)

5 Pemain dengan Trofi LaLiga Terbanyak Sepanjang Sejarah, Legenda!potret Andres Iniesta (fcbarcelona.com)

Andres Iniesta layak disebut sebagai gelandang terbaik sepanjang masa. Lahir dari akademi La Masia, ia menjadi bagian dari generasi emas Barcelona dan Timnas Spanyol. Iniesta membela Barcelona selama 22 tahun dengan mempersembahkan 35 trofi bergengsi; sembilan di antaranya trofi LaLiga.

Tak hanya itu, ia juga berhasil meraih empat trofi Liga Champions. Di level internasional sinarnya tidak kalah cemerlang lewat torehan 2 Piala Eropa dan 1 Piala Dunia bagi Timnas Spanyol. Pasca meninggalkan Barcelona pada 2018, saat ini Iniesta masih aktif bermain di Liga Jepang bersama Vessel Kobe.

5. Jose Antonio Camacho (9)

5 Pemain dengan Trofi LaLiga Terbanyak Sepanjang Sejarah, Legenda!potret Jose Antonio Camacho (marca.com)

Datang dari akademi Real Madrid, Jose Camacho menghabiskan seluruh kariernya bersama Los Blancos. Ia membela Real Madrid selama 15 tahun serta membuat hampir 600 penampilan. Camacho adalah bek terbaik di eranya ketika medominasi LaLiga era 1970-an dan 1980-an.

Ia sukses mempersembahkan 19 gelar bergengsi untuk El Real, termasuk 9 trofi  La Liga dan 2 UEFA Cup (Liga Europa). Setelah gantung sepatu di tahun 1989, ia melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Ia sempat menangani Sevilla, Timnas Spanyol, China, dan Gabon.

Rekor pemain dengan trofi terbanyak ini bakal bertahan sangat lama. Apalagi, dua pemain yang masih aktif, Lionel Messi dan Andres Iniesta, sudah tak lagi bermain di LaLiga. Tidak hanya itu saja, persiangan yang makin kompetitif pun membuat perebutan gelar juara LaLiga bakal makin alot.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Cetak Gol di LaLiga Musim 2021/2022

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya