5 Pemain Bintang yang Gagal Diboyong MU di Era Sir Alex Ferguson

Apa jadinya kalau mereka berkostum MU, ya?

Manchester United adalah klub tersukses dengan 20 gelar Premier League. Mereka juga mengoleksi tiga gelar Liga Champions. Prestasi gemilang ini tidak lepas dari kepemimpinan Sir Alex Ferguson selama 26 tahun menangani Setan Merah.

Setan Merah juga adalah klub yang tidak segan untuk memberikan bayaran tinggi. Namun, itu tidak selalu membuat mereka mudah mendapatkan pemain yang diinginkan. Dalam dua dekade terakhir, ada deretan bintang yang pernah menolak mereka. Siapa saja? Yuk disimak!

1. Alan Shearer

5 Pemain Bintang yang Gagal Diboyong MU di Era Sir Alex FergusonAlan Shearer (nufc.co.uk)

Alan Shearer adalah sosok legendaris yang berhasil membawa Blackburn Rovers menjuarai Premier League musim 1994/1995. Pada musim itu dia juga menjadi top skor dengan mencetak 34 gol. Torehannya itu membuat Sir Alex Ferguson naksir berat dan berusaha mendatangkannya pada musim panas 1996.

Terlepas dari tawaran menggiurkan Setan Merah, Shearer lebih memilih untuk bergabung dengan klub idamannya sejak kecil, Newcastle United. Dia pun pergi dengan biaya 21 juta euro atau sekitar Rp346 miliar dan menjadi legenda di sana. Sementara itu, Setan Merah mendatangkan Ole Gunnar Solksjaer sebagai gantinya.

2. Gabriel Batistuta

5 Pemain Bintang yang Gagal Diboyong MU di Era Sir Alex FergusonGabriel Batistuta (asroma.com)

Gabriel Batistuta menjadi striker paling mematikan pada era '90-an saat berkostum Fiorentina selama tujuh musim. Dia kemudian menjadi striker idaman banyak klub besar Eropa, termasuk Manchester United. Striker asal Argentina itu pun tertarik untuk pergi ke Old Trafford saat tawaran datang pada Januari 2000.

Namun, Setan Merah harus bersaing dengan AS Roma yang datang dengan tawaran yang tidak kalah menarik. Fiorentina kemudian terpaksa melepas bintangnya itu ke AS Roma karena terkena krisis finansial. Batistuta bersinar dan menjadi kunci Gialorossi meraih Scudetto pada musim tersebut.

Baca Juga: 5 Pembelian Gagal Sir Alex Ferguson di Manchester United, Siapa Saja?

3. Francesco Toldo

5 Pemain Bintang yang Gagal Diboyong MU di Era Sir Alex FergusonFrancesco Toldo (twitter.com/diarioas)

Francesco Toldo adalah salah satu penjaga gawang yang dilaporkan menjadi target Setan Merah pada 1999 setelah Peter Schmeichel pergi ke Sporting Lisbon. Namun, kiper legendaris itu memilih bertahan di Fiorentina untuk satu musim lagi.

Toldo kemudian baru meninggalkan La Viola pada 2001 ke Inter Milan dan menghabiskan kariernya di sana. Sebagai gantinya, Setan Merah mendatangkan kiper asal Italia lainnya, Massimo Taibi.

4. Gareth Bale

5 Pemain Bintang yang Gagal Diboyong MU di Era Sir Alex FergusonGareth Bale (uefa.com)

Perlombaan untuk mendatangkan Gareth Bale dari Southampton berlangsung sengit di antara klub Premier League. Manchester United menjadi salah satu kandidat kuat, tapi pemain asal Wales ini kemudian lebih memilih Tottenham Hotspur demi pengembangan karier dan waktu bermain reguler.

Sementara itu, Setan Merah mendatangkakn dua pemain sebagai gantinya, Nani dan Anderson. Keputusan Bale bergabung dengan Tottenham terbukti tepat. Dia bertransformasi menjadi bintang baru sebelum pergi ke Real Madrid dengan memecahkan rekor transfer dunia pada 2010.

5. Wesley Sneijder

5 Pemain Bintang yang Gagal Diboyong MU di Era Sir Alex FergusonWesley Sneijder (inter.it)

Wesley Sneijder menjadi pemain kunci Inter Milan ketika meraih treble winner pada era Jose Mourinho. Namanya pun menjadi incaran banyak klub Eropa pada 2011 dengan Manchester United salah satunya. Sang pemain bahkan mengakui sudah menjalin komunikasi. Namun, transfer ini tak terwujud karena dia lebih memilih untuk bertahan.

Setan Merah dikabarkan pernah kembali mendekati pemain asal Belanda ini ketika dia berkostum Galatasaray. Namun, lagi-lagi dia menolak dan memilih untuk menghabiskan kariernya.

 

Itulah deretan pemain bintang yang gagal didapatkan Manchester United. Nama besar mereka terkadang tidak selalu menjadi jaminan mendapatkan pemain yang diharapkan. Apalagi saat ini prestasi klub sedang menurun.

Baca Juga: Sederet Alasan Manchester United Melempem Usai Ferguson Pensiun

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya