5 Pemain Jerman Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League

Ada pemain idolamu?

Sebagai peraih empat  gelar Piala Dunia, Jerman menjadi salah satu gudang pemain terbaik di Eropa. Postur tubuh ideal, kuat dan skill olah bola mumpuni menjadi ciri khas pesepak bola negeri Kanselir tersebut.  

Meski begitu, tidak banyak pemain asal Jerman yang mampu bersinar di kompetisi yang dinilai paling kompetitif, Premier League. Tetapi pengecualian bagi lima pemain top berikut ini. Mereka mampu menaklukkan Premier League.

1. Jurgen Klinsmann

5 Pemain Jerman Paling Bersinar dalam Sejarah Premier Leaguethesefootballtimes.com

Jurgen Klinsmann adalah salah satu pemain legendaris Jerman yang berhasil mempersembahkan Piala Dunia 1990 dan Euro 1996. Sepanjang kariernya ia sempat membela beberapa klub besar seperti Inter Milan, Bayern Munchen dan Tottenham Hotspurs.

Klinsmann dua periode berkostum Spurs, yaitu musim 1995/1995 dan 1997/1998. Pada musim perdananya ia tampil sangat apik dengan mencetak 21 gol dalam 40 laga domestik Spurs. Hanya semusim, ia kemudian hijrah ke Bayern Munchen dan Sampdoria sebelum kembali ke London pada 1997.

Di musim keduanya itu, ia berhasil membantu klub keluar dari jurang degradasi. Ia kembali tampil apik dengan mencetak 9 gol dari 15 pertandingan.

2. Dietmar Hamann

5 Pemain Jerman Paling Bersinar dalam Sejarah Premier Leagueskysports.com

Dietmar Hamann adalah pemain Jerman yang hampir menghabiskan sebagian kariernya di Inggris. Sejak 1998 hingga 2006, ia telah membela empat tim berbeda, Newcastle, Liverpool, Bolton dan Manchster City. Karier terbaiknya ia rasakan bersama The Reds saat meraih satu gelar Liga Champions, 2 FA Cup, 2 Piala Liga dan 2 UEFA Super Cup.

Ia berkostum Liverpool di era 1999 hingga 2006 dengan catatkan 283 pertandingan. Ia gantung sepatu pada tahun 2011 setelah sempat bergabung dengan MK Dons.

Baca Juga: 6 Pemain Jerman Terbaik yang Berkarier di Premier League

3. Jens Lehmann

5 Pemain Jerman Paling Bersinar dalam Sejarah Premier Leagueespn.com

Pada musim perdananya membela Arsenal pada tahun 2003, Lehmann langsung mencetak sejarah di Premier League. The Gunners menjadi juara dengan rekor tak terkalahkan dalam satu musim penuh. Ia juga sukses persembahkan gelar FA Cup pada 2005 dan ke Final Liga Champions pada satu musim selanjutnya meski harus menyerah dari Barcelona.

Trofi Premier League 2003/2004 menjadi gelar liga terakhir bagi Arsenal. Lima musim di bersama The Gunners, Lehman tampil dalam 148 laga Premier League dengan lakukan clean sheet sebanyak 55 kali.

4. Michael Ballack

5 Pemain Jerman Paling Bersinar dalam Sejarah Premier Leaguesbnation.com

Ballack bergabung dengan Chelsea pada 2006 dengan status free transfer dari Bayern Munchen. Ia menjadi berkah tersendiri karena tampil sangat apik dan memberikan warna baru di lini tengah The Blues. Selama empat  musim di Inggris, ia tampil dalam 168 pertandingan dan mencetak 26 gol untuk Chelsea.

Sepanjang itu, ia berhasil mempersembahkan satu gelar Premier League, 3 FA Cup dan satu Piala Liga. Ia juga sukses membawa Chelsea ke babak final Liga Champions 2008, sayangnya gagal juara setelah kalah lewat babak adu penalti.

5. Mesut Ozil 

5 Pemain Jerman Paling Bersinar dalam Sejarah Premier Leagueen.as.com

Pada tahun 2013 Ozil didatangkan Arsenal dari Real Madrid dengan memcahkan rekor transfer klub dengan harga 42,5 juta paun. Di bawah asuhan Arsene Wenger, Ozil jadi nyawa klub dan berhasil persembahkan 3 gelar FA Cup dan 2 Community Shield.

Ozil juga telah mencatatkan 254 laga dengan koleksi 77 assist dan 44 gol. Namun kepergian Wenger membuat performa Ozil menurun hingga musim ini. Ia bahkan santer dikabarkan akan pergi di musim mendatang. 

Kabarnya musim depan striker asal Jerman, Timo Werner akan gabung dengan Chelsea. Bisakah ia juga tampil menawan di Inggris?

Baca Juga: 6 Pemain Jerman yang Pernah Berkostum Chelsea, Timo Werner Nyusul?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya