5 Pemain Asal Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Real Madrid

Bodo Ilgner hingga Toni Kroos

Sebagai klub paling sukses di Eropa, Real Madrid menjadi klub idaman bagi banyak pemain di seluruh dunia. Tak terkecuali bagi pemain-pemain asal Jerman yang dikenal kuat dan ber-skill mumpuni. Sepanjang sejarahnya, terdapat 9 pemain asal Jerman yang pernah berseragam Real Madrid, namun tidak semuanya mampu menampilkan performa terbaiknya.

Lima pemain ini mampu tampil luar biasa dan sangat diandalkan. Nah, berikut ini adalah 5 pemain asal Jerman dengan penampilan terbanyak bersama Real Madrid.

1. Bodo Illgner - 119 penampilan

5 Pemain Asal Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Real MadridBodo Illgner (marca.com)

Sebelum kehadiran kiper luar biasa, Iker Casillas, Real Madrid mengandalkan kiper asal Jerman, Bodo Illgner. Dia direkrut Real Madrid pada 1996 setelah tampil impresif bersama klub Bundesliga, FC Koln. Di Santiago Bernabeu dia menorehkan 119 laga di semua ajang dengan catatan 34 clean sheet dan kebobolan 142 gol.

Selama enam musim membela El Real, Illgner berhasil mempersembahkan 2 gelar Liga Champions dan 2 LaLiga. Sang kiper sendiri kemudian memutuskan pensiun pada 2001 bersama Real Madrid dan perannya digantikan Casillas.

2. Mesut Ozil - 159 penampilan 

5 Pemain Asal Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Real MadridMesut Ozil (sportsmole.co.uk)

Mesut Ozil bergabung dengan Real Madrid dari Werder Bremen pada 2010 lalu hanya dengan harga 18 juta euro atau sekitar Rp312 miliar. Di sana Ozil bertransformasi menjadi salah satu gelandang terbaik dunia. Duetnya bersama Cristiano Ronaldo menjadi salah satu yang berbahaya di Eropa.

Ozil mencatarkan 159 penampilan di semua ajang dengan catatan 27 gol dan 80 assist. Namun, pada 2013 dia kemudian dilepas ke Arsenal dengan harga 47 juta euro atau sekitar Rp814 miliar. Selama masa baktinya itu, Ozil mempersembahkan masing-masing satu gelar LaLiga dan Copa del Rey.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gol Terbanyak lewat Assist Mesut Ozil, CR7 Teratas!

3. Sami Khedira - 161 penampilan 

5 Pemain Asal Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Real MadridSami Khedira (managingmadrid.com)

Sami Kedira didatangkan Real Madrid pada 2010 setelah dia sukses meraih gelar Bundesliga bersama Stuttgart. Dia membela El Real selama lima musim dengan persembahan 1 gelar Liga Champions, 2 Copa del Rey, dan 1 LaLiga. Dia juga mencatatkan 161 laga di semua ajang dan menjadikannya pemain Jerman ketiga dengan jumlah pertandingan terbanyak.

Pada 2015 dia dilepas ke Juventus dengan status free transfer. Dia berkostum Bianconeri selama 6 musim sebelum kembali ke Bundesliga musim ini untuk gabung Herta Berlin.

4. Uli Stielike - 278 penampilan 

5 Pemain Asal Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Real MadridUli Stielike (as.com)

Uli Stielike tidak hanya pemain Jerman kedua dengan penampilan terbanyak di Real Madrid, tetapi juga dianggap yang tersukses. Dia berkostum Los Blancos pada periode 1977 hingga 1985.

Pemain yang berposisi gelandang bertahan itu memainkan 278 laga di semua ajang dengan mempersembahkan 3 gelar LaLiga dan 2 Copa del Rey. Sang pemain sendiri didapatkan dari Borussia Mönchengladbach setelah mempersembahkan 3 gelar Bundesliga secara beruntun.

5. Toni Kroos - 320 penampilan 

5 Pemain Asal Jerman dengan Penampilan Terbanyak di Real MadridToni Kroos (goal.com)

Didatangkan dari Bayern Munchen pada 2014 dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp433 miliar, Toni Kroos adalah pemain Jerman tersukses di Real Madrid. Tidak hanya mencatatkan laga terbanyak, 320 penampilan dengan torehan 22 gol dan 80 assist, dia juga mempersembahkan 4 trofi Liga Champions dan 2 LaLiga.

Dengan sisa kontrak hingga 2023, Kroos masih memiliki banyak waktu untuk mencetak rekor lainnya bersama klub ibu kota tersebut.

 

Jerman memang dikenal sebagai negara dengan budaya sepak bola yang sangat kental. Tidak mengherankan jika mereka selalu mampu melahirkan banyak pemain berkelas bintang. Hal ini bahkan memberikan dampak luar biasa bagi timnas mereka yang selalu tampil luar biasa di ajang internasional.

Baca Juga: 5 Pemain Hebat Ini Bisa Jadi Penerus Toni Kroos di Real Madrid

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya