5 Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions yang Berasal dari Luar Eropa

Lionel Messi hingga Didier Drogba!

Liga Champions merupakan kompetisi paling elite di daratan Eropa pada level klub. Setiap pemain bermimpi bisa mengangkat trofi "Si Kuping Besar" dalam karier profesionalnya. Di era modern, Cristiano Ronaldo merupakan salah satu nama besar dengan prestasi luar biasa di ajang ini, baik di level klub maupun individu.

Cristiano Ronaldo merupakan top skor sepanjang masa Liga Champions. Namun, ajang ini tidak hanya dikuasai para pemain asal Eropa, tetapi juga menjadi tempat bersinarnya pemain dari luar Eropa. Berikut ini adalah lima top skor sepanjang masa Liga Champions yang berasal dari luar Eropa.

1. Edinson Cavani - Uruguay (35 Gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions yang Berasal dari Luar Eropamanutd.com

Edinson Cavani menapaki karier sepak bola di Eropa pada 2006 ketika bergabung dengan klub Serie A, Palermo. Dia sempat dipinjamkan ke Napoli pada 2010 sebelum dipermanenkan dengan nilai 12 juta euro atau sekitar Rp206 miliar. Tampil moncer, Cavani diboyong PSG pada tahun 2013 dengan mahar 64,5 juta euro atau Rp 1,1 triliun.

Striker asal Uruguay ini sukses mempersembahkan 6 trofi Ligue 1 dan menjadi top skor sepanjang masa PSG dengan 200 gol. 30 gol di antaranya diciptakan di Liga Champions bersama PSG, sedangkan 5 gol lainnya diciptakan ketika membela Napoli. Kini, striker berusia 34 tahun itu membela Manchester United usai kontraknya habis di PSG.

2. Sergio Aguero - Argentina (41 Gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions yang Berasal dari Luar Eropagoal.com/Getty Images

Sergio Aguero memulai petualangan di kompetisi Eropa bersama Atletico Madrid pada 2006 usai diboyong dari Independiente. Lima musim berseragam Atleti, Aguero mempersembahkan 1 trofi Liga Europa dan 1 UEFA Supercup. Pada 2011 dia diboyong Manchester City dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp683 miliar.

Di Etihad Stadium, Aguero bertransformasi menjadi legenda klub dan top skor sepanjang masa klub. 4 trofi Premier League dan 5 Piala Liga dia torehkan untuk The Citizens. Sayang, trofi Liga Champions, yang menjadi ambisi klub, masih sulit untuk mereka raih. Meski demikian, catatan gol Aguero di ajang ini adalah 41 gol dan menjadikannya pemain ke-17 sebagai all the time top scorer.

Baca Juga: Trik yang Harus Dimiliki Aguero Bangkitkan Insting Pembunuh

3. Neymar - Brasil (41 Gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions yang Berasal dari Luar Eropagoal.com/Getty Images

Neymar memulai kariernya di Eropa dengan cemerlang saat berseragam Barcelona. Dia mempersembahkan 1 trofi Liga Champions dan 2 gelar La Liga selama empat musim di Camp Nou. Pada tahun 2017 dia diboyong PSG dengan rekor transfer 222 juta euro. 3 trofi Ligue 1 beruntun sudah dia persembahkan dan musim lalu untuk pertama kalinya membawa PSG ke babak final Liga Champions.

Sayangnya, mereka gagal menjadi juara usai ditaklukan Bayern Munchen. Neymar sendiri sudah mengoleksi 41 gol di ajang ini bersama Barcelona dan PSG. Dengan usianya yang masih produktif, catatan golnya pun akan terus meningkat.

4. Didier Grogba - Pantai Gading (44 Gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions yang Berasal dari Luar Eropatelegraph.co.uk/Getty Images

Didier Drogba merupakan legenda Chelsea usai menjadi pemain kunci di sana selama 8 musim. 4 trofi Premier League dan 1 trofi Liga Champions berhasil ia persembahkan untuk The Blues sebelum hijrah ke Shanghai Shenhua pada tahun 2012. Striker asal Pantai Gading ini menorehkan 44 gol dari 92 laga di Liga Champions.

Dia juga sempat membela Galatasaray, Montreal Impact, dan Phoenix Rising sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2018 lalu.

5. Lionel Messi - Argentina (119 Gol)

5 Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions yang Berasal dari Luar Eropauefa.com

Banyak orang menilai bahwa Lionel Messi merupakan pemain terbaik dunia abad ini. Apalagi, jika melihat torehan prestasi yang dia raih bersama Barcelona, yakni 4 trofi Liga Champions, 10 LaLiga, 6 Coppa del Rey, dan 3 FIFA Club World Cup. Di level individu pun dia menjadi pemain dengan penghargaan Ballon d'Or terbanyak, yakni 6 trofi.

Namun, dalam urusan mencetak gol di Liga Champions, Messi masih kalah dari Cristiano Ronaldo. Messi berada di urutan kedua top skor sepanjang masa Liga Champions dengan 119 gol dari 148 laga, terpaut 15 gol dari Cristiano Ronaldo. Dengan usianya yang masih 33 tahun dan mampu tampil stabil, bukan tidak mungkin Messi akan mengejar Ronaldo sebagai top skor ajang ini.

 

Sebagai kompetisi klub-klub terbaik di Eropa, mencetak gol di Liga Champions merupakan kebanggan tersendiri bagi para pemain. Apalagi, untuk pemain non-Eropa yang harus bersaing dengan banyak pemain luar biasa di daratan Eropa. Sebagian besar pemain di atas masih aktif bermain sehingga raihan gol mereka masih akan berkembang. Ada pemain favoritmu?

Baca Juga: Menanti Janji Laporta Pertahankan Messi di Barcelona

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya