Comscore Tracker

5 Pemain Non-Italia Paling Subur dalam Sejarah Serie A, Ada Batistuta!

Ada pemain favoritmu?

Serie A Italia pernah merupakan kompetisi Eropa paling disegani di dunia. Serie A memiliki gaya bermain yang cukup menyulitkan bagi para striker karena klub-klub Italia dikenal memiliki pertahanan yang kokoh. Apalagi, bagi para pemain non-Italia yang harus menyesuaikan diri dengan filosofi bermain yang cenderung mengutamakan tempo lamban dan penguasaan bola.

Namun, hal tersebut menjadi pengecualian untuk lima striker top berikut ini yang menjadi top skor sepanjang masa Serie A dan berasal dari luar Italia. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Gunnar Nordahl - 224 Gol

5 Pemain Non-Italia Paling Subur dalam Sejarah Serie A, Ada Batistuta!witter.com/acmilan

Sebelum adanya Ibrahimovic, AC Milan pernah juga memiliki striker hebat dari Swedia, yakni Gunnar Nordahl. Dia merupakan legenda Rossonerri era '50-an yang sukses mempersembahkan 3 Scudetto. Luar biasanya lagi, dari 7 musim dirinya berkostum AC Milan, sang striker sukses menjadi top skor Serie A sebanyak 5 kali.

Total dia mempersembahkan 224 gol dari 291 laga di Serie A dan menjadikannya pemain asing dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah, sekaligus top skor Serie A ketiga sepanjang sejarah. Selain AC Milan, Nordahl juga sempat membela AS Roma selama 2 musim di penghujung kariernya.

Baca Juga: 5 Pemain Swedia yang Saat Ini Membela Klub Serie A, Ada Ibrahimovic

2. Kurt Hamrin - 188 Gol

5 Pemain Non-Italia Paling Subur dalam Sejarah Serie A, Ada Batistuta!twitter.com/acmilan

Kurt Hamrin merupakan pemain asal Swedia kedua paling sukses dalam sejarah Serie A. Dia mulai menapakkan kariernya di Italia pada 1956 untuk bergabung dengan Juventus. Namun, kariernya bersinar ketika hijrah ke AC Milan pada 1967. Di musim perdananya dia menjadi bagian Rossonerri ketika meraiih Scudetto, kemudian menjuarai Liga Champions di musim selanjutnya.

Selama kariernya di Italia, Kurt Hamrin juga sempat membela Padova, Fiorentina, dan Napoli. Total dia mengoleksi 188 gol dari 400 pertandingan. 2 Trofi Coppa Italia dan Piala Winners sempat juga dia persembahkan masing-masing satu untuk AC Milan dan Fiorentina.

3. Gabriel Batistuta - 183 Gol

5 Pemain Non-Italia Paling Subur dalam Sejarah Serie A, Ada Batistuta!asroma.com

Gabriel Batistuta merupakan striker paling mematikan pada masanya. Dia dikenal garang di depan gawang lawan dan memiliki tendangan "gledek". Striker asal Argentina ini memulai kariernya di Italia pada tahun 1991 ketika bergabung Fiorentina dari Boca Juniors. Sembilan tahun berkostum La Viola, Batistuta tampil sangat tajam dengan mencetak 203 gol di semua ajang.

Pada 2000 dia diboyong AS Roma dan menjalin duet maut dengan Franccesco Totti yang berbuah Scudetto di musim pertamanya itu. Dia sempat dipinjamkan sebentar ke Inter Milan pada 2003 sebelum dilepas dengan gratis ke klub Qatar, Al-Arabi. Sepanjang kariernya di Serie A, total dia telah mencetak 183 gol dari 318 pertandingan.

4. Luís Vinício - 155 Gol

5 Pemain Non-Italia Paling Subur dalam Sejarah Serie A, Ada Batistuta!diretta-napoli.com

Luis Vinicio merupakan pemain Brasil dengan jumlah gol terbanyak di Serie A. Dia berkarier di Serie A pada era pertengahan tahun '50-an hingga akhir '60-an. Sepanjang kariernya, dia telah membela lima klub Italia berbeda. Sang striker membela Napoli selama 5 musim sejak 1955 sebelum hijrah ke Bologna.

Dia juga sempat membela Inter Milan selama semusim sebelum gantung sepatu bersama Vicenza. Total dia mampu mencetak 155 gol dari 347 laga Serie A.

5. Hernan Crespo - 153 Gol

5 Pemain Non-Italia Paling Subur dalam Sejarah Serie A, Ada Batistuta!acmilaninfo.com

Hernan Crespo merupakan striker oportunis yang tajam dan salah satu yang terbaik pada masanya. Dia memulai kariernya di Serie A pada 1996 ketika bergabung dengan Parma. Dia sempat mencetak sejarah bagi Parma ketika pada musim 1998/1999 sukses meraih UEFA Cup dan Coppa Italia.

Pada tahun 2000, Lazio memboyongnya dengan biaya 56,8 juta euro dan langsung moncer dengan menjadi top skor Serie A. Dia hanya bertahan dua musim sebelum diboyong Inter Milan dengan harga 40 juta euro. Crespo sempat berkarier di Inggris bersama Chelsea, namun gagal bersinar, dan ia pun dipinjamkan ke AC Milan.

Selama kariernya yang cukup panjang di Serie A Italia, Crespo total mencetak 153 gol dari 340 laga Serie A.

 

Itulah lima pemain non-Italia dengan koleksi gol terbanyak di Serie A. Dengan masih aktifnya pemain hebat saat ini seperti Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic di Serie A, bukan tak mungkin daftar ini akan segera berubah di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Klub Liga Italia yang Berasal dari Lombardia, Tempatnya Derby Milan!

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya