Comscore Tracker

5 Pemain Asal Norwegia dengan Gol Terbanyak di Liga Champions

Ada yang berpotensi mencetak sejarah baru

Norwegia bukanlah negara elite di dunia sepak bola. Meski demikian, negara Skandinavia itu memiliki nama-nama besar sepanjang sejarahnya. Beberapa pemain mereka bahkan tampil impresif bersama klub-klub besar Eropa dalam beberapa musim terakhir, seperti Martin Odegaard, Jens-Peter Hauge, hingga Erling Haaland.

Di Liga Champions, Roseborg dan FK Molde kerap menjadi wakil Norwegia di kompetisi elit Eropa ini. Sementara itu, untuk pemain Norwegia dengan gol terbanyak di Liga Champions diisi nama berikut ini.

1. Erling Haaland - 21 gol

5 Pemain Asal Norwegia dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsErling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland adalah sebuah fenomena luar biasa di dunia sepak bola. Di usianya yang masih muda, ia bertransformasi menjadi mesin gol yang sangat mematikan. Striker Dortmund ini bahkan mampu mencetak 21 gol di Liga Champions hanya dari 18 pertandingan dengan berkostum RB Salzburg dan Dortmund. 

Hebatnya, ia baru berusia 21 tahun. Catatannya ini bahkan lebih baik daripada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di usia yang sama. Dengan masih panjangnya karier sang pemain, bukan tak mungkin ia akan mencetak sejarah baru di Liga Champions masa depan.

2. Ole Gunnar Solksjaer - 19 gol

5 Pemain Asal Norwegia dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsOle Gunnar Solksjaer (manutd.com)

Ole Gunnar Solksjaer adalah pemain asal Norwegia paling populer di era 2000-an. Ia membela Manchester United selama 13 musim usai diboyong dari Molde pada 1997. Sepanjang kariernya, ia sudah mengoleksi 19 gol dari 77 laga Liga Champions. Salah satu golnya yang paling fenomenal tentunya pada final Liga Champions 1998/99.

Musim itu MU keluar sebagai juara secara dramatis usai mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 2-1. Selama  itu juga, Solksjaer mempersembahkan enam trofi Premier League. Ia adalah legenda klub meski baru saja dipecat sebagai pelatih MU. Solskjaer tetap dihormati dan dicintai fans.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Ole Gunnar Solskjaer dalam Urusan Mencetak Gol

3. John Carew - 18 gol

5 Pemain Asal Norwegia dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsJohn Carew (uefa.com)

John Carew dikenal publik sepak bola era 2000-an karena posturnya yang sangat tinggi. Ia juga dikenal dunia karena prestasinya membawa Valencia menjuarai LaLiga musim 2001/02. Di Liga Champions, ia mengoleksi 18 gol dari 54 pertandingan.

Itu semua ia cetak ketika berkstum tiga klub berbeda, yaitu Valencia, Lyon, dan AS Roma. Sepanjang kariernya, ia juga pernah berkarier di Premier League dengan membela Aston Villa dan West Ham United sebelum gantung sepatu pada 2012 lalu.

4. Roar Strand -  12 gol

5 Pemain Asal Norwegia dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsRoar Strand (facebook.com/Rosenborg Ballklub)

Roar Strand adalah legenda klub Norwegia, Rosenberg. Ia menghabiskan hampir dua dekade kariernya di klub tersebut. Sepanjang itu juga, ia mempersembahkan 16 gelar Liga Norwegia dan mengoleksi 98 gol dari 556 laga. Pemain berposisi gelandang serang itu mencetak 12 gol di Liga Champions.

Ia kemudian gantung sepatu pada 2011. Meski namanya tidak populer, Roar memiliki rekor bersama Ryan Giggs dengan selalu mencetak gol di 21 musim beruntun di liga domestik.

5. Harald Brattbakk - 11 gol

5 Pemain Asal Norwegia dengan Gol Terbanyak di Liga ChampionsHarald Brattbakk (thetimes.co.uk)

Harald Brattbakk berada di urutan terakhir sebagai pemain Norwegia dengan gol terbanyak di Liga Champions. Dia mencetak 11 gol dari 38 pertandingan ketika berkostum klub Norwegia, Rosenberg. Sepanjang kariernya, ia juga pernah berkostum Bodo Glimt, FC Copenhagen, dan Celtic.

Sepanjang itu juga ia mempersembahkan sembilan trofi Liga Norwegia di era '90-an hingga 2000-an. Ia juga pernah menjadi top skor Liga Norwegia sebanyak lima kali, padahal ia bermain sebagai seorag playmaker.

 

Itulah lima pemain asal Norwegia dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions. Meski negara ini tidak memiliki prestasi luar biasa di kancah internasional, mereka selalu mampu melahirkan pemain-pemain penuh talenta.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Bodo/Glimt, Tim asal Norwegia yang Membantai AS Roma 

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya