5 Pemain Paling Berharga di Eropa Saat Ini Versi CIES Football

Mereka bernilai triliunan, lho!

Sepak bola Eropa adalah sebuah industri yang sangat besar. Tidak mengherankan jika nilai seorang pemain sepak bola bisa sangat tinggi. Menurut Centre for Sports Studies (CIES), yang kerap menerbitkan daftar pemain paling berharga di Eropa setiap dua tahunan, inilah pemain-pemain yang punya nilai fantastis saat ini.

1. Vinicius Junior

5 Pemain Paling Berharga di Eropa Saat Ini Versi CIES FootballVinicius Jr (twitter.com/vinijr)

Pemain dengan nilai pasar tertinggi dipegang oleh bintang Real Madrid, Vinicius Jr. Hal ini tidak lepas dari performa luar biasanya pada 2021/2022 ini dengan mencetak 15 gol dan 9 assist dari 27 laga di semua ajang. Duetnya bersama Karim Benzema menjadi salah satu paling berbahaya di Eropa.

Lewat kontribusinya ini, Real Madrid duduk di puncak klasemen LaLiga dan menjadi kandidat terkuat juara. Vinicius memiliki kemampuan yang komplet sebagai seorang winger. Dia cepat, memiliki olah bola luar biasa, umpan yang akurat, dan tajam dalam mencetak gol. Vinicius diharga senilai 166 juta euro atau sekitar Rp2,7 triliun.

2. Phil Foden

5 Pemain Paling Berharga di Eropa Saat Ini Versi CIES FootballPhil Foden (twitter.com/PhilFoden)

Phil Foden dianggap sebagai produk terbaik akademi Manchester City. Pujian ini tidak berlebihan jika kita melihat performanya saat ini. Pemain 21 tahun ini menjadi bagian penting skuad Pep Guardiola dalam meraih tiga gelar Premier League. Pada usianya yang masih sangat muda, ia sudah mencatatkan 144 laga dengan mencetak 38 gol dan 28 assist.

Foden juga sukses membawa timnas Inggris ke final Piala Eropa 2020. Berkat potensi dan segala prestasinya, dia dihargai 152 juta euro atau sekitar Rp2,5 triliun. Salah satu kelebihan terhebatnya ialah bisa bermain di banyak posisi.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Phil Foden, Pemain Muda Andalan Manchester City

3. Erling Haaland

5 Pemain Paling Berharga di Eropa Saat Ini Versi CIES FootballErling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland adalah salah satu fenomena luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Pada usianya yang masih sangat muda, dia bertransformasi menjadi mesin gol paling mematikan di Eropa. Sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2020 lalu, striker 21 tahun itu sudah mengoleksi 78 gol dan 21 assist dari 77 pertandingan di semua ajang.

Saat ini, Haaland menjadi incaran banyak klub raksasa. Pemain asal Norwegia ini dihargai 142 juta euro atau sekitar Rp2,3 triliun. Manchester United, Barcelona, dan Real Madrid menjadi peminat serius. Pada musim panas 2022 nanti, dia bisa pergi dari Dortmund dengan klausul rilis 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

4. Mason Greenwood

5 Pemain Paling Berharga di Eropa Saat Ini Versi CIES FootballMason Greenwood (twitter.com/masongreenwood)

Mason Greenwood adalah salah satu talenta muda terbaik yang dimiliki Manchester United saat ini. Pemain 20 tahun itu sudah mencatatkan 126 pertandingan bagi Setan Merah dengan mengoleksi 34 gol dan 12 assist. Kontraknya di Old Trafford baru akan berakhir pada 2025. Dia memiliki nilai 133 juta euro atau Rp2,2 triliun.

Dalam beberapa pekan terakhir, Greenwood mendapatkan kritik cukup keras karena dinilai terlalu egois. Dia kerap memaksan diri untuk mencetak gol ketika peluang lebih besar ada pada rekannnya.

5. Florian Wirtz

5 Pemain Paling Berharga di Eropa Saat Ini Versi CIES FootballFlorian Wirtz (bundesliga.com)

Florian Wirtz menjadi aset Bayer Leverkusen paling berharga saat ini. Pada usianya yang masih 18 tahun, dia sudah menjadi tulang punggung klub pada 2021/2022 ini. Sang pemain telah mencetak 8 gol dan 11 assist dari 22 laga di semua ajang. Kontraknya baru akan berakhir pada 2026.

Dengan potensi besar yang dia miliki, tidak mengherankan jika Wirtz dihargai 133 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun. Beberapa klub top Eropa dikabarkan sudah mengincar tanda tangan Wirtz. Salah satunya adalah Chelsea dan Manchester United. 

Mereka layak disebut pemain paling bernilai saat ini karena memiliki potensi luar biasa, masih sangat muda, dan telah membuktikannya dengan prestasi dan kontribusi. Adakah pemain idolamu?

Baca Juga: Ada Haaland, Ini Pemain Aktif yang Lebih Sukses dari Ayahnya

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya