5 Pemain Serie A Italia yang Masuk dalam Nominasi Ballon d'Or 2021

Mungkinkah mereka juara?

Ajang prestisius penghargaan individu Ballon d'Or akhirnya mengumumkan para nominasinya pada Jumat malam waktu setempat (8/10/2021). Ajang yang diinisiasi oleh majalah France Football ini telah merilis 30 nama utama untuk meraih gelar pemain terbaik.

Dari deretan nama tersebut, lima pemain di antaranya hadir dari Serie A Italia. Menariknya, tiga di antaranya adalah seorang pemain bertahan. Nah, berikut ini adalah 5 pemain Serie A yang masuk dalam nominasi Pemain Terbaik Ballon d'Or 2021.

1. Leonardo Bonucci

5 Pemain Serie A Italia yang Masuk dalam Nominasi Ballon d'Or 2021potret Leonardo Bonucci (forzaitalianfootball.com)

Bek 34 tahun ini dianggap sebagai salah satu bek terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Meski musim lalu gagal mempertahankan gelar Scudetto bersama Juventus, dia menjadi sosok penting ketika Timnas Italia menjuarai Piala Eropa 2020.

Dia adalah penyelamat Italia lewat golnya di laga final menghadapi Inggris. Dia pun selalu sukses saat jadi eksekutor di babak adu penalti melawan Spanyol di semifinal dan Inggris di babak final.

2. Giorgio Chiellini

5 Pemain Serie A Italia yang Masuk dalam Nominasi Ballon d'Or 2021potret Giorgio Chiellini (juventus.com)

Duet Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci menjadi kunci kehebatan Italia menjuarai Piala Eropa 2020. Di fase grup, Italia bahkan menjadi tim dengan pertahanan terkuat tanpa kebobolan satu pun gol. Sepanjang kompetisi, Gli Azzuri hanya kebobolan 4 gol dari 7 pertandingan. Meski sudah dimakan usia, pengalamannya yang panjang menjadi kunci kokohnya tembok pertahanan Italia.

Mereka bahkan mencetak rekor tak terkalahkan dalam 37 pertandingan, sebuah rekor baru dalam sejarah internasional. Tak hanya di Italia, Chiellini pun merupakan kunci utama Juventus sedekade terakhir.

Baca Juga: Duet Bonucci dan Chiellini Bak Wine Tua yang Makin Gurih

3. Nicolo Barella 

5 Pemain Serie A Italia yang Masuk dalam Nominasi Ballon d'Or 2021potret Nicolo Barella (kickest.it)

Nicolo Barella dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di Eropa saat ini. Dia adalah kunci Inter Milan meraih Scudetto musim lalu. Musim itu, dia hanya absen di 2 laga saja di Serie A dengan torehan 3 gol dan 9 assist. Prestasinya pun semakin berkilau saat tampil impresif bersama Timnas Italia di Piala Eropa 2020.

Dia tampil dalam 6 laga dengan mencatatkan 1 gol dan 2 assist. Duetnya bersama Jorginho sukses mempersembahkan gelar Piala Eropa kedua Gli  Azzuri sepanjang sejarah tim.

4. Simon Kjaer

5 Pemain Serie A Italia yang Masuk dalam Nominasi Ballon d'Or 2021potret Simon Kjaer (instagram.com/simonkjaer.official)

Sejak bergabung dengan AC Milan pada Januari 2020, Simon Kjaer langsung menjadi pilihan utama Stefano Pioli di lini pertahanan Rossoneri. Musim lalu, dia pun berhasil membawa AC Milan finis sebagia runner up Serie A dan mengembalikan Milan ke Liga Champions usai absen selama 7 tahun.

Performa impresifnya ini pun menular ke level timnas. Sang kapten sukses membawa Denmark lolos ke semifinal Piala Eropa 2020 meski akhirnya kalah 2-1 dari Inggris. Namun, yang hebat dari  pemain 32 tahun ini adalah saat aksi heroiknya menolong Christian Eriksen saat kolaps di lapangan karena serangan jantung. Aksinya itu mendapat apresiasi luar biasa dari seluruh dunia.

5. Lautaro Martinez

5 Pemain Serie A Italia yang Masuk dalam Nominasi Ballon d'Or 2021potret Lautaro Martinez (football-italia.net)

Duetnya bersama Romelu Lukaku menjadi kunci sukses Inter Milan mematahkan dominasi Juventus di Serie A. Musim itu dia tampil di seluruh laga Serie A dengan menorehkan 17 gol dan 10 assist. Tidak hanya itu, dia pun tampil luar biasa bersama Argentina dan berhasil membawa menjuarai Copa America 2021.

Dalam turnamen negara Amerika Selatan itu, Martinez sukses mencatak 3 gol. Musim ini dia menjadi tumpuan utama Inter Milan pasca kepergian Romelu Lukaku ke Chelsea. Dia pun tampil impresif dengan mencetak 5 gol dari 6 laga Serie A.

 

Deretan pemain di atas tampil sangat luar biasa di musim lalu, baik di level klub maupun timnas. Mereka pun dinilai layak masuk dalam nominasi calon penerima penghargaan Pemain Terbaik Ballon d'Or 2021. Kaka menjadi pemain terakhir Serie A yang memenangkan gelar ini. Mungkinkah musim ini pemain Serie A memenangkannya?

Baca Juga: 6 Pemain Liga Inggris yang Pernah Raih Ballon d'Or, Jorginho Menyusul?

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo
  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya