5 Rekrutan Termahal pada Deadline Day Bursa Transfer Musim Dingin

Akankah rekor ini terpecahkan pada musim dingin 2022?

Deadline day bursa transfer selalu menjadi hal yang dinanti-nanti pencinta sepak bola di seluruh dunia. Ini tidak lepas dari kejutan-kejutan besar yang biasanya melibatkan nama-nama top. Klub peminat terkadang tidak segan menawarkan dana besar demi mewujudkan transfer pemain buruannya karena waktu yang sangat sempit.

Bursa transfer musim dingin 2022 pun saat ini hanya menyisakan kurang dari 24 jam. Publik menanti siapa pemain bintang selanjutnya yang bakal hengkang. Dalam sejarah transfer musim dingin, berikut ini adalah lima rekrutan termahal yang terjadi pada deadline day.

1. Pierre-Emerick Aubameyang  

5 Rekrutan Termahal pada Deadline Day Bursa Transfer Musim DinginPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/Auba)

Setelah bersinar di Bundesliga, Arsenal memboyong Pierre-Emerick Aubameyang dari Borussia Dortmund pada deadline day bursa transfer Januari 2018. The Gunners membayar biaya sebesar 63,7 juta euro atau sekitar Rp1,02 triliun untuk pemain asal Gabon yang menjadi rekor transfer klub pada saat itu.

Aubameyang memulai musim 2018/2019 dengan produktivitas gol luar biasa. Dia memenangkan penghargaan sepatu emas bersama dua striker asal Afrika lainnya, Mohamed Salah dan Sadio Mane. Aubameyang pun mencetak rekor sebagai pemain tercepat yang mencapai 50 gol Premier League untuk Arsenal. Namun, masa keemasannya kini sudah habis. Dia terpinggirkan di Arsenal dan terancam dibuang pada musim depan.

2. Fernando Torres 

5 Rekrutan Termahal pada Deadline Day Bursa Transfer Musim DinginFernandeo Torres (twitter.com/ChampionsLeague)

Fernando Torres adalah striker pujaan fans Liverpool sejak didatangkan dari Atletico Madrid. Duetnya dengan Steven Gerrard menjadi salah satu paling mematikan di Premier League. Namun, secara mengejutkan Fernando Torres hengkang ke Chelsea pada hari terakhir bursa transfer Januari 2011.

Pemain Spanyol itu diboyong The Blues dengan biaya 58,5 juta euro atau sekitar Rp937 miliar yang saat itu merupakan transfer termahal sepanjang masa EPL. Ironisnya, sang striker gagal menampilkan performa terbaiknya di Chelsea. Meski demikian, Torres mencetak gol ikonik di semifinal Liga Champions 2012 untuk mengalahkan Barcelona yang berujung trofi Liga Champions pertama dalam sejarah klub.

Baca Juga: Buat Apa Rekrut Ousmane Dembele, Chelsea?

3. Andy Carroll

5 Rekrutan Termahal pada Deadline Day Bursa Transfer Musim DinginAndy Caroll (PA Photos/eurosport.com)

Hari terakhir bursa transfer Januari 2011 menjadi bencana bagi Liverpool karena kehilangan Fernando Torres. Mereka tidak memiliki waktu banyak untuk mencari sosok yang sepadan. Namun, pilihan akhirnya jatuh kepada Andy Caroll. Dia bergabung dengan The Reds dari Newcastle United dengan biaya sebesar 41 juta euro atau sekitar Rp657 miliar.

Seperti Torres, Caroll pun gagal menunjukkan performa terbaik di klub barunya ini. Setelah dua musim yang mengecewakan, Carroll dilepas Liverpool ke West Ham dengan status pinjaman sebelum pindah secara permanen.

4. Jackson Martinez

5 Rekrutan Termahal pada Deadline Day Bursa Transfer Musim DinginJackson Martinez (besoccer.com)

Setelah penampilan apiknya di Piala Dunia 2014 untuk Kolombia, Jackson Martinez menarik perhatian beberapa klub Eropa. Atletico Madrid menjadi klub yang berhasil mendatangkan sang pemain dari Porto setelah ditebus 35 juta euro atau sekitar Rp561 miliar pada musim panas 2015.

Namun, dia gagal menunjukkan performa terbaiknya di Spanyol dan meninggalkan Atletico Madrid di jendela transfer berikutnya. Dia bergabung dengan klub China, Guangzhou Evergrande, pada deadline day musim dingin 2016 seharga 42 juta euro atau sekitar Rp673 miliar. Sebuah rekor transfer untuk klub Asia pada saat itu.

5. Willian  

5 Rekrutan Termahal pada Deadline Day Bursa Transfer Musim DinginWillian (squawka.com)

Willian dikenal publik karena masa keemasannya bersama Chelsea selama tujuh musim. Namun, bakat besarnya sudah terlihat saat dia membela Shakthar Donetsk. Dia kemudian menjadi target klub kaya baru Rusia kala itu, Anzi Makhachkala. Willian ditebus dengan harga 35 juta euro atau sekitar Rp561 miliar pada hari terakhir bursa transfer Januari 2013.

Willian membuat 10 penampilan untuk mereka dengan mencetak satu gol. Pembatasan keuangan pada Agustus 2013 memaksa Anzhi untuk mentransfer seluruh skuad mereka. Pemain asal Brasil ini kemudian bergabung dengan Chelsea setelah ditebus dengan harga 35,5 juta euro musim panas 2013.

 

Bursa transfer musim dingin 2022 menghadirkan banyak transfer mengejutkan. Dusan Vlahovic saat menjadi rekrutan termahal setelah diboyong Juventus dari Fiorentina sebesar 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Kini, bursa transfer akan segera ditutup dan masih banyak kemungkinan akan terjadi. Siapakah yang akan berganti klub berikutnya?

Baca Juga: 7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya