Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Milan dan PSG, Donnarumma Terbaru!

Dari Leonardo hingga Donnarumma

Sejak diakuisisi oleh Qatar Sports Investments, PSG bertransformasi menjadi salah satu klub terkaya di Eropa. Sedekade terakhir, Les Parisiens berhasil mendaratkan banyak pemain-pemain bintang berlabel termahal. Beberapa pemain top mereka banyak  dyang didatangkan dari klub raksasa Italia, AC Milan dalam sedekade terakhir.

Uniknya, AC Milan pun pernah mendapatkan pemain top, yang jadi legenda klub, dari PSG. Berikut ini adalah 5 pemain top yang sempat berseragam PSG dan AC Milan dalam sejarah kariernya.

1. Marco Simone

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Milan dan PSG, Donnarumma Terbaru!Marco Simone (worldfootball.net)

Marco Simone merupakan salah satu bintang AC Milan di era 90-an. Selama sembilan tahun berkarier di San Siro, dia sukses persembahkan 4 Scudetto dan 2 trofi Liga Champions. Pada 1997 dia ingin merasakan tantangan baru dengan hijrah ke PSG dengan mahar 1 juta euro atau sekitar Rp17 miliar.

Di klub asal Paris itu, dia tetap tampil konsisten dengan mencetak 32 gol dari 80 pertandingan di semua ajang. Dia juga sukses berikan 1 Coupe de France dan Piala Liga Prancis selama dua musim berkostum PSG.

2. Leonardo

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Milan dan PSG, Donnarumma Terbaru!Leonardo (playmakerstats.com)

Leonardo adalah bagian dari skuad Brasil ketika menjuarai Piala Dunia 1994. Tampil apik, di tahun tersebut dia diboyong klub Jepang, Kashima Antlers. Performanya pun semakin impresif dengan torehan 35 gol dari 59 laga, yang membuat PSG memboyongnya pada tahun 1996.

Di Paris, dia hanya bertahan satu musim dengan catatan 10 gol dan 9 assist dari 40 pertandingan. Pada 1997, AC Milan memboyongnya dengan harga 8,7 juta euro atau sekitar Rp145 miliar. Selama 4 musim di San Siro, Leonaro persembahkan 1 Scudetto dan 1 Coppa Italia dengan torehan 30 gol dari 124 laga.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Direkrut Paris Saint-Germain dari Klub Serie A

3. Thiago Silva

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Milan dan PSG, Donnarumma Terbaru!Thago Silva (psg.fr)

Sebagai calon pengganti Paolo Maldini, yang telah gantung sepatu, AC Milan mendatangkan Thiago Silva pada 2009 dari Fluminense. Duetnya bersama Alessandro Nesta menjadi salah satu yang terbaik, dan persembahkan gelar Serie A pada musim 20010/2011.

Namun pada 2012, AC Milan dilanda krisis finansial, dan terpaksa harus melepas bintangnya. Thiago Silva kemudian dilepas ke PSG dengan harga 42 juta euro atau sekitar RP720 miliar. Di Paris, Silva menjadi legenda PSG. Selama 8 musim di sana, dia persembahkan 7 trofi Ligue 1 dan 5 Coupe de France.

4. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Milan dan PSG, Donnarumma Terbaru!goal.com/Getty Images

Diboyong dengan status pinjaman dari Barcelona pada 2010, Ibrahimovic dipermanenkan pada musim selanjutnya dengan harga 24 juta euro atau sekitar Rp411 miliar. Kedatangannya di musim perdana langsung memberikan gelar Serie A pada musim 2010/2011. Itu juga menjadi gelar terakhir, yang belum pernah diraih lagi oleh AC Milan.

Sayang masalah finansial melanda AC Milan setelahnya. Bersama Thiago Silva, Zlatan Ibrahimovic dilego ke PSG. Dia dilepas dengan harga 21 juta euro atau sekitar Rp360 miliar. Bersama PSG, Ibra sukses mencetak 156 gol dari 180 laga. Sedangkan untuk AC Milan, dia mengoleksi 84 gol dari 132 laga usai kembali pada 2020 lalu di usia 38 tahun.

5. Gianluigi Donnarumma

5 Pemain Top yang Pernah Membela AC Milan dan PSG, Donnarumma Terbaru!Gianluigi Donnarumma (psg.fr)

Gianluigi Donnarumma merupakan salah satu produk akademi terbaik AC Milan. Dia menjalani debut di usia 16 tahun, dan bertransformasi menjadi salah satu kiper terbaik dunia. Dia bahkan menjadi kunci timnas Italia meraih gelar Piala Eropa 2020. Namun kariernya bersama Rossonerri harus berakhir di tahun ini usai kontraknya habis.

AC Milan ingin menahannya, tetapi kesepakatan gaji di antara kedua belah pihak tak menemui titik temu. PSG kemudian berhasil memboyongnya dengan iming-iming gaji besar. Dia didapatkan denga status free transfer dengan durasi kontrak 5 tahun. Di PSG, dia bakal menggunakan nomor punggung 50.

 

AC Milan dan PSG tidak bisa dipungkiri menjadi klub tujuan pemain-pemain top dengan nama besarnya. Jika AC Milan memiliki sejarah panjang sebagai raksasa Eropa, PSG sedang membangun itu semua dalam sedekade terakhir dengan kekuatan uangnya. Tidak mengherankan, jika pemain bintang bisa mereka dapatkan dengan mudah.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Direkrut PSG dari AC Milan, Donnarumma Terbaru!

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya