5 Pemain Top yang Berstatus Free Agent Saat Ini, Ada Diego Costa!

Pemain berpengalaman semua

Bursa transfer 2021/2022 menghadirkan banyak kejutan. Beberapa transfer besar terjadi pada musim ini, seperti Jack Grealish, Romelu Lukaku, hingga Dusan Vlahovic. Semuanya melibatkan biaya tinggi.

Transfer gratisan pun tak kalah mengejutkan. Salah satu contohnya adalah Barcelona. Mereka memboyong pemain free agent seperti Pierre-Emerick Aubameyang dan Daniel Alves. Para pemain tanpa klub ini memiliki kualitas yang tak diragukan. Meski begitu, ternyata masih banyak nama free agent berkualitas lainnya yang tersedia.

1. Laurent Koscielny

5 Pemain Top yang Berstatus Free Agent Saat Ini, Ada Diego Costa!Laurent Koscielny (twitter.com/6_LKOSCIELNY)

Setelah 9 tahun di Arsenal, Laurent Koscielny memutuskan untuk kembali ke negara asalnya, Prancis, bersama Bordeaux pada 2019. Namun, kepindahannya tidak berjalan sesuai rencana. Bek tengah itu diasingkan dari skuad dan dicopot dari jabatan kapten pada Januari 2022 karena gajinya yang besar.

Ada laporan menyebutkan bahwa sang pemain melakukan tindakan indisipliner. Meski berusia 36 tahun, pengalaman panjang sang pemain sebenarnya masih bisa diandalkan. Klub medioker Ligue 1, Lorient, kabarnya tertarik untuk menampung sang pemain.

2. John Obi Mikel

5 Pemain Top yang Berstatus Free Agent Saat Ini, Ada Diego Costa!John Obi Mikel (mfc.co.uk)

John Obi Mikel membuat 372 penampilan selama 11 tahun membela Chelsea. Dia memenangi 2 gelar Premier League, 3 Piala FA, dan 1 Liga Champions. Setelahnya, Obi Mikel bertualang ke berbagai negara dengan membela Tianjin, Middlesbrough, Trabzonspor, Stoke City, dan Kuwait Sporting Club.

Pemain berusia 34 tahun itu hanya tampil 2 kali selama 4 bulan di Kuwait. Dia dilepas pada November 2021. Obi Mikel kini berstatus free agent dan masih bisa memberikan banyak hal.

Baca Juga: 6 Penyerang Top yang Berstatus Free Transfer Saat Ini, Ada Diego Costa

3. Carlos Tevez

5 Pemain Top yang Berstatus Free Agent Saat Ini, Ada Diego Costa!Carlos Tevez (twitter.com/__CarlitosTevez)

Carlos Tevez telah bermain di tiga final Liga Champions sepanjang kariernya. Dia menang sekali bersama Manchester United pada 2008. Sedangkan, dua laga lainnya berakhir kekalahan pada 2009 bersama Setan Merah dan edisi 2015 saat berkostum Juventus.

Pada musim panas 2015, Tevez kembali ke klub masa kecilnya, Boca Juniors, sebelum pindah ke Shanghai Shenhua. Uniknya, dia kembali ke Boca Juniors untuk ketiga kalinya pada Januari 2018. Tevez sukses memenangi dua gelar Liga Argentina, tetapi meninggalkan klub pada Juni 2021. Meski sudah berusia 38 tahun, striker asal Argentina ini dinilai masih bisa tampil di level tertinggi.

4. Jack Wilshere

5 Pemain Top yang Berstatus Free Agent Saat Ini, Ada Diego Costa!Jack Wilshere (premierleague.com)

Jack Wilshere merupakan lulusan akademi Arsenal yang digadang-gadang bakal menjadi bintang baru timnas Inggris. Dia berkostum Arsenal selama 1 dekade sebelum dilepas ke Bolton Wanderers secara gratis. Kariernya tak berjalan mulus karena sederet cedera berat dan faktor kebugaran.

Kondisi ini juga yang membuat dirinya dilepas Bournemouth pada 2020/2021. Sejak itu, dia berstatus free agent. Saat ini, Wilshere berlatih dengan The Gunners untuk menjaga kebugaran. West Bromwich kabarnya tertarik untuk menampung pemain berusia 30 tahun itu.

5. Diego Costa

5 Pemain Top yang Berstatus Free Agent Saat Ini, Ada Diego Costa!Diego Costa (twitter.com/IntChampionsCup)

Setelah memutus kontrak dengan Atletico Madrid pada Januari 2021, Diego Costa bergabung dengan klub Brasil, Atletico Mineiro, dengan durasi kontrak pendek. Mantan striker Chelsea itu mencetak 5 gol dalam 19 penampilan dan membantu mereka memenangi gelar Liga Brasilero pertama sejak 1971.

Sayangnya, Costa lagi-lagi memutus kontrak pada musim dingin 2022. Dia sempat dikaitkan dengan Arsenal dan Cadiz, tetapi laporan terbaru menyebutkan jika dia kemungkinan bakal gabung klub Turki, Fenerbahce.

Meski deretan pemain di atas sudah dimakan usia, mereka masih bisa diandalkan lewat pengalaman panjang yang dimiliki. Mereka pernah bermain di level tertinggi sepak bola Eropa dan memiliki mental juara, sosok yang dibutuhkan dalam sebuah tim.

Baca Juga: Habis Kontrak, 5 Pemain Chelsea Berstatus Free Agent pada Akhir Musim

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya