Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Paling Sering Cedera dalam Kariernya, Kaki Kaca!

Ada yang baru saja kembali mengalami cedera

Cedera merupakan momok yang paling menakutkan bagi seorang pesepak bola. Tidak hanya mengharuskan mereka masuk ruang operasi, tidak jarang trauma juga menghantui mereka pasca kembali ke lapangan hijau. Sebagai akibat, performanya kerap mengalami penurunan yang signifikan, bahkan kariernya harus hancur.

Dari sekian banyak pemain top, lima pemain ini memiliki catatan sejarah cedera yang sangat panjang. Mereka bahkan dijuluki sebagai 'si kaki kaca' karena saking seringnya absen akibat cedera. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Jack Wilshere  

5 Pemain Top yang Paling Sering Cedera dalam Kariernya, Kaki Kaca!tbrfootball.com/Getty Images

Jack Wilshere merupakan produk asli akademi Arsenal, yang digadang-gadang sebagai gelandang masa depan Inggris pada masanya. Dia memiliki banyak kualitas untuk menjadi gelandang terbaik. Sayang, sepanjang kariernya ia kerap dihantam badai cedera. Dilansir Transfermarkt, Wilshere telah mengalami 16 cedera, mulai dari lutut, tulang kering hingga pergelangan kaki.

Ketika masih berkostum Arsenal, cedera terpanjangnya terjadi selama 247 hari pada musim 2015/2016. Tahun 2018 lalu ia pun kemudian dilepas ke West Ham dengan status free transfer. 

Sayang, cedera kembali membuat kariernya hancur dan membuatnya absen hampir satu musim penuh. Kini pemain berusia 28 tahun itu pun harus menganggur usai kontraknya dengan West Ham usai.

2. Sergio Aguero

5 Pemain Top yang Paling Sering Cedera dalam Kariernya, Kaki Kaca!goal.com/Getty Images

Sergio Aguero adalah top skor sepanjang sejarah Manchester City dan calon legenda klub. Sejak didatangkan pada 2011 lalu, ia telah mempersembahkan empat trofi Premier League, lima Piala Liga, dan satu FA Cup. Meski demikian, Aguero selalu dihantui cedera berkelanjutan.

Sepanjang kariernya, ia telah mengalami 19 cedera, mulai dari cedera lutut, ligamen, betis, otot, hingga hamstring yang ia dapatkan pada Oktober lalu. Musim ini ia hanya baru tampil dalam dua laga Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Harus Absen karena Cedera Panjang, Lekas Sembuh!

3. Arjen Robben

5 Pemain Top yang Paling Sering Cedera dalam Kariernya, Kaki Kaca!espn.in

Arjen Robben merupakan salah satu winger terbaik dunia yang pernah ada. Kemampuan menggiring bola dan mencetak golnya sudah tak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu, prestasinya pun sangat berkilau. Semua gelar di level klub pernah ia rasakan, mulai dari La Liga, Premier League, Bundesliga, dan Liga Champions.

Pada 2019 lalu usai membela Bayern Munchen selama 10 musim, Robben menyatakan gantung sepatu. Salah satu alasannya karena riwayat cedera yang terus menghantuinya. Robben bahkan dijuluki 'manusia kaca' saking banyaknya ia menderita cedera. Dilansir Transfermarkt, ia mengalami cedera hingga 58 kali.

Uniknya, pada tahun 2020 ia kembali ke lapangan hijau untuk membela Groningen. Sayangnya, cedera menghampiri kembali sang pemain saat ini.

4. Marco Reus

5 Pemain Top yang Paling Sering Cedera dalam Kariernya, Kaki Kaca!twitter.com/woodyinho

Pemain top yang satu ini pun tak beruntung dengan urusan cedera. Tercatat ia telah mengalami cedera sebanyak 51 kali sepanjang kariernya. Musim 2017/2018 menjadi yang paling parah, dimana ia harus absen selama 220 hari dengan melewatkan 27 laga.

Cedera bahkan menghancurkan mimpinya untuk bisa tampil di Piala Dunia bersama Jerman ketika menjadi juara. Kini, usianya telah menginjak 31 tahun dan masih aktif sebagai kapten Borussia Dortmund.

5. Ousmane Dembele

5 Pemain Top yang Paling Sering Cedera dalam Kariernya, Kaki Kaca!football-espana.net

Pemain lainnya yang mendapatkan julukan 'si manusia kaca' adalah Ousmane Dembele. Dia merupakan salah satu pemain muda terbaik dengan skill olah bola yang sangat luar biasa. Bahkan, Barcelona harus membayar 130 juta euro atau sekitar Rp2,22 triliun ketika mendatangkannya dari Dortmund pada 2017 lalu.

Tiga musim di Camp Nou, ia telah mengalami 10 kali cedera. Musim lalu, ia bahkan harus absen hampir satu musim akibat cedera hamstring. Harapan sempat muncul di musim ini ketika ia pulih, namun cedera hamstring-nya kembali kambuh dan ia pun harus kembali masuk ruang perawatan.

 

Cedera memang konsekuensi dari seorang pesepak bola, namun hal ini juga tidak jarang menjadi penghancur karier. Meski demikian, tidak sedikit juga yang mampu bangkit dan tampil kembali tanpa mengurangi kualitas permainannya.

Baca Juga: Ousmane Dembele, Bintang Barcelona dengan Kaki "Kaca"

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya