Comscore Tracker

5 Pemain Turki dengan Harga Pasar Termahal Saat Ini, Ada Calhanoglu

Ada pemain favoritmu?

Turki merupakan tim kuda hitam dalam kancah sepak bola Internasional. Mereka bahkan sempat mengejutkan dunia ketika menjadi juara ketiga di Piala Dunia 2002. Tidak hanya itu, mereka pun memiliki iklim kompetisi yang kompetitif.

Tidak mengherankan jika banyak pemain potensial dan berbakat asal Turki kerap unjuk gigi di kompetisi top Eropa. Berikut ini adalah lima pemain asal Turki dengan nilai pasar tertinggi saat ini. 

1. Cengiz Ünder (Leicester City) - 23 Juta Euro

5 Pemain Turki dengan Harga Pasar Termahal Saat Ini, Ada Calhanoglulcfc.com

Cengiz Ünder merupakan pemain muda Turki yang saat ini berseragam Leicester City dengan status pinjaman dari AS Roma. Dia dipinjam hingga akhir musim dengan dana 3 juta euro dan kewajiban pembelian sebesar 24 juta euro. Musim ini dia telah memainkan 16 laga di semua ajang dengan torehan 2 gol dan 3 assist.

Cengiz Ünder merupakan pemain yang bisa menempati berbagai posisi, seperti winger kanan ataupun gelandang serang. Sebelumnya, dia telah membela AS Roma selama 3 musim dengan catatan 17 gol dan 12 assist dari 88 laga. Berdasarkan data Transfermarkt, nilai pasar pemain berusia 23 tahun ini berkisar 23 juta euro.

2. Ozan Kabak (Liverpool) - 25 Juta Euro

5 Pemain Turki dengan Harga Pasar Termahal Saat Ini, Ada Calhanogluhitc/Getty Images

Januari kemarin Ozan Kabak resmi bergabung dengan Liverpool dari Schalke 04 dengan status pinjaman dengan opsi pembelian 18 juta euro di akhir musim. Pekan lalu dia langsung menjalani debut di Premier League melawan Leicester City. Sayang, debut sang pemain berjalan pahit karena melakukan blunder yang membuat The Reds kalah 3-1.

Namun, kesalahannya dia bayar tuntas di laga selanjutnya ketika tampil melawan RB Leipzig di babak 16 besar Liga Champions yang berkesudahan 0-2 untuk The Reds. Saat ini harga pasar sang pemain berada di angka 25 juta euro.

Baca Juga: 10 Potret Ozan Kabak, Bek Anyar Liverpool yang Dipinjam dari Schalke

3. Merih Demiral (Juventus) - 30 Juta Euro

5 Pemain Turki dengan Harga Pasar Termahal Saat Ini, Ada Calhanoglutwitter.com/Merihdemira

Merih Demiral bergabung dengan Juventus pada tahun 2019 lalu usai diboyong dengan harga 19 juta euro dari Sassuolo. Fisik yang ideal dan masih berusia 22 tahun membuat dirinya diplot sebagai bek masa depan Juventus sebagai penerus Chiellini dan Bonucci. Dinilai penuh potensi, pada bursa transfer kemarin dia menjadi incaran banyak klub, seperti AC Milan, Dortmund, dan Arsenal.

Namun, Juventus tampaknya tak berniat untuk melepas bek asal Turki tersebut dalam waktu dekat. Musim ini dia sudah tampil dalam 18 laga di semua ajang. Nilai pasarnya pun melonjak tinggi di nilai 30 juta euro.

4. Hakan Calhanoglu (AC Milan) - 35 Juta Euro

5 Pemain Turki dengan Harga Pasar Termahal Saat Ini, Ada Calhanoglusempremilan/Getty Image

Bergabung dengan AC Milan sejak 2017, peran Hakan Calhanoglu sebagai gelandang serang saat ini tak tergantikan. Dia sudah tampil dalam 155 laga untuk Rossonerri dengan torehan 29 gol dan 47 assist. Musim ini sepertinya akan menjadi musim terbaiknya berseragam Rossonerri.

Lewat duetnya bersama Zlatan Ibrahimovic, AC Milan memiliki potensi besar untuk meraih Scudetto. Saat ini mereka menempati peringkat kedua Serie A dengan hanya selisih satu poin dari Inter Milan. Namun, sang pemain pun belum sepakat untuk memperbaharui kontrak yang akan berakhir Juni 2021 ini. Saat ini harga pasar sang pemain bernilai 35 juta euro.

5. Caglar Söyüncü (Leicester City) - 40 Juta Euro

5 Pemain Turki dengan Harga Pasar Termahal Saat Ini, Ada Calhanogluskysports.com

Saat ini Timnas Turki tampaknya memiliki stok pemain bertahan yang sangat mumpuni. Selain Ozan Kabak dan Merih Demiral, Caglar Söyüncü menjadi nama baru yang mencuat di Eropa. Dia didatangkan Leicester dari Freiburg pada tahun 2018 lalu dengan banderol 18 juta euro. Kepindahan Harry Maguire ke Manchester United pada 2019 menjadi berkah tersendiri bagi sang pemain.

Dia berhasil menjadi pengganti yang sepadan dan menjadi salah satu bek tengah terbaik di Premier League. Sayangnya, musim ini performanya cukup terganggu akibat cedera. Söyüncü baru tampil dalam 11 laga Premier League. Meski demikian, dia mampu berkontribusi hingga The Foxes bisa menempati peringkat ketiga untuk sementara. Lewat performa apiknya dalam dua musim terakhir, nilai pasar sang pemain pun melesat hingga 40 juta euro, sekaligus menjadi pemain Turki dengan nilai pasar termahal.

 

Dengan deretan bintang di atas, Tim Nasional Turki tampaknya tidak perlu khawatir dengan kualitas skuad saat ini. Apalagi, kemampuan mereka telah teruji di berbagai liga top Eropa. Dengan nama-nama potensial di atas, mungkinkah Timnas Turki kembali membuat kejutan di ajang internasional?

Baca Juga: Lini Belakang Rapuh, Manchester City Dikabarkan Incar Caglar Soyuncu

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya