5 Pemain U-20 Asal Inggris dengan Banderol Termahal Saat Ini

Jadon Sancho hingga Bukayo Saka

Meski Premier League dianggap sebagai liga terbaik dunia, hal ini tidak berbanding lurus dengan prestasi Timnas Inggris di kancah internasional. Sepanjang sejarahnya, mereka hanya sekali meraih Piala Dunia, yakni pada tahun 1966. Namun, dalam beberapa tahun terakhir muncul harapan lewat deretan pemain muda penuh talenta.

Mereka berkembang luar biasa di klubnya masing-masing dan menjadi pemain kunci. Bahkan, di usia mereka yang masih sangat muda, nilai pasar para pemain muda ini meroket tajam. Berikut ini 5 pemain U-20 asal Inggris dengan banderol termahal saat ini.

1. Jadon Sancho - 100 juta euro

5 Pemain U-20 Asal Inggris dengan Banderol Termahal Saat Initwitter.com/brfootball

Jadon Sancho memulai kariernya bersama tim akademi Manchester City, namun kariernya berkembang pesat ketika hijrah ke Dortmund pada 2017 lalu. Meski kala itu masih berusia 17 tahun, Sancho berhasil menunjukan kualitasnya dan mulai menarik perhatian dunia. Banyak rekor berhasil dia pecahkan di usianya yang masih sangat muda.

Paling baru dia tercatat sebagai pemain termuda dalam sejarah Bundesliga yang mencetak 35 gol pada usia 20 tahun, 10 bulan, 26 hari. Luar biasanya lagi, dia sudah menorehkan 130 laga dengan koleksi 46 gol dan 60 assist untuk Dortmund di semua ajang. Tidak mengherankan jika harganya saat ini adalah 100 juta euro atau Rp1,7 triliun.

2. Phil Foden - 60 juta euro

5 Pemain U-20 Asal Inggris dengan Banderol Termahal Saat Initwitter.com/PhilFoden

Phil Foden merupakan jebolan akademi Manchester City yang berhasil menembus tim utama pada 2017 lalu. Di bawah asuhan Pep Guardiola, pemain berusia 20 tahun ini berkembang menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di Premier League. Musim ini bahkan posisinya tak tergantikan dengan tampil dalam 35 laga di semua ajang dengan torehan 11 gol dan 8 assist.

Lewat kontribusinya, The Citizens saat ini nyaman di puncak klasemen Premier League dan berpeluang besar menjadi juara. Performa apiknya pun membuat harganya melonjak naik menjadi 60 juta euro atau Rp1,03 triliun.

Baca Juga: Pep Guardiola: Phil Foden Tidak akan Dijual meski Ditawar 500 Juta!

3. Mason Greenwood - 50 juta euro

5 Pemain U-20 Asal Inggris dengan Banderol Termahal Saat Initwitter.com/masongreenwood

Mason Greenwood menjalani debutnya di tim utama Manchester United pada musim lalu. Performanya pun langsung menarik perhatian lewat berbagai rekor yang berhasil dia pecahkan. Salah satunya adalah pemain termuda MU yang mampu mencetak 10 gol Premier League dalam satu musim Premier League.

Musim ini Solskjaer pun memberikan kepercayaan lebih kepada winger berusia 19 tahun itu. Greenwood telah tampil dalam 37 laga di semua ajang dengan koleksi 4 gol dan 5 assist. Berkat talenta besarnya, harganya sang pemain kini melejit di angka 50 juta euro atau Rp861 miliar.

4. Bukayo Saka - 40 juta euro

5 Pemain U-20 Asal Inggris dengan Banderol Termahal Saat Initwitter.com/BukayoSaka87

Bukayo Saka dipromosikan ke tim utama Arsenal pada tahun 2019 lalu ketika masih berusia 18 tahun. Meski masih sangat muda, dia langsung dipercaya Mikel Arteta tampil konsisten di tim utama. Pemain serba bisa ini telah mencatatkan 76 laga untuk The Gunners dengan torehan 10 gol dan 18 assist.

Performa impresifnya ini pun membuatnya dipanggil ke timnas senior Inggris pada Oktober 2020 lalu. Dia sudah mencatatkan 4 laga untuk The Three Lions. Saat ini sang pemain memiliki banderol 40 juta euro atau Rp689 miliar.

5. Callum Hudson-Odoi - 35 juta euro 

5 Pemain U-20 Asal Inggris dengan Banderol Termahal Saat Inipremierleague.com

Callum Hudson-Odoi merupakan salah satu produk terbaik akademi Chelsea yang dipromosikan ke tim utama pada 2019 lalu. Pemain kelahiran 7 November 2020 ini sudah mencatatkan 91 laga untuk The Blues dengan torehan 13 gol dan 15 assist. Dinilai sebagai pemain muda menjanjikan, dia sempat jadi incaran utama Bayern Munchen pada musim lalu.

Namun, pada akhirnya ia memutuskan bertahan dan mendapatkan waktu bermain lebih di era Frank Lampard. Saat ini pemain yang berposisi sebagai winger ini memiliki harga pasar 35 juta euro atau Rp603 miliar.

 

Timnas Inggris tampaknya akan memiliki masa depan yang cerah dengan kehadiran 5 pemain muda di atas. Mereka memiliki skill mumpuni dan mentalnya pun mulai terasah lewat performa apik di level klub. Jika tampil konsisten, bukan tak mungkin mereka akan menjadi bintang baru di kompetisi Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Lulusan Akademi Chelsea yang Bermain di Tim Utama Musim Ini

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya