5 Pemain yang Diboyong Manchester City dari Italia dan Nasibnya Kini

Beberapa nama justru meredup saat berkostum Manchester City

Serie A Italia mungkin kalah pamor dari English Premier League. Namun, soal pemain bintang, mereka salah satu gudangnya. Tidak sedikit klub-klub besar Eropa berburu pemain incaran di Italia, termasuk Manchester City. Mereka hampir saja mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Juventus pada musim panas 2021 lalu.

Transfer itu urung terjadi usai sang pemain beralih ke mantan klubnya, Manchester United. Meski gagal mendapatkan sang pemain, Serie A tetap salah satu pasar transfer bagi Manchester City. Berikut ini lima pemain top yang mereka boyong dari klub Italia.

1. Maicon

5 Pemain yang Diboyong Manchester City dari Italia dan Nasibnya KiniMaicon (skysports.com)

Maicon salah satu fullback terbaik di Serie A pada eranya. Dia menjadi bagian penting ketika Inter Milan meraih treble winner di bawah asuhan Jose Mourinho. Manchester City kemudian memboyongnya pada musim panas 2012 dengan harga 3,75 juta euro atau sekitar Rp58 miliar.

Sayangnya, masa keemasan bek asal Brasil itu telah habis. Dia hanya tampil dalam tiga belas pertandingan untuk The Cityzens. Musim berikutnya, dia terbuang ke AS Roma sebelum kembali ke Brasil. Maicon mengakhiri kariernya pada musim panas 2021 bersama klub San Marino, Tre Penne, pada usia 40 tahun.

2. Stefan Jovetic

5 Pemain yang Diboyong Manchester City dari Italia dan Nasibnya KiniStefan Jovetic (mancity.com)

Stefan Jovetic adalah salah satu gelandang muda terbaik Serie A pada masanya. Dia membela Fiorentina selama 5 musim dengan torehan 40 gol dari 134 laga. Catatan apik ini yang membuat Manchester CIty menebusnya pada musim panas 2013 dengan harga 26 juta euro atau Rp408 miliar.

Meski begitu, pemain asal Serbia ini kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain sepak bola Inggris. Jovetic hanya tampil dalam 44 laga sebelum dipinjamkan ke Inter Milan selama 2 musim dan dipermanenkan. Nasibnya di Inter Milan pun tak kunjung membaik. Saat ini dia bermain untuk Herta Berlin di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diboyong Manchester City Sedekade Lalu dan Nasibnya Kini

3. Mario Balotelli

5 Pemain yang Diboyong Manchester City dari Italia dan Nasibnya KiniMario Balotelli (skysports.com)

Mario Balotelli sempat digadang-gadang sebagai calon bintang berkat potensi besar yang dimilikinya. Roberto Mancini meyakini hal itu dan memboyongnya ke Manchester City pada 2010 dari Inter Milan. Dia ditebus dengan harga 29,5 juta euro atau Rp463 miliar.

Catatan golnya di sana tidak terlalu buruk. Balotelli mencetak 30 gol dari 80 laga dan mempersembahkan satu gelar Premier League. Namun, tindakan indisipliner sang pemain menghancurkan kariernya. Dia sempat dilepas ke AC Milan pada 2013 dan sejak itu silih berganti klub. Dia kini membela klub Turki, Adana Demirspor.

4. Valeri Bojinov

5 Pemain yang Diboyong Manchester City dari Italia dan Nasibnya KiniValeri Bojinov (mancity.com)

Valeri Bojinov nama yang tidak asing untuk pencinta Serie A era 2000-an. Namanya mulai dikenal saat saat berkostum Lecce dan Fiorentina. Dia juga sempat membela Juventus sebagai pemain pinjaman. Pada musim panas 2007, Manchester City memboyongnya dengan harga 8 juta euro atau Rp125 miliar.

Dia gagal mendapatkan tempat di skuad utama. Bojinov hanya tampil dalam 12 laga dengan mencetak 1 gol. Dia kemudian pulang ke Serie A untuk bergabung dengan Parma pada 2009 dan dipermanenkan pada akhir musim. Pemain 36 tahun ini masih aktif bermain.

Saat ini dia membela klub Bulgaria, Septemvri Sofia. Itu adalah klubnya yang ke-17 sepanjang kariernya.

5. Joao Cancelo

5 Pemain yang Diboyong Manchester City dari Italia dan Nasibnya KiniJoao Cancelo (mancity.com)

Joao Cancelo diboyong Manchester City dari Juventus pada musim panas 2019. Dia ditebus dengan harga tinggi 65 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Sempat tampil kurang menjanjikan pada awal musim, Cancelo menemukan permainan terbaiknya pada musim kedua.

Pep Guardiola mempercayakan posisi bek kanan di kakinya. Cancelo bisa dibilang perekrutan terbaik Manchester City dari klub Serie A. Dia telah memainkan 114 pertandingan dengan catatan 7 gol dan 15 assist.

Jika melihat sejarahnya, tidak banyak pemain asal Serie A yang berhasil di Manchester City. Namun, bukan berarti kualitas mereka layak disepelekan. Saat ini Liga Italia sedang menggeliat kembali dengan para pemain muda potensial.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Diboyong Manchester City dari Sesama Klub EPL

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya