Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Swedia Sepanjang Masa, Ada Ibrahimovic

Rekor yang bakal sulit dipecahkan

Timnas Swedia memang bukan salah satu negara elite di kawasan sepak bola Eropa saat ini. Meski demikian, Swedia pernah menjadi runner up Piala Dunia pada 1958 ketika menjadi tuan rumah. Tak hanya itu, banyak pemain bintang yang dilahirkan negara Skandinavia tersebut. Bahkan beberapa di antaranya menjadi legenda di klub-klub besar, salah satunya adalah Zlatan Ibrahimovic.

Sang striker berusia 39 tahun tersebut kembali membuat sensasi dengan dipanggil kembali untuk kualifikasi Piala Dunia 2022, usai sempat pensiun pada 2016 lalu. Sepanjang sejarahnya, berikut ini adalah 5 top skorer sepanjang masa timnas Swedia.

1. Zlatan Ibrahimovic

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Swedia Sepanjang Masa, Ada Ibrahimovictheguardian.com

Zlatan Ibrahimovic merupakan top skorer sepanjang masa timnas Swedia dengan torehan 62 gol dari 118 laga. Dia menjalani debutnya pada 2001 silam ketika masih berusia 19 tahun, hingga akhirnya gantung sepatu pada 2016 usai gugur di fase grup Euro. Meski kariernya cemerlang di level klub, Ibrahimovic gagal memberikan prestasi bagi timnas Swedia.

Ibrahimovic dua kali membawa Swedia ke Piala Dunia, yakni pada 2002 dan 2006, sayangnya harus sama-sama gugur di babak 16 besar. Prestasi terbaik Ibrahimovic di level timnas adalah perempat final Euro 2004, di mana mereka kalah dari Belanda lewat adu penalti.

2. Henrik Larsson

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Swedia Sepanjang Masa, Ada Ibrahimovicsportsoflife.com

Henrik Larsson merupakan salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Swedia. Pemain berkepala plontos ini mengoleksi 37 gol dari 105 laga. Larsson membela Swedia sejak 1993 hingga akhirnya pensiun dari timnas pada 2009 silam. Di level klub, dia sempat membela beberapa klub besar Eropa seperti Celtic, Barcelona dan Manchester United sebelum gantung sepatu seluruhnya bersama klub masa kecilnya, Helsinborg pada 2009.

3. Marcus Allbäck 

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Swedia Sepanjang Masa, Ada Ibrahimovicuefa.com

Marcus Allbäck menjadi top skorer ketiga Swedia lewat koleksi 29 gol dari 71 penampilan. Dia baru menjalani debut di timnas Swedia pada 1999 ketika berusia 26 tahun. Euro 2008 menjadi penampilan terakhirnya untuk timnas Swedia. Kariernya di level klub sendiri hanya tampil di klub-klub kecil seperti Bari, Aston Villa dan Hansa Rostock, sebelum gantung sepatu pada 2011 di klub Swedia, Örgryte.

Baca Juga: 5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Manchester United

4. Kennet Andersson 

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Swedia Sepanjang Masa, Ada Ibrahimovicgoal.com/Getty Images

Kennet Andersson merupakan salah satu bintang Swedia di era 90-an. Dia merupakan bagian penting timnas Swedia ketika menjadi juara ketiga Piala Dunia 1994, bahkan menjadi runner up top skorer dengan 5 gol. Kennet Andersson hanya kalah satu gol dari striker Bulgaria, Hristo Stoichkov.

Di level klub, Andersson merupakan bagian dari masa keemasan Lazio pada musim 1999/2000 ketika meraih Scudetto dan UEFA SuperCup. Dia juga sempat membela Bologna sebelum kemudian gantung sepatu pada 2002 bersama Fenerbahche.
 

5. Marcus Berg

5 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Swedia Sepanjang Masa, Ada Ibrahimovicthenationalnews.com

Marcus Berg menjadi satu-satunya pemain aktif dalam daftar ini sebaagi top skorer sepanjang masa Swedia. Striker yang bermain untuk FK Krasnodar ini telah mengoleksi 23 gol dari 84 pertandingan. Pemain berusia 34 tahun ini menjalani debut di timnas Swedia pada 2008 lalu.

Piala Dunia 2018 menjadi prestasi terbaiknya dengan membawa timnas Swedia hingga babak perempat final sebelum disingkirkan Inggris. Di ajang tersebut, Berg tampil penuh di 5 laga.

Itulah 5 top skorer sepanjang masa timnas Swedia yang tampaknya rekor tersebut akan masih bertahan cukup lama. Namun dengan deretan pemain muda potensial yang mereka miliki saat ini seperti Dejan Kulusevski dan Aleksander Isak, bukan tak mungkin rekor ini akan pecah.

Baca Juga: 5 Pemain Berkebangsaan Swedia yang Pernah Membela Juventus

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya