Comscore Tracker

Pertahanan Rapuh, Manchester City Ikuti Perburuan Nathan Ake

Harus bersaing dengan Chelsea

Manchester City terancam kehilangan gelar Liga Inggrisnya musim ini. Saat ini mereka tertinggal 14 poin dari Liverpool di puncak klasemen. The Citizen ditimpa berbagai masalah, salah satunya adalah rapuhnya lini pertahanan yang diisi oleh Nicolas Otamendi dan John Stones.

Untuk atasi masalah ini, Pep Guardiola dikabarkan akan berburu pemain bertahan di bursa transfer Januari mendatang. Targetnya adalah bek miliki Bournemouth, Nathan Ake. Berikut ini ulasannya.

1. Pertahanan Manchester City sedang rapuh

Pertahanan Rapuh, Manchester City Ikuti Perburuan Nathan Akegoal.com

Pertahanan The Citizen menjadi sorotan saat ini. Mereka tak pernah catatkan clean sheet dalam sembilan laga terakhir. Lebih buruk lagi, mereka hanya meraih dua kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya.

Hingga pekan ke-16, John Stones dkk telah kebobolan 19 gol. Masalahnya adalah City alami krisis pemain bertahan karena cederanya Aymeric Laporte dan Oleksandr Zinchenko. Performa John Stones dan Otamendi pun dinilai angin-anginan, sehingga membuat Guardiola lakukan rotasi dengan jadikan Fernandinho sebagai bek tengah.

2. Ketertarikan The Citizen

Pertahanan Rapuh, Manchester City Ikuti Perburuan Nathan Akemanchestereveningnews.co.uk

Guardiola awalnya bersikukuh tetap mempertahankan rotasi pemain belakang yang dilakukannya. Namun ia berubah pikiran setelah melihat buruknya pertahanan mereka akhir-akhir ini.

Dilansir Sky Sports, City pun akhirnya berniat untuk hadirkan pemain belakang baru Januari nanti. Pilihannya adalah Nathan Ake, yang dinilai masih muda dan sosok pemain yang  kokoh.

Baca Juga: Manchester City Kalahkan Leicester City Hingga Babak Adu Penalti

3. Bersaing dengan Chelsea

Pertahanan Rapuh, Manchester City Ikuti Perburuan Nathan Akeindependent.co.uk

Akan tetapi kesempatan The Citizen untuk datangkan Nathan Ake akan cukup sulit. Sang pemain lebih dulu dikaitkan dengan Chelsea. The Blues diberitakan akan memboyong sang pemain pada Januari ini.

Anak asuh Frank Lampard sendiri memiliki permasalahan yang sama dengan Manchester City, rapuhnya lini belakang. Ake kabarnya kemungkinan besar bergabung dengan tim asal London tersebut karena memiliki klausul khusus.

4. Punya klausul khusus dengan Chelsea

Pertahanan Rapuh, Manchester City Ikuti Perburuan Nathan Aketribuna.com

Klausul khusus tersebut menyatakan jika Chelsea akan menjadi prioritas saat Ake meninggalkan Bournemouth. Nathan Ake sendiri merupakan mantan pemain Chelsea yang dibeli Bournemouth pada 2017 lalu.

Ake membela Chelsea sejak bergabung dengan tim muda Chelsea pada 2011. Pada 2013 dia naik tingkat ke tim senior. Sayangnya, Ake tak mendapatkan tempat utama dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

5. Target Chelsea lainnya

Pertahanan Rapuh, Manchester City Ikuti Perburuan Nathan Akepremierleague.com

Chelsea dipastikan bisa berbelanja pemain baru pada Januari nanti setelah terbebas dari hukuman embargo pemain FIFA. Selain Nathan Ake, The Blues kabarnya mengincar bek miliki Leicester City, Ben Chilwell.

Frank Lampard pun ingin meningkatkan kualitas pemain tengahnya. Wilfried Zaha dan Jadon Sancho pun tak lepas dari bidikan Chelsea. Akan kah pemain incarannya berhasil diboyong?

Baca Juga: 3 Alasan Manchester City Mampu Menangkan Laga Derby Manchester

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya