Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Dijatuhi Hukuman Penjara

Ada yang terlibat dengan gembong narkoba Pablo Escobar

Di era modern saat ini, pesepak bola bak seorang selebritas Hollywood. Gerak-geriknya di dalam dan luar lapangan menjadi konsumsi pencinta sepak bola dunia. Hal ini tidak lepas dari popularitas sepak bola sebagai olahraga paling terkenal di alam semesta.

Tidak hanya soal prestasi, dalam sejarahnya, seorang pesepak bola pun cukup sering tertimpa kasus kontroversial, salah satunya tindakan kriminal. Beberapa pemain bahkan pernah dijatuhi hukuman penjara. Apa sebabnya dan siapa saja mereka? Yuk, disimak!

1. Adam Johnson

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Dijatuhi Hukuman PenjaraAdam Johnson (skysports.com)

Mantan pemain Manchester City, Adam Johnson, adalah sosok yang cukup kontroversial. Pengadilan menghukumnya atas kekerasan seks di bawah umur pada tahun 2016 saat berkostum Sunderland. The Black Cats langsung memecat sang pemain kala itu.

Johnson keluar dari penjara pada 2019 setelah menjalani setengah dari masa hukumannya karena berperilaku baik. Sekarang Johnson sudah berusia 34 tahun dan tak pernah lagi kembali ke dunia sepak bola. Sepanjang karier sepak bolanya, ia pernah juga membela Leeds United dan Middlesbrough.

2. Ronaldinho

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Dijatuhi Hukuman PenjaraRonaldinho (fcbarcelona.com)

Salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa, Ronaldinho pernah tersangkut kasus kontroversi paspor palsu pada tahun 2020 lalu. Kasus ini membuat ia harus mendekam  lima bulan di penjara. Pengadilan memutuskan bintang Barcelona itu bersalah karena memalsukan dokumen paspor saat bepergian ke Paraguay.

Dia dijatuhi hukuman lima tahun penjara bersama saudaranya, Roberto de Assis. Namun, mereka diberikan kesepakatan pembelaan, mengurangi hukuman menjadi lima bulan, dan membayar denda gabungan sebesar 200 ribu dolar atau sekitar Rp2,8 miliar. Keduanya menjalani hukuman di penjara Asuncion, Paraguay.

Baca Juga: 10 Gelandang Serang Terbaik Sepanjang Masa, Zidane Hingga Ronaldinho 

3. Rene Higuita  

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Dijatuhi Hukuman PenjaraRene Higuita (laliga.com)

Rene Higuita adalah kiper yang dikenal di seluruh dunia karena tendangan kalajengkingnya saat Inggris menghadapi Kolombia. Namun, ia kemudian terlibat dalam kasus kriminal pada era '90-an. Ia terbukti terlibat dalam penculikan yang melibatkan gembong narkoba terkenal, Pablo Escobar, dan membuat dirinya dijatuhi hukuman penjara.

Meskipun pekerjaan Higuita hanya mengantarkan uang, kejahatan itu membuatnya dipenjara selama tujuh bulan di Bogota. Sepanjang karier sepak bolanya, Higuita hanya tampil di liga domestik Kolombia.

4. Joey Barton

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Dijatuhi Hukuman PenjaraJoesy Barton (skysports.com)

Joey Barton adalah salah satu pesepak bola Inggris yang kontroversial karena tempramen dan permainannya yang keras. Tidak hanya itu, ia juga kerap terlibat berbagai tindakan indisipliner di luar lapangan. Bahkan, ia pernah menjalani hukuman penjara dua kali karena tuduhan kekerasan.

Yang pertama adalah ketika dia mengendarai mobil melalui jalur pejalan kaku di pusat kota Liverpool. Pengadilan memvonisnya atas tindakan penyerangan dan menghukumnya 77 hari penjara. Saat menjalani hukuman ini, Barton juga menerima skorsing empat bulan dari dunia sepak bola. Pasalnya, ia mengaku telah menyerang mantan rekan setimnya di Manchester City, Ousmane Dabo.

5. Benjamin Mendy

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Dijatuhi Hukuman PenjaraBenjamin Mendy (premierleague.com)

Benjamin Mendy adalah salah satu bek kiri termahal dunia ketika diboyong Manchester City dari AS Monaco seharga 57,5 juta euro. Namun, kariernya tak berjalan mulus karena sederet cedera yang ia alami. Tidak hanya itu, musim ini pun terpaksa harus absen dari dunia sepak bola karena terjerat pelanggaran hukum.

Benjamin Mendy telah dituduh melakukan tujuh tindakan pemerkosaan dan kekerasan seksual pada tahun 2021. Ia kemudian dijatuhi hukuman penjara dan sempat dikurung di tahanan HMP Altcourse di Liverpool, tetapi dipindahkan ke penjara dengan keamanan tinggi HMP Manchester, sebelum Natal 2021 karena kekhawatiran akan keselamatannya.

 

Popularitas sebagai seorang pesepak bola terkadang menjadi pisau bermata dua. Jika tidak mampu menghadapinya, hal itu justru bisa menjadi penyebab matinya karier seseorang. Apalagi, jika sudah terlibat dalam kasus kriminal yang sangat berbahaya. Hal ini tentunya sangat disayangkan karena berakibat fatal terhadap karier sepak bola mereka.

Baca Juga: 5 Film Korea tentang Kasus Pemerkosaan, Diangkat dari Kisah Nyata

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya