5 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjabat Pemain dan Pelatih Sekaligus

Dari Wayne Rooney hingga Gianluca Vialli

Peran pelatih di dunia sepak bola bukanlah tugas yang mudah. Mereka bertanggung jawab atas pemain dan prestasi klub di dalam dan luar lapangan. Jika performa klub buruk, mereka menjadi pihak pertama yang akan menanggung beban dan berakibat pemecatan. 

Uniknya, dalam sejarah sepak bola terdapat beberapa sosok yang mampu merangkap jabatan sebagai pemain sekaligus pelatih. Hal ini terjadi di akhir karier mereka sebagai pemain. Berikut ini adalah 5 sosok yang pernah menjabat ganda sebagai pemain-pelatih di kompetisi Eropa.

1. Vincent Kompany

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjabat Pemain dan Pelatih SekaligusVincent Kompany (bleacherreport.com)

Setelah karier luar biasanya bersama Manchester City, Vincent Kompany menutup kariernya dengan gabung klub masa kecilnya, Anderlect pada 2019 lalu. Di musim perdananya itu, dia tidak hanya berperan sebagai pemain, tetapi juga sebagai pelatih.

Sayangnya, Anderlecht memulai start dengan sangat buruk, bahkan yang terburuk sejak tahun 1998. Dia pun melepas jabatannya sebagai manajer hingga akhir musim. Di akhir musim tersebut, dia juga memutuskan untuk gantung sepatu sebagai pemain, dan melanjutkan menjadi pelatih penuh Anderlecht dengan kontrak hingga 2024.

2. Samuel Eto'o

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjabat Pemain dan Pelatih SekaligusSamuel Eto'o (goal.com)

Samuel Eto'o merupakan salah satu striker terbaik asal Afrika sepanjang masa. Pemain asal Kamerun itu pernah membela klub-klub besar seperti Real Madrid, Barcelona, Inter Milan hingga Chelsea.

Namun di akhir kariernya ia bergabung ke klub Turki, Antalyaspor. Uniknya, di bulan Desember dia juga ditunjuk sebagai pelatih-pemain sementara selama sebulan menunggu penunjukan pelatih baru.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain Premier League yang Kini Jadi Pelatih Timnas

3. Ruud Gullit

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjabat Pemain dan Pelatih SekaligusRuud Gullit (theprideoflondon.com)

Pada tahun 1995, Ruud Gullit bergabung dengan Chelsea dari Sampdoria. Setelah satu tahun sebagai pemain, Gullit direkrut oleh Chelsea untuk mengambil alih manajerial juga setelah kepergian Glenn Hoddle.

Kala itu, dia berperan ganda sebagai pemain dan pelatih. Luar biasanya, Gullit sukses memenangkan trofi FA Cup pada tahun 1997, yang merupakan trofi pertama Chelsea sejak 26 tahun terakhir. Dia berperan ganda hingga tahun 1998, dan memutuskan gantung sepatu sebagai pemain di tahun itu juga.

 4. Gianluca Vialli

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjabat Pemain dan Pelatih SekaligusGianluca Vialli (si.com)

Menyusul peran yang cukup sukses yang diberikan Gullit sebagai pemain-pelatih, Chelsea menggantikan pemain asal Belanda itu dengan menunjuk Gianluca Vialli untuk peran tersebut pada tahun 1998.

Dia menjadi pemain-pelatih Chelsea sampai akhir musim itu. Luar biasanya lagi, pelatih asal Italia sukses persembahkan Piala Liga dan Piala Winners, sebelum menjadi manajer sepenuhnya di musim berikutnya. Di musim perdananya sebagai pelatih penuh, dia kembali sukses berikan gelar ganda, UEFA Super Cup dan FA Cup.

5. Wayne Rooney

5 Pesepak Bola Top yang Pernah Menjabat Pemain dan Pelatih SekaligusWayne Rooney (talksport

Wayne Rooney merupakan salah satu top skor sepanjang masa timnas Inggris. Di akhir kariernya sebagai pemain, Wayne Rooney tampil untuk klub Championship, Derby County pada 2020.

Uniknya pada musim 2020/2021, dia berperan ganda juga sebagai manajer tim. Klub berlambang domba itu hanya finis di peringkat ke-21. Kini, eks pemain Manchester United itu telah memutuskan gantung sepatu sebagai pemain, dan berperan penuh sebagai pelatih utama Derby County.

 

Tugas ganda sebagai pemain dan pelatih pasti tidaklah mudah. Namun, deretan pemain di atas membuktikan jika peran mereka sangat signifikan meskipun bekerja dua kali lebih keras. Beberapa dari mereka bahkan telah membuktikan dengan persembahkan gelar bergengsi. Ada idolamu?

Baca Juga: 7 Orang yang Meraih Juara Liga Champions Sebagai Pemain dan Pelatih

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya