5 Pesepak Bola Wanita dengan Penampilan Terbanyak di Ajang Olimpiade

Ada yang berusia 43 tahun, lho! #Tokyo2020

Sebagai salah satu ajang olahraga paling bergengsi, menjadi cita-cita setiap atlet untuk meraih medali di Olimpiade cabang sepak bola. Sepak bola wanita sendiri menjadi salah satu turnamen yang digelar di Olimpiade Tokyo 2020. Berbeda dengan sepak bola pria yang diwakili U-23, sepak bola wanita tidak dibatasi aturan tersebut.

Luar biasanya, terdapat beberapa pesepak bola wanita yang sudah tampil berkali-kali di ajang ini. Mereka tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak dengan berbagai prestasinya sendiri. Berikut ini nama-namanya.

1. Formiga

5 Pesepak Bola Wanita dengan Penampilan Terbanyak di Ajang OlimpiadeForrmiga (olympics.com)

Seorang legenda hidup sepak bola Brasil, Formiga, saat ini memainkan Olimpiade ketujuhnya di Tokyo di usia 43 tahun. Dia memegang rekor tampil terbanyak di Olimpiade dengan memainkan 34 pertandingan. Sudah empat laga dia jalani di Olimpiade 2020.

Brasil sendiri harus tersingkir di babak perempat final usai dikalahkakn Kanada lewat adu penalti. Meski sudah mengikuti banyak turnamen Olimpiade hingga 7 kali, Formiga belum sekali pun meraih medali di ajang ini.

2. Marta

5 Pesepak Bola Wanita dengan Penampilan Terbanyak di Ajang OlimpiadeMarta (beinsports.com)

Marta bisa dibilang adalah pesepak bola wanita terhebat dalam sepak bola wanita. Pemain Brasil itu masih kuat di usianya yang telah 35 tahun dan baru-baru ini menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol di lima Olimpiade berturut-turut. 

Marta mengoleksi 27 penampilan untuk Brasil di Olimpiade dan empat laga dijalaninya di Olimpiade 2020 seperti Formiga. Meski legenda bagi negaranya, Marta pun belum pernah mempersembahkan medali bagi negaranya ini.

Baca Juga: Bersua Swedia di Final, Sepak Bola Wanita Kanada Cetak Sejarah

3. Christie Pearce

5 Pesepak Bola Wanita dengan Penampilan Terbanyak di Ajang OlimpiadeChristie Pearce (heavy.com)

Christie Pearce adalah pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang masa untuk USWNT di turnamen Olimpiade. Pemain berposisi bek ini telah memainkan 22 pertandingan dengan torehan 19 kemenangan yang juga merupakan rekor. Pearce pensiun dari sepak bola internasional pada tahun 2015. Rekornya kini terancam dilampaui oleh rekan senegaranya, Carli Lloyd.

Pearce telah mempersembahkan tiga medali emas Olimpiade untuk negaranya. Tiga medali emas diraih pada Olimpiade Athena 2004, Beijing 2008, dan London 2012. Selain itu, dia juga merupakan pemenang Piala Dunia 2 kali.

4. Carli Lloyd

5 Pesepak Bola Wanita dengan Penampilan Terbanyak di Ajang OlimpiadeCarli Lloyd (latimes.com)

Carli Lloyd adalah salah satu pemain aktif tertua di turnamen sepak bola wanita yang sedang berlangsung di Tokyo. Mewakili USWNT, ia telah menyamai rekor Christie Pearce dengan 22 pertandingan di turnamen tersebut. Lima laga dia jalani di Olimpiade 2020 ini. Dia berksemempatan untuk memecahkan rekor Christie Pearce karena Amerika Serikat memiliki satu laga tersisa dalam perebutan medali perunggu melawan Australia.

Dia adalah legenda dalam sepak bola wanita dan sudah menjuarai Olimpiade dua kali. Lloyd memenangkan emas Olimpiade pada edisi 2008 dan 2012 di Beijing dan London dari keseluruhan bermain di empat edisi. Olimpiade 2020 mungkin akan menjadi turnamen terakhirnya, 

5. Kristine Lilly

5 Pesepak Bola Wanita dengan Penampilan Terbanyak di Ajang OlimpiadeKristine Lilly (kristinelilly13.com)

Mantan pemain Timnas Amerika Serikat ini telah mewakili negaranya sebanyak 354 kali dan menjadikannya pesepak bola dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah. Dia juga telah mencetak lebih dari 130 gol untuk tim nasional wanita AS yang merupakan top skor ketiga sepanjang sejarah Amerika Serikat.

Kristine Lilly memainkan 16 pertandingan di Olimpiade untuk tim wanita AS. Dia ikut bagian dalam 5 Piala Dunia Wanita dan 3 edisi Olimpiade. Dia tampil di Olimpiade 1996, 2000, dan 2004. Namun, Kristine tidak dapat berpartisipasi di Olimpiade Beijing 2008 karena kelahiran anaknya.

 

Itulah 5 pesepak bola wanita dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang sejarah Olimpiade. Tak hanya memegang rekor tersebut, deretan pemain di atas pun adalah legenda karena juga penuh prestasi.

Baca Juga: Jessica Anak Bruce Springsteen 'Mentas' di Olimpiade Tokyo

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya