5 Rekor Juventus di Serie A yang Bakal Sulit Dipecahkan, Fantastis!

Tifosi Juventus merapat!

Juventus merupakan penguasa Serie A Italia dengan 36 Scudetto. Dalam satu dekade terakhir, Bianconerri bahkan menjuarai Serie A sembilan musim beruntun. Deretan skuad penuh bintang dan konsistensi menjadi kunci keberhasilan Juventus di ajang domestik.

Lewat performanya tersebut, banyak rekor tercipta yang bakal sulit dipecahkan dalam waktu dekat oleh klub lainnya. Apa saja itu? Ini ulasannya.

1. Kemenangan terbanyak dalam satu musim

5 Rekor Juventus di Serie A yang Bakal Sulit Dipecahkan, Fantastis!juventus.com

Serie A musim 2013/2014 Juventus tampil sebagai raksasa yang sangat menakutkan. Di bawah asuhan Antonio Conte, Bianconeri berhasil meraih 33 kemenangan dari 38 laga dan hanya kalah dua kali. Mereka mengumpulkan 102 poin di akhir musim, sebuah rekor baru yang mereka pegang hingga saat ini.

Musim tersebut juga menjadi musim terakhir Antonio Conte sebelum digantikan Massimiliano Allegri di akhir musim.

2. Tak terkalahkan dalam satu musim

5 Rekor Juventus di Serie A yang Bakal Sulit Dipecahkan, Fantastis!eurosport.com

Jika di Premier League rekor tak terkalahkan dalam satu musim dipegang oleh Arsenal, maka di Serie A Italia rekor ini dipegang oleh Juventus. Hal ini terjadi pada musim 2011/2012, di mana Juventus menjadi juara dengan catatan 23 kemenangan dan 15 imbang. Rekor ini sudah bertahan satu dekade dan belum ada klub lain yang berhasil memecahkannya. 

Baca Juga: 10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncak

3. Peraih gelar Serie A terbanyak

5 Rekor Juventus di Serie A yang Bakal Sulit Dipecahkan, Fantastis!goal.com/Getty Images

Sejak digelarnya kompetisi Serie A, Juventus menjadi klub terbanyak peraih Scudetto dengan 36 trofi. Nama besar mereka sempat tercoreng ketika terlibat skandal Calciopoli, yang membuat dua gelar mereka, musim 2004/2005 dan 2005/2006, dicabut. Juventus bahkan dihukum turun kasta ke Serie B pada 2006, namun berhasil kembali semusim berikutnya.

Meski demikian, prestasi mereka tak terhentikan. Tak ada klub yang bahkan mendekati torehan Scudetto tersebut, yang paling dekat hanyalah Inter Milan dan AC Milan yang mengoleksi masing-masing 18 gelar.

4. Scudetto beruntun terpanjang

5 Rekor Juventus di Serie A yang Bakal Sulit Dipecahkan, Fantastis!dailymail.co.uk

Juventus merupakan pemegang rekor Scudetto beruntun terbanyak dalam sejarah Serie A dengan 9 gelar beruntun. Prestasi ini dimulai sejak musim 2011/2012 hingga musim 2019/2020. Sayangnya rekor ini kemungkinan terhenti karena musim ini Inter Milan menjadi kandidat terkuat peraih juara.

Meski demikian, rekor ini akan sulit dipecahkan oleh klub lainnya. Rekor terdekat hanya 5 musim beruntun yang dipegang oleh Inter Milan (2006-2010).

5. Kemenangan kandang beruntun terpanjang

5 Rekor Juventus di Serie A yang Bakal Sulit Dipecahkan, Fantastis!sbnation.com

Musim 2015/2016 hingga 2016/2017 menjadi salah satu musim terbaik Juventus di kancah domestik. Kala itu Juventus mencetak rekor kemenangan kandang beruntun terbanyak dengan 33 kemenangan. Tidak hanya itu, Bianconerri pun tampil luar biasa dengan lolos ke partai final Liga Champions dua kali.

Sayangnya dewi fortuna belum berpihak karena dua kali juga mereka kalah dari dua klub Spanyol, Barcelona (2015) dan Real Madrid (2017).

Berbagai rekor dan prestasi yang telah Juventus raih dalam sejarah mereka membuktikan jika merekalah penguasa Serie A sejati. Salah satu alasannya adalah stabilitas, baik dalam prestasi maupun finansial. Tidak mengherankan jika jumlah trofi mereka jauh melebihi tim lainnya di Italia.

Baca Juga: 10 Klub Italia dengan Trofi Terbanyak, Juventus Kokoh di Puncak

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya