5 Tim dengan Rekor Tandang Tak Terkalahkan Terlama di Premier League

MU berpotensi cetak sejarah baru musim ini

Premier League dianggap sebagai kompetisi paling kompetitif di Eropa dan dunia. Setiap tim memiliki skuad yang mumpuni dan kekuatan finansial yang kokoh. Namun, dalam sejarahnya, beberapa klub mampu tampil perkasa dengan mencatatkan rekor tak terkalahkan di laga tandang.

Laga tandang sendiri bukanlah sebuah hal yang mudah. Tim lawan selalu memiliki kekuatan dua kali lipat karena betarung dengan dukungan fans yang luar biasa. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan bagi tim-tim berikut ini yang tak terkalahkan di laga tandang.

1. Manchester United – 27 laga

5 Tim dengan Rekor Tandang Tak Terkalahkan Terlama di Premier LeagueManchester United (espn.com)

Manchester United asuhan Ole Gunnar Solksjaer menjadi tim kedua dalam sejarah Premier League dengan rekor tandang tak kekalahan dalam 27 laga terakhirnya. Catatan ini dimulai ketika mereka menang 1-2 atas Wolves pada 25 Mei 2020 dan kemarin baru saja menahan imbang Southampton pada pekan kedua Premier League musim 2021/2022.

Torehan ini menyamai catatan Arsenal pada musim 2003/2004 yang tak terkalahkan dalam 27 laga tandangnya. Namun, kini Setan Merah berkesempatan memecahkan rekor tersebut jika mampu menang atas Wolves pada pekan ketiga Premier League di kandang lawan.

2. Arsenal – 27 laga

5 Tim dengan Rekor Tandang Tak Terkalahkan Terlama di Premier LeagueArsenal (goal..com)

Era 2003 hingga 2004 menjadi masa keemasan Arsenal dengan deretan pemain bintang seperti Thiery Henry, Robert Pires, dan Dennis Bergkamp. Kala itu mereka sukses meraih gelar Premier League dengan rekor tanpa terkalahkan dalam satu musim. Rekor tersebut masih bertahan hingga saat ini.

Namun, ada rekor lainnya yang tak kalah hebat. Mereka juga menorehkan rekor tak terkalahkan di laga tandang dalam 27 laga sepanjang April 2003 hingga Oktober 2004. Uniknya, rekor Arsenal sendiri terhenti saat kalah 2-0 di Old Trafford oleh Manchester United.

Baca Juga: Arteta Jadi Korban Amuk Fans Arsenal, Mobilnya Dikepung

3. Arsenal – 23 laga

5 Tim dengan Rekor Tandang Tak Terkalahkan Terlama di Premier LeagueArsenal musim 2003/2004 (premierleague.com)

Tak hanya sekali, Arsenal menorehkan rekor ini sebanyak dua kali. Rekor pertama terjadi pada Agustus 2001 hingga September 2002. Arsenal asuhan Arsene Wenger tak terkalahkan dalam 23 pertandingan tandang Liga Inggris, rekor terpanjang di Liga Inggris saat itu.

The Gunners berhasil mengakhiri seluruh musim 2001/02 tanpa kekalahan tandang. Laju tersebut berakhir di game kelima musim 2002/03 ketika dikalahkan Everton 2-1 saatt Wayne Rooney yang masih berusia 16 tahun mencetak gol kemenangan bagi The Toffiees.

4. Liverpool – 21 laga

5 Tim dengan Rekor Tandang Tak Terkalahkan Terlama di Premier LeagueLiverpool musim 2019/20 (sbnation.com)

Musim 2018/2019 menjadi musim yang tak menyenangkan bagi Liverpool. Mereka menguasai Premier League di awal musim, namun di akhir kompetisi justru ditelikung oleh Manchester City yang menjadi juara dengan keunggulan satu poin saja.

Rekor tak terkalahkan di laga tandang The Reds dimulai kala mengalahkan Brighton dengan skor 0-1 pada Januari 2019. Namun, rekor ini terhenti di angka 23 pertandingan usai secara mengejurkan Liverpool dibungkam tuan rumah Watford dengan skor 3-0. Saat itu Watford merupakan tim penghuni zona degradasi.

5. Chelsea – 20 laga

5 Tim dengan Rekor Tandang Tak Terkalahkan Terlama di Premier LeagueChelsea musim 2008/09 (eurosport.com)

The Blues memperbaiki rekor 19 pertandingan tandang Premier League tanpa kekalahan yang terjadi antara Oktober 2004 hingga Oktober 2005 menjadi 20 pertandingan tandang tak terkalahkan berturut-turut dari Desember 2007 hingga Januari 2009.

Catatan impresif dimulai dengan kemenangan tandang 0-1 melawan Blackburn Rovers sebelum Natal 2007. Sayang rekor ini kemudian terhenti di laga ke-20 saat The Blues dikalahkan Manchester United dengan skor telak 3-0 pada Januari 2009.

 

Manchester United musim ini menjadi salah satu kandidat terkuat untuk meraih gelar Premier League. Hal ini tak lepas dari strategi bursa transfer mereka yang telah mendatangkan 2 bintang, Jadon Sancho dan Raphael Varane. Kini mereka diambang batas untuk pecahkan rekor tak terkalahkan terlama dalam sejarah Premier League. Bisakah?

Baca Juga: Arsenal Dihajar Chelsea 0-2, T. Tuchel Puji Pemain

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya