Comscore Tracker

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Berasal dari Spanyol

Musim ini Barcelona sudah datangkan dua pemain Spanyol

Sebagai salah satu klub terbaik di Eropa, Barcelona kerap diisi deretan pemain bintang dari berbagai negara. Satu dekade terakhir mereka bahkan tidak segan mengeluarkan dana besar untuk mendaratkan pemain berkelas bintang. Terbaru mereka baru saja mendatangkan pemain asal Spanyol, Ferran Torres, dari Manchester City.

Dalam sejarah transfer klub, tidak banyak pemain asal Spanyol yang diboyong Barcelona dari klub lainnya. Berikut lima rekrutan terakhir Blaugrana yang berasal dari Spanyol.

1. Paco Alcacer

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Berasal dari Spanyolpotret selebrasi Paco Alcacer (skysports.com)

Setelah tampil tajam bersama Valencia, Barcelona rela mengeluarkan dana 30 juta euro atau sekitar Rp490 miliar untuk merekrut Paco Alcacer pada 2016. Namun, ia lebih sering turun sebagai striker pelapis. Pada musim perdananya ia hanya mencetak 6 gol dari 21 pertandingan LaLiga dan menurun hanya 4 gol pada musim berikutnya.

Pada 2018 ia pun dipinjamkan ke Dortmund dan menemukan kembali ketajamannya di sana. Ia pun dipermanenkan dengan mahar 21 juta euro atau sekitar Rp343 miliar. Namun, lagi-lagi ia terbuang setelah kedatangan Erling Haaland. Ia pun kembali ke LaLiga pada 2010 untuk  berksotum Villareal.

2. Gerard Deulofeu

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Berasal dari SpanyolGerard Deulofeu (fcbarcelona.com)

Gerard Deulofeu adalah salah satu lulusan potensial akademi La Masia. Namun, sulitnya mendapatkan waktu bermain membuatnya pergi ke Everton pada 2015. Sempat dipinjamkan ke AC Milan, ia kembali ke Barcelona pada 2017 dengan harga 12 juta euro usai Barcelona kekurangan stok winger.

Namun, lagi-lagi ia disia-siakan oleh Barcelona dan meminjamkannya ke Watford pada Januari 2018 sebelum dilepas permanen pada akhir musim. Ia tampil apik dengan mencetak 17 gol di Watford. Sayangnya klub harus terdegradasi musim lalu dan ia pun memutuskan hijrah ke Udinese.

Baca Juga: Xavi Ngamuk Ditipu Manusia Kaca Barcelona

3. Pedri

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Berasal dari SpanyolPedri (twitter.com/Pedri)

Pedri dianggap sebagai pembelian tersukses Barcelona di era modern. Ia diboyong dari Las Palmas pada musim panas 2019 dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp327 miliar. Namun, ia baru bergabung pada musim panas 2020 karena lebih dulu dipinjamkan ke Las Palmas selama enam bulan.

Hebatnya, Pedri langsung tampil impresif bersama Barcelona pada musim perdananya. Gelandang 19 tahun itu tampil dalam 52 pertandingan Barcelona di semua kompetisi. Ia juga tampil untuk Timnas Spanyol di dua turnamen internasional, Piala Eropa 2020 dan Olimpiade 2020. Barcelona bahkan memageri aset berharganya itu dengan klausul rilis 1 miliar euro.

4. Eric Garcia

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Berasal dari SpanyolEric Garcia (fcbarcelona.com)

Musim panas kemarin Barcelona dilanda krisis finansial yang mengharuskan klub melepaskan para bintangnya. Tidak hanya itu, mereka pun hanya merekrut pemain-pemain berstatus gratis. Salah satunya adalah bek muda Manchester City, Eric Garcia. Menariknya, ia adalah lulusan akademi La Masia.

Bek 21 tahun ini diplot sebagai calon penerus Gerard Pique yang sudah dimakan usia. Performanya sendiri belum cukup memuaskan. Namun, ia dipercaya untuk terus berkembang. Musim ini ia sudah bermain dalam 15 pertandingan LaLiga. Saat ini ia terpaksa absen karena mengalami cedera hamstring.

5. Ferran Torres

5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Berasal dari SpanyolFerran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Kedatangan Xavi Hernandez sebagai pelatih baru langsung memberikan dampak signifikan. Salah satunya dalam strategi transfer. Pada bursa transfer Januari ini mereka resmi mendatangkan Ferran Torres dari Manchester City usai ditebus dengan harga 55 juta euro atau sekitar Rp899 miliar.

Kehadirannya diharapkan bisa memberikan warna baru di lini serang Barcelona yang baru saja kehilangan Sergio Aguero. Torres menjadi rekrutan kedua Xavi musim ini setelah Dani Alves. LaLiga pun bukan kompetisi asing karena ia pernah tampil impresif bersama Valencia sebelumnya.

 

Secara perlahan Barcelona mulai bangkit dari keterpurukan finansial. Mereka mulai membangun kembali skuad inti dengan deretan pemain berpengalaman dan berkualitas. Musim ini dua pemain asal Spanyol menjadi bagian dari revolusi klub, yaitu Eric Garcia dan Ferran Torres. Bisakah mereka bangkit?

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Pakai Nomor 19 Sebelum Ferran Torres

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya